Selasa, 27 Oktober 2020

Tulang Punggung Wehrmacht Yang Terlupakan, Tank Perusak - Sturmgeschütz III (StuGs III) - Bagian 7



Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Selasa, 27 Oktober 2020


Bagian 7

Varian kecil


The StuH 42

Pada tahun 1942, varian Ausf.F menggunakan meriam howitzer kaliber 4,1 in (105 mm) dengan nama varian ini adalah Sturmhaubitze 42, Sd.Kfz.142 / 2. Varian ini adalah seri terupdate (walaupun terambat) ke peran dukungan infanteri dekat, tetapi dengan sasis yang lebih modern, karena lebih banyak Ausf.F / 8s (panjang) dan Ausf.Gs digunakan untuk peran antitank. 


Howitzer berasal dari leFH 18 10,5 cm dengan sistem pemicu penembakan elektrik dan peredam hentakan laras, meskipun fitur yang terakhir sering dihilangkan karena kurangnya bahan baku. Sekitar 1.300 unit diproduksi oleh Alkett dari Maret 1943 hingga Maret 1945, setelah pengiriman awal 12 kendaraan diuji dari F dan F / 8 yang diperbaiki antara musim gugur 1942 dan Januari 1943.


StuG III (Flamm)

Pada tahun 1943, sepuluh versi awal, disimpan di depot, dipilih untuk dimodifikasi, senjata utama digantikan oleh penyembur api Schwade. 


Penggunaan operasional varian ini ternyata meragukan, karena tidak ada laporan yang menyatakan penggunaan varian dalam pertempuran, dan pada tahun 1944 varian ini dikembalikan ke depot.


Sturm-Infanteriegeschütz 33B

Pada awal tahun 1941, sasis StuG III dipilih untuk dipadukan dengan howitzer 15 cm sIG 33 yang berat untuk dukungan tembakan jarak dekat bagi pasukan infanteri. Namun pengembangan membutuhkan waktu, dan pada akhirnya, dua puluh empat kendaraan dikonversi dan semuanya dikirim pada Oktober 1942. Dua belas dari mereka dialihkan ke pertempuran Stalingrad dengan StuG Abteilung 177, dan tiba pada 8 November 1942. 


Varian ini dapat mendukung sistem yang efisien untuk menghadapi pertempuran urban atau pertempuran perkotaan ini. Sayangnya, kehadirannya sudah terlambat. Semua varian ini hilang dalam pertempuran atau dirampas, sementara setengah lainnya dikirim ke Divisi Panzer ke-23. Howitzer 15 cm ini sama dengan yang digunakan pada sasis Panzer I pada tahun 1940, dan Panzer II berbasis "15 cm sIG 33 auf Fahrgestell Panzerkampfwagen II (Sf)" di front Afrika Utara

Untuk memproduksi varian ini, biaya per unitnya (StuIG 33b) adalah 20.450 DM. kapasitas amunisinya sekitar tiga puluh amunisi, dan dibawa dalam dua bagian, proyektil dan mesiu pendorong dipisahkan, sebagian disimpan di dalam tong besar yang dipasang di belakang body tank, di atas dek mesin. Plat body itu sendiri setebal 10 mm (0,39 in), dengan lapisan tambahan appliqu armor di bagian depan (20 mm / 0,79 in), dan seluruhnya tertutup kecuali untuk bagian belakang, untuk memudahkan akses ke amunisi.


Sejarah operasional

Doktrin taktis

Instruksi manual tentang penggunaan Sturmartillerie pertama kali diterbitkan pada bulan Mei 1940 dan diperbarui dan dicetak ulang pada April 1942. Pada saat itu, pengalaman perang yang terbatas menembus dokumen dalam beberapa penyesuaian ulang taktis, sedangkan kemajuan teknologi lebih banyak hadir. Kedua dokumen digabungkan untuk edisi kedua, dengan kontradiksi yang dicatat. Perlu diingat bahwa karena sifatnya, dukungan infanteri adalah peran utama kendaraan, dengan efek moral yang menyertainya. 


Tank Destroyer ini juga sangat tergantung pada perlindungan pasukan infantri dalam pertempuran jarak dekat karena kerentanannya sendiri: Sisi lemah, atap dan proteksi belakang, kurangnya visibilitas, amunisinya kurang kuat dan, apalagi, tidak ada sistem pertahanan untuk serangan jarak dekat. Disebutkan bahwa tank destroyer ini dapat digunakan di medan perang dengan cara yang sama seperti Panzer IV, dan lebih kebal terhadap serangan amunisi anti tank karena profilnya yang rendah dan proteksi pada bagian depan yang tebal. 

Stug III hanya boleh "digunakan" digunakan sebagai artileri divisi jika kondisi dan jumlah armadanya mengizinkannya. Namun, hal ini dapat dilampirkan pada unit organik ini untuk tugas khusus yang membutuhkan mobilitasnya. Perlu diingat bahwa tank destroyer ini tidak akan digunakan untuk tugas-tugas anti-tank, hanya dalam kasus pertahanan diri. Untuk varian yang diproduksi pada tahun 1942, karena perbaikan dalam amunisi charge-shaped, menyatakan bahwa peran anti-tank ini harus dengan jelas disetujui.


Sturmartillerie Abteilung, atau batalion StuG, terdiri dari satu unit induk besar dan tiga baterai Sturm, masing-masing dengan enam kendaraan (tiga peleton dari dua StuG). Direvisi pada tahun 1942, ini dinaikkan menjadi tujuh kendaraan, StuG tambahan diberikan kepada komandan batalion. Sturmartillerie Abteilungs independen dan hanya di bawah otoritas Komando Tinggi, tetapi, dalam beberapa kasus, inklusi organik sementara di Divisi diizinkan untuk tugas-tugas khusus. Namun, unit-unit ini jarang ditempatkan di bawah komando komandan artileri. Komunikasi yang efisien harus dipastikan untuk memungkinkan pemindahan cepat Abteilung dalam mendukung berbagai unit di dalam Divisi.

Bersambung ke "Tulang Punggung Wehrmacht Yang Terlupakan, Tank Perusak - Sturmgeschütz III (StuG III) - Bagian 8".

Artikel oleh: Tuntas Trisunu

Sumber : 
1. Tank Encyclopedia.com
2. Wikipedia 
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Kemarin (Seventeen), #Lily (Alan Walker,K-391 & Emelie Hollow), #Celengan Rindu (Fiersa Besari), #Senorita (Shawn Mendes, Camila Cabello), #Hanya Rindu (Andmesh), #Solo (Jennie), #On My Way (Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko), #I Love You 3000 (Stephanie Putri), #A Whole New World (ZAYN, Zhavia Ward), #Didi Kempot, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar