Kamis, 29 Oktober 2020

Truck Howitzer kaliber 122mm / 122 mm Truck-Mounted Howitzer Jupiter III



Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Kamis, 29 Oktober 2020

Jupiter III adalah truk howitzer milik Kuba. Artileri ini adalah kombinasi dari towed howitzer milik Uni Soviet - D-30, tetapi dimodifikasi dan dipasang pada sasis truk militer tipe KrAZ-255B 6x6. Sistem artileri ini pertama kali diungkapkan kepada publik pada tahun 2006.

Modifikasi berbiaya rendah ini mampu meningkatkan kemampuan system artileri yang sudah mulai menua tersebut. Cara modernisasi (modifikasi ?) seperti ini memang biasa terjadi pada negara-negara dengan anggaran militer yang terbatas.

Militer Kuba mengembangkan sejumlah sistem artileri menggunakan pendekatan yang sama untuk menggabungkan senjata lapangan dan howitzer yang sudah ketinggalan zaman dengan berbagai sasis surplus di inventaris mereka.

Artileri lapangan D-30 dikembangkan di Uni Soviet pada akhir 1950-an. Sistem artileri ini banyak diekspor ke negara-negara lain. Artileri lapangan ini adalah lisensi yang diproduksi di Kuba dalam jumlah yang terbatas. Sistem artileri ini dapat menembakkan amunisi tipe HE-FRAG, HE, asap, iluminasi, dan mungkin beberapa tipe amunisi lainnya. Jarak tembak maksimum D-30 adalah di kisaran 15 km.


Artileri ini masih menerapkan system pengisian secara manual. Tingkat jumlah tembakan maksimum dikisaran 6 hingga 8 tembakan per menit.
Para ahli persenjataan memberikan analisis bahwa sistem artileri ini dioperasikan setidaknya oleh awak 5-6 personel.

Kendaraan ini didukung oleh mesin diesel YaMZ-238 turbocharged, yang mampu menghasilkan daya sebesar 240 hp. Mesin ini dipadankan dengan gearbox manual 5-kecepatan. Kendaraan memiliki mobilitas cross country yang memadai dan dapat melintasi medan off road dengan baik. Para pengamat memperkirakan bahwa kabin dan beeberapa bagian penting pada system artileri ini juga diberi proteksi lapisan baja yang memadai. 

Diperkirakan dari seluruh varian sistem artileri Jupiter yang dikembangkan di Kuba didasarkan pada truk KrAZ 6x6. Sebuah Jupiter IV 122 mm artileri gerak sendiri, terpasang pada chassis Kraz-255B berat-dimodifikasi. The Jupiter V adalah artileri swa gerak dengan Meriam kaliber 130 mm, yang juga didasarkan pada chassis berat-dimodifikasi. Juga ada beberapa sistem artileri Kuba berdasarkan sasis dengan konfigurasai penggerak rantai (track).


Spesifikasi Truck Howitzer kaliber 122mm / 122 mm Truck-Mounted Howitzer Jupiter III

Asal negara: Kuba
Operasional aktif: diperkirakan sekitar tahun 2006
Awak: 5 - 6 personel
Dimensi dan berat
Bobot: sekitar 17 ton
Panjang: belum diketahui
Lebar: sekitar 2,75 m
Tinggi: (belum diketahui)

Persenjataan
Merian kaliber 122mm
Panjang laras: 38 kaliber
Senjata mesin: -
Berat proyektil: 14 - 22 kg
Jarak tembak maksimum: sekitar 15 km
Tingkat tembakan maksimum: 6 - 8 rpm
Kisaran sudut senjata utama: - 7 hingga + 70 derajat (perkiraan)
Rotasi senjata utama: Belum diketahui
Kapasitas amunisi
Senjata utama: (Belum diketahui
Senapan mesin: -

Mobilitas
Mesin: YaMZ-238 diesel
Tenaga mesin: 240 hp
Kecepatan jalan maksimum: sekitar 70 km / jam
Jarak jelajah maksimum: 450 km

Kemampuan manuver
Tanjakan: 60 derajat
Kemiringan samping: 30 derajat
Halangan vertical: sekitar 0,6 m
Halangan Parit: 0,6 m
Genangan air maksimum: 1 m

Artikel oleh: Tuntas Trisunu

Sumber : 
1. Military-today.com
2. Wikipedia 
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Kemarin (Seventeen), #Lily (Alan Walker,K-391 & Emelie Hollow), #Celengan Rindu (Fiersa Besari), #Senorita (Shawn Mendes, Camila Cabello), #Hanya Rindu (Andmesh), #Solo (Jennie), #On My Way (Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko), #I Love You 3000 (Stephanie Putri), #A Whole New World (ZAYN, Zhavia Ward), #Didi Kempot, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana,
#Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar