Rabu, 14 Oktober 2020

Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja / Armoured Personnel Carrier “Bison”


Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Rabu, 14 Oktober 2020


Kendaraan Pengangkut personel lapis baja Bison adalah varian dari APC MOWAG Piranha 8x8 yang dikembangkan oleh Kanada, diproduksi di Kanada sebagai Light Armored Vehicle (LAV). APC ini dikembangkan dalam skala waktu yang sangat singkat yaitu tujuh hari oleh pabrikan General Motors Kanada. 

APC Bison pertama muncul pada tahun 1988 dan produksi dimulai pada tahun berikutnya dan kendaraan operasional pertama yang operasional aktif pada tahun 1990. APC ini menggantikan pengangkut personel lapis baja Grizzly yang sudah mulai menua. 


Menurut data terakhir, operator dari Bison adalah Kanada dengan 199 unit dan Australia dengan 97 unit. Sekitar 12 Bison telah dijual ke Pengawal Nasional AS (National Guard) untuk mendukung operasi anti-narkoba.


Secara umum, APC Bison memiliki kharakteristik design yang sama dengan MOWAG Piranha tetapi dengan banyak perbedaan detail, yang utama adalah sistem rel di sepanjang lantai yang memungkinkan seluruh rangkaian peralatan untuk dilepas atau dipasang dalam waktu singkat untuk memungkinkan kendaraan dasar digunakan untuk banyak peran. Selanjutnya kendaraan memiliki turret yang dilepas dan garis atap yang ditinggikan. APC ini lebih berat lapisan bajanya daripada LAV.


Pengemudi duduk di depan kendaraan di sebelah kiri, dengan komandan di belakangnya. Mesin dan transmisi ada di sisi kanan lambung. Sebagai APC, Bison dapat membawa 8 pasukan, kursi diganti dengan model yang dapat dilepas dengan mudah, sehingga APC ini dapat dikonfigurasikan dengan berbagai alternatif peran dalam tempo yang cepat.


Persenjataan pada sebagian besar APC Bison terbatas pada senapan mesin 7,62 mm di atas palka komandan. Semua APC dilengkapi dengan pelontar granat asap. Peralatan tambahan juga termasuk sistem proteksi NBC.


Kendaraan ini menggunakan dapur pacu mesin diesel Detroit Diesel 6V53T, yang menghasilkan tenaga sebesar 275 hp. Bison memiliki kemampuan amfibi penuh dengan masa persiapan sekitar dua menit. Di dalam air, APC ini mengandalkan penggerak berupa dua mesin waterjets yang dipasang di bagian belakang lambung.


Di beberapa titik, semua pengangkut personel lapis baja Bison Kanada digantikan oleh kendaraan lapis baja LAV III yang lebih baru. Semua unit Bison yang masih operasional dan dalam kondisi baik kemudian dimodifikasi dan diubah menjadi kendaraan varian untuk fungsi pendukung, termasuk ambulans, kendaraan pemulihan, kendaraan perang elektronik, dan sebagainya. Varian baru dilengkapi dengan mesin yang ditingkatkan, perlengkapan untuk lapis baja tambahan dan memiliki beberapa perbaikan lainnya.

Varian

Bison MRT atau kendaraan Tim Perbaikan Seluler.

Bison MRV atau Kendaraan Pemeliharaan dan Pemulihan, dilengkapi dengan bilah dozer dan winch.

Kendaraan pemulihan lapis baja Buffalo.

Kendaraan pengintai lapis baja Coyote , dengan turret LAV-25 .

Ambulans.

Kendaraan komando.

Pembawa mortir 81 mm.

Kendaraan perang elektronik.

Kendaraan pengintai NBC.


Spesifikasi Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja / Armoured Personnel Carrier “Bison”

Asal negara: Kanada

Operasional aktif: 1990

Awak: 2 orang

Kapasitas angkut personel: 8 orang

Dimensi dan berat

Bobot: 12.39 ton

Panjang: 6,45 m

Lebar: 2,5 m

Tinggi: 2,21 m

Persenjataan

Senjata mesin: 1 x 7,62 mm (2000 peluru)

Mobilitas

Mesin: Detroit Diesel 6V53T diesel

Tenaga mesin: 275 hp

Kecepatan maksimum (jalan raya): 100 km/jam

Kecepatan amfibi di air: 9,7 km/jam

Jarak jelajah maksimum: 665 km

Kemampuan manuver

Tanjakan: 60 derajat

Kemiringan samping: 30 derajat

Halangan vertical: 0,5 m

Halangan Parit: 2 m

Kemampuan Amfibi

Artikel oleh: Tuntas Trisunu
Sumber:
1. Military-today.com
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

tag: 
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia 2019, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar