Selasa, 14 April 2020

Pistol Mitraliur Vityaz, Senjata Pilihan Unit Pasukan Khusus dalam Pertempuran Perkotaan



Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Selasa, 14 April 2020

Senapan otomatis modern AK dan M-16 yang biasa kita lihat di film-film action memang cocok untuk pertempuran di medan perang yang sifatnya terbuka, tetapi tidak tidak atau kurang sesuai jika diterapkan pada model peperangan jarak dekat atau perkotaan. 


Karena itu, alih-alih menggunakan senapan serbu AK-74 yang terkenal, unit pasukan khusus perkotaan Rusia dipersenjatai dengan pistol mitraliur (submachine gun) Vityaz dengan peluru kaliber 9mm yang memang telah terbukti performanya di medan tempur yang sebenarnya.


Pistol Mitraliur vs Senapan Serbu

Senapan AK pasukan khusus dengan kaliber 5,45 x 39mm adalah senjata yang mematikan, pelurunya bisa menembus tubuh manusia (dan bahkan dinding bata). Artinya, senjata itu bisa saja mengenai warga sipil yang tak sengaja terjebak di lokasi pertempuran.

Selain itu, peluru AK kaliber 5,45 x 39 mm sangat rentan memantul, sehingga menambah risiko yang tak perlu saat beroperasi di dalam model pertempuran jarak dekat, atau dalam ruang bangunan seperti dalam model pertempuran urban.


Karena itu, Rusia mengembangkan “MP5-nya” versinya sendiri (MP-5 adalah keluarga pistol mitraliur keluaran perusahaan senjata Jerman Heckler & Koch pada 1960-an -red.) untuk unit pasukan khusus perkotaan, yaitu pistol mitraliur Vityaz dengan peluru pistol 9 x 19 mm.


Senjata ini memakai selongsong peluru 9 x 19 mm dan bisa menggunakan berbagai macam amunisi, baik buatan Rusia maupun asing. Dengan begitu, senjata tersebut tak menutup kemungkinan untuk digunakan oleh unit dari negara-negara anggota NATO.

Terlebih lagi, senjata itu memiliki magazen berisi 30 peluru yang bisa dilepas. Yang menarik, pistol mitraliur Vityaz dilengkapi dengan dua magazen yang bisa digabungkan dengan perangkat pengikat khusus.


Kelebihan lain dari pistol mitraliur ini adalah, berat senjata ini cuma sekitar 3 kg dan panjangnya hanya 46 cm dengan popor (stock) terlipat dan sekitar 70 cm bila popor direntangkan. Senjata itu memiliki panjang laras 230 mm, yang, jika dikombinasikan dengan amunisinya, bisa mengenai target secara akurat dan efektif hingga jarak 100 meter (walaupun dalam beberapa laporan, tingkat akurasinya masih dapat digolongkan ke dalam mematikan di jarak tembak 200 meter).


Satu hal yang jelas, pistol mitraliur yang menggabungkan kemampuan menembak otomatis senapan mesin dengan amunisi pistol ini tetap mempertahankan karakteristik kecepatan tembakan dari keluarga AK, yaitu sekitar 750 tembakan per menit.

Pistol mitraliur Vityaz menggunakan metode semburan ke belakang (blowback) otomatis ketika ditembakkan dari bolt yang tertutup. Laju tembakan pun cukup halus. Jika sewaktu-waktu terjadi malfungsi, senjata itu sepenuhnya bisa menggunakan amunisi berkualitas rendah.


Spesifikasi Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Vityaz

Asal negara: Russia
Sejarah produksi
Dirancang: 2004
Produsen: Izhmash
Diproduksi: 2008 - sekarang
Varian: Versi 10, Versi 20
Berat kosong (tanpa magasen): 2,9 kg

Panjang: 
705 mm (popor terentang)
480 mm (popor terlipat)

Panjang laras: 237,5 mm
Kaliber Peluru: Parabellum 9 × 19mm 
Rate of fire: 700 - 750 peluru /min
Sistem operasi: Blowback, Closed Bolt
Kapasitas Amunisi: Magazen isi 30 butir peluru
Vo meninggalkan laras: 380 m / s (1,246,7 kaki / s)
Jarak tembak maksimum: 200 m (218,7 tahun)

Sistem pembidik: Pisir dan Pejera besi, rel Picatinny opsional atau rel samping merpati untuk memasang berbagai pemandangan optik atau kolimator

Artikel asli diambil dari laman Russia Beyond dengan judul "Vityaz, Senjata Pilihan Unit Pasukan Khusus dalam Pertempuran Perkotaan"

Sumber:
Wikipedia
Beberapa sumber lain

tag: 
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Kemarin (Seventeen), #Lily (Alan Walker,K-391 & Emelie Hollow), #Celengan Rindu (Fiersa Besari), #Senorita (Shawn Mendes, Camila Cabello), #Hanya Rindu (Andmesh), #Solo (Jennie), #Corona Virus, #Covid-19, Corona, #On My Way (Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko), #I Love You 3000 (Stephanie Putri), #A Whole New World (ZAYN, Zhavia Ward), #sobat ambyar,  #Didi Kempot, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia 2019, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar