Jumat, 17 April 2020

Handal, Tangguh, dan Serba Guna, Kendaraan Angkut Personel / Armoured Personnel Carrier – G5



Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Jum'at, 17 April 2020

Kendaraan Angkut personel / Armoured Personnel Carrier (disini diberi kode “PMMC G5” atau Protected Mission Module Carrier G5) adalah Kendaraan Angkut personel lapis baja multi-peran baru yang dirancang dan diproduksi oleh pabrikan Flensburger Fahrzeugbau Gesellschaft (FFG), yaitu sebuah perusahaan yang berbasis di Jerman.


APC G5 dapat dengan mudah dikonfigurasi dengan berbagai peralatan untuk beberapa misi standar yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan misi. Varian yang dapat dikonfigurasikan pada APC ini adalah: pos komando, kendaraan pembawa mortir, kendaraan pemulihan, teknik, angkut infanteri, dan juga ambulans. APC ini menawarkan peningkatan mobilitas lintas negara di semua kondisi medan.


Pengembangan PMMC G5 dimulai pada tahun 2009, dan kemunculan perdana kendaraan ini yaitu pada pameran Pertahanan dan Keamanan Internasional Eurosatory 2012 yang diadakan di Paris, Perancis. APC juga didemonstrasikan pada pameran dan konferensi pertahanan internasional International Armored Vehicle (IAV) 2013 yang diadakan di Farnborough, Inggris. 


Kendaraan ini dirancang untuk menggantikan armada pengangkut personel lapis baja M113 milik Angkatan Darat Denmark yang sudah mulai “uzur” pada Juli 2012. Organisasi Akuisisi dan Logistik Pertahanan Denmark (Defence Acquisition and Logistics Organisation - DALO) memilih PMMC G5 dan empat kendaraan lain untuk sebagai kandidat pengganti yang diusulkan pada bulan Februari 2013.


Desain dan fitur PMMC G5

Kendaraan pengangkut personel lapis baja PMMC G5 memiliki desain yang kuat, yang memadukan lambung lapis baja dengan menerapkan karakteristik bentuk stealth. Kendaraan ini memiliki tingkat kebisingan yang rendah dan biaya operasional dan biaya perawatan yang tergolong rendah.


APC ini memiliki berat kotor di kisaran 26,5 ton dan dapat membawa muatan hingga 8,5 ton. Kabin kru memiliki volume internal 14,5 m³ dan dilengkapi dengan komponen rak yang dimodifikasi (MOTS) dan komponen komersial di luar rak (COTS).


Kendaraan ini dapat menampung hingga 12 personel yang ditempatkan di kursi ergonomis, dengan spesifikasi tahan ledakan. Kursi pengemudi terletak di bagian depan kendaraan di sisi kiri. Kompartemen kru dilengkapi dengan sistem pendingin udara dan ruang kepala yang cukup untuk memfasilitasi kondisi kerja yang nyaman bagi personel. Akses bagi personel masuk dan keluar kendaraan melalui jalan belakang dan palka di bagian atap.


Peralatan observasi

PMMC G5 APC juga memiliki system pemantau situasional spesifikasi tinggi dengan radius pemantauan hingga 360°. Sistem kamera siang / malam yang dipasang pada kendaraan memungkinkan pengamatan target dalam semua kondisi pencahayaan. Selain itu, personel juga dapat mengamati situasi secara langsung melalui system visor di bawah kaca lapis baja.


Fitur sistem proteksi PMMC G5

Kendaraan lapis baja PMMC G5 menggabungkan fitur perlindungan balistik modular untuk melindungi keselamatan personel dan awak pada tingkat maksimal. Sistem proteksi ini menawarkan perlindungan superior terhadap hantaman serpihan peluru artileri, ranjau, proyektil yang dibentuk eksplosif (explosively formed projectiles - EFP), dan bahan peledak buatan sendiri (improvised explosive devices - IEDs). Sistem proteksi ini juga mampu menahan hantaman roket peluncur granat (RPG) dalam skala ringan.

APC ini juga dapat dipasangkan dengan sistem proteksi tambahan berupa modul baja tambahan untuk memberikan peningkatan maksimal pada hantaman proyektil balistik. Sistem pencegah kebakaran dan peralatan pelindung penyaringan udara untuk NBC (nuklir, biologis, kimia) memastikan tingkat keamanan maksimum bagi awak.

APC ini juga dapat dilengkapi dengan stasiun senjata yang dikendalikan jarak jauh (RCWS) untuk pertahanan diri.


Mesin dan mobilitas

Pengangkut personel lapis baja PMMC G5 ditenagai oleh sistem propulsi diesel turbocharged MTU / ZF yang terletak di bagian depan. Mesin tersebut menghasilkan daya output sebesar 410kW.

Sistem rantai atau trek karet yang dipasang pada kendaraan memberikan traksi yang tergolong mulus. APC ini memiliki kecepatan maksimum di angka 74 km/jam dan memiliki jarak jelajah efektif hingga 1.000 km. APC ini memiliki kemampuan menanjak hingga kemiringan 60 derajat dan kemiringan samping 30 derajat. Seperti halnya kebanyakan kendaraan dengan penggerak trek atau rantai, APC juga memiliki kemampuan melakukan putaran pivot.



Kendaraan angkut personel lapis baja G5 dikembangkan oleh perusahaan FFG Jerman. FFG adalah perusahaan spesialisasi dalam peningkatan dan modifikasi tank tempur utama dan kendaraan lapis baja untuk Angkatan Darat Jerman. Keberadaan APC G5 terungkap pada tahun 2012. Kendaraan yang memiliki tingkat proteksi yang cukup tinggi ini merupakan produk yang dikembangkan secara mandiri oleh perusahaan tersebut. Saat ini G5 hanya berupa purwarupa dan sedang dalam tahap uji coba oleh perusahaan. Kendaraan lapis baja ini rencananya akan ditujukan untuk diadopsi oleh Angkatan Darat Jerman, serta untuk pelanggan ekspor.


APC G5 telah  telah dilengkapi dengan sistem proteksi yang ditingkatkan yang mampu menahan hantaman ranjau darat dan IED, dimana sistem ini merupakan hal yang cukup istimewa jika dibandingkan dengan kendaraan sejenis yang berkonfigurasi roda ranta atau track. APC ini juga memiliki sistem proteksi yang cukup baik yang mampu menahan hantaman proyektil dari tembakan langsung dalam batas-batas tertentu. Untuk sistem proteksi tambahan. APC ini dapat juga ditambahkan sistem perlindungan Add-on armor pada bagian-bagian vital kendaraan, dimana sistem tambahan ini tentu saja menambah tingkat “kekebalan” dari APC tersebut..

G5 memiliki konfigurasi desain modular. Kendaraan memiliki kapasitas muatan sampai dengan 6,5 ton. APC ini dapat dilengkapi dengan modul misi yang dapat dilepas-pasang dengan mudah. Modul misi standar termasuk pelat atap yang dapat dilepas dan peralatan interior. Ini dapat dikonfigurasi untuk memenuhi varian misi tertentu. Modul misi dapat dengan mudah dipertukarkan dalam kondisi lapangan. Saat ini berbagai modul misi sedang dikembangkan untuk APC ini. Ini dapat dikonfigurasi sebagai ambulans lapis baja, kendaraan pos komando, pengangkut mortir, teknik, atau kendaraan kargo.

Port atau stasiun senjata G5 dapat dilengkapi dengan turret atau port senjata yang dikendalikan dengan remote. Berbagai macam pilihan senjata dapat menjadi pilihan untuk dipasangkan dengan APC ini. Purwarupa yang ada saat ini dapat dipersenjatai dengan senapan mesin berat kaliber 12,7mm. Atau bisa juga dengan stasiun senjata yang mengusung senapan mesin kaliber 7,62mm atau peluncur granat otomatis kaliber 40mm juga dapat menjadi alternatif.


APC ini dikendalikan oleh dua orang awak, dan memiliki kapasitas angkut hingga 10 personel. Pada versi purwarupa G5, memiliki konfigurasi tempat duduk untuk 8 pasukan. Akses untuk personel masuk dan meninggalkan kendaraan melalui jalan belakang atau palka atap.

APC G5 memiliki dapur pacu mesin diesel turbocharged, yang menghasilkan daya sebesar 560 hp. Mesin diposisikan di bagian depan. APC ini menggunakan beberapa komponen suspensi dari tank tempur utama (MBT) Leopard 1. Satu hal yang patut disayangkan dari APC ini adalah, kemampuannya dalam melintas medan terbatas pada medan darat saja, APC ini tidak memiliki kemampuan amfibi.



Spesifikasi Kendaraan Angkut Personel / Armoured Personnel Carrier (APC) PMMC G5 (Protected Mission Module Carrier G5)

Asal negara: Jerman
Operasional aktif: (belum diketahui)
Awak: 2 orang
Kapasitas angkut Personel: hingga 10 orang

Dimensi dan berat
Bobot: 25 ton
Panjangn: ~ 7 m
Lebar: -
Tinggi: -

Persenjataan:
1 x Senapan mesin kaliber 12,7mm, atau
1 x Senapan mesin kaliber 7,6mm, atau
1 x Pelontar granat kaliber 40mm

Mobilitas
Mesin: diesel
daya mesin; 560 hp
Kecepatan maksimum (jalan raya): 72 km/jam
Jarak jelajah maksimum: 600 km
Kemampuan manuver
Tanjakan: 60 derajat
Kemiringan samping: 30 derajat
halangan vertical: ~ 0,6 m
halangan parit: ~ 1,7 m
Gengan air maksimum: ~ 1,2 m

Sumber:

tag: 
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Kemarin (Seventeen), #Corona, #Virus Corona, #Covid-19, #Wuhan, Hubei, #Lily (Alan Walker,K-391 & Emelie Hollow), #Celengan Rindu (Fiersa Besari), #Senorita (Shawn Mendes, Camila Cabello), #Hanya Rindu (Andmesh), #Solo (Jennie), #On My Way (Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko), #I Love You 3000 (Stephanie Putri), #A Whole New World (ZAYN, Zhavia Ward), #sobat ambyar,  #Didi Kempot, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia 2019, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV

1 komentar:

  1. Bismillah, kendaraan APC yaitu PMMC G5 APC,bila perlu ditambah akuisisinya buat TNI.AD,TNI.AL untuk pergerakan pemindahan pasukan.sebagai rakyat indonesia mendukung penuh penambahan Apc ini menjadi 50 unit.bila ada Apc PMMC G5 APC yang berkelas ambulance,sebagai penyokong 30/unit lagi mungkin bisa ditambah.

    BalasHapus