Selasa, 03 September 2019

Tank Tempur Medium/ Medium Tank A24 Cruiser Tank Mark VII Cavalier



Kemayoran, Jakarta, Selasa, 3 September 2019

Dengan berbekal ilmu dan pengalaman dalam merancang dan memproduksi tank Crusader pada Perang Dunia ke II, Inggris lalu memproduksi versi lanjutan dari tank Cruiser, diberi nama Cavalier. 


Dirancang untuk menjadi tank yang lebih baik, dengan lapisan baja yang lebih tebal, senjata utama dengan meriam yang lebih besar kalibernya (6pdr atau 57mm), dan track yang lebih lebar. Semua perubahan atau peningkatan spesifikasi ini meningkatkan bobotnya 5 ton lebih berat dibandingkan dengan tank Crusader. 


Penambahan bobot ini mengakibatkan turunnya kecepatan yang bisa dicapai, karena tank ini masih menggunakan mesin dan sistem penggerak yang sama, walaupun ada sentuhan perbaikan pada sistem suspensinya, namun persoalan dasarnya tetap sama. Tank ini tak memiliki mesin dengan kekuatan yang cukup untuk menunjang performanya.


Secara kasat mata, bentuk dan profil dari tank ini hampir sama dengan tank Cromwell dan Centaur. Tank Cavalier diproduksi dalam jumlah yang sedikit, dan tidak pernah dipakai untuk tugas tempur yang sebenarnya. 


Beberapa unit dari tank Cavalier ini meriamnya diganti dengan meriam palsu dan digunakan sebagai OP (Observation Post), sedangkan unit lainnya, dikonversi menjadi ARV (Armoured Recovery Vehicle). Untuk konversi ini, turetnya dilepas lalu dipasang winch dan demountable A-Frame Jib.


Spesifikasi Tank Tempur Medium/A24 Cruiser Tank Mark VII Cavalier

Asal Negara: Inggris
Mulai bertugas: 1941
Kru: 5 Orang
Bobot: 26.925 kg/26,93 ton


Dimensi  
Panjang: 6,35 m  
Tinggi: (over turret hutch) 2,44 m 
Lebar: 2,9 m


Persenjataan  
Senjata utama: 
Meriam kaliber 6pdr (setara 57mm) OQF (Ordnance Quick Firing) gun
Senjata sekunder : 
1 x 7.92mm Besa machine gun (koaksial)
1 x 7.92mm Besa machine gun in front


Armor: Maksimum 76mm
Mesin: Nuffield Liberty V12 petrol, generating 253,64 kW/340 hp 

Performa  
Kecepatan maksimum: 39 km/jam 
Jarak jelajah maksimum: 266 km 

Sumber : ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

-----------------------------------------
tag: Close Support Vehicle, Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, Heer , Helicopter, Helicopter Angkut/Serang, Helicopter, tempur/serang, Helikopter, Helikopter Anti Kapal Selam, Helikopter multi peran, Helikopter Serang-Tempur, Kapal Cepat, Kendaraan Intai/Tempur Ringan, Kendaraan Serba Guna, Kendaraan Taktis Lapis Baja, Kriegsmarine, Luftwaffe, MiG, Pesawat Angkut Berat Jet, Pesawat Angkut Propeller, Pesawat Anti Kapal Selam, Pesawat Anti Tank Propeller, Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, Pesawat pembom berat Jet, Pesawat Pembom Medium-Propeller, Pesawat Pembom Propeller, Pesawat Pembom Ringan Jet, Pesawat Pembom Strategis, Pesawat Pembom Tukik Propeller, Pesawat Pembom/Tempur Jet, Pesawat serang jet, Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), Pesawat Tempur Jet, Pesawat Tempur Malam, Pesawat Tempur Propeller, Pistol Mitraliur/Submachine Gun, Senapan Serbu Otomatis, Senapan Serbu Semi Otomatis, Tank, Tank Amfibi, Tank Destroyer, Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, Tank Tempur Berat/Heavy Tank, Tank Tempur Medium/Medium Tank, Tank Tempur Ringan/Light Tank, Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, senjata, senapan serbu, amunisi, peluru, sniper, pesawat, pesawat tempur, helikopter tempur, perang, lapis baja, pembom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar