Jumat, 16 Agustus 2019

Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Tupolev Tu-2


Pesawat Pembom Medium
Tupolev Tu-2
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at, 16 Agustus 2019

Pesawat pembom kelas medium yang sangat potensial ini pada awalnya diberi kode registrasi ANT-61. Pesawat pembom ini mulai berdinas secara aktif di Angkatan Udara Rusia pada tahun 1942, dan pada awalnya ditempatkan sebagai pesawat pembom utama, walaupun pada akhirnya, posisi pesawat ini sebagai pembom utama digantikan oleh pesawat lain.

Pesawat Pembom Medium
Tupolev Tu-2
militerbanget.blogspot.com

Tupolev Tu-2 ini memiliki kelebihan di kecepatan maksimumnya yang tinggi, memiliki persenjataan defensif yang terbilang cukup kuat, kestabilan terbang yang bagus, dan hanya memerlukan sedikit perbaikan dan modifikasi pada saat masa operasionalnya.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Carl Gustaf Kpist M/45)

Pesawat Pembom Medium
Tupolev Tu-2
militerbanget.blogspot.com

Pesawat ini terbukti mampu meladeni pesawat pembom cepat milik Jerman seperti Junkers Ju-88 yang memang terkenal karena kecepatan dan kelincahannya. Sebagian literatur barat menuliskan bahwa pesawat ini dibuat dalam beberapa versi seperti versi intai dan versi pembom torpedo.

Pesawat Pembom Medium
Tupolev Tu-2
militerbanget.blogspot.com

Tupolev Tu-2S adalah versi produksi kedua. Berbeda dengan versi sebelumnya, pada versi ini mesinnya diganti dengan mesin yang lebih kuat, yang berimbas pada daya angkut bom yang lebih banyak. persenjataan defensifnya juga ditambah, sehingga pesawat versi baru ini lebih disukai oleh kru yang menerbangkannya.

Berbeda dengan pesawat-pesawat pesaingnya di era tersebut, Tupolev Tu-2 terus dioperasikan pasca Perang Dunia ke II. Pesawat ini juga digunakan oleh Korea Utara pada saat Perang Korea berkecamuk.

Pesawat Pembom Medium
Tupolev Tu-2
militerbanget.blogspot.com

Produksi pesawat Tupolev Tu-2 tergolong cukup besar, dengan total produksi pada saat perang mencapai angka 1.100 unit, dan produksi pasca perang mencapai angka 1.400 unit.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helicopter Serang/tempur Anti Tank Mil Mi-28 Havoc, Bagian 1)

Pesawat Pembom Medium
Tupolev Tu-2
militerbanget.blogspot.com

Beberapa negara yang bersahabat dengan Uni Soviet masih terus menggunakan pesawat pembom medium ini (pesawat ini diberi kode identifiksi oleh NATO sebagai “Bat”), sampai dengan tahun 1961. 

Performanya yang sangat baik, dan ketahanannya yang luar biasa (kuat dan bandel) menjadi salah satu sebab mengapa pesawat ini tetap dipertahankan oleh beberapa negara sampai puluhan tahun setelah Perang Dunia ke II.

Pesawat Pembom Medium
Tupolev Tu-2
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Tupolev Tu-2S


Karakteristik umum

Kru: 4
Panjang: 13.80 m (45 ft 3 in)
Lebar sayap: 18.86 m (61 ft 10 in)
Tinggi: 4.13 m (13 ft 7 in)
Area sayap: 48,5 m² (522 ft ²)
Berat kosong: 7.601 kg (16.757 lbs)
Berat Loaded: 10.538 kg (23.232 lbs)
Max. berat lepas landas: 11.768 kg (25.944 lbs)
Mesin: 2 × Shvetsov ASh-82 mesin radial, 1.380 kW (1.850 hp) masing-masing

Performa

Kecepatan maksimum: 521 km/h (281 kn, 325 mph)
Jarak terbang maksimum: 2.020 km (1.090 nm, 1.260 mi)
Ketinggian terbang operasional: 9.000 m (29.528 kaki)
Kecepatan menanjak: 8.2 m/s (1.610 ft / min)
Beban sayap: 217 kg/m² (45 lbs/ft²)
Rasio Daya / bobot: 260 W / kg (0,16 hp / lb)

Persenjataan

Senjata:
2 × 20 mm (0.79 in) fix forward fire meriam ShVAK di sayap
3 × 7,62 mm (0.30 in) belakang penembakan ShKAS senapan mesin (kemudian digantikan oleh 12,7 mm (0.50 in) Berezin UB senapan mesin) di kanopi, menetas punggung dan perut.
Bom: 1.500 kg (£ 3300) internal dan 2.270 kg (5.000 lb) eksternal

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Tupolev Tu-2, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)
Wikipedia
berbagai sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar