Senin, 29 Juli 2019

Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja (Armored Personnel Carrier – APC) Otokar Yavuz



Kemayoran, Jakarta, Senin, 29 Juli 2019

Otokar Yavuz adalah kendaraan lapis baja 8x8 Turki modern pertama. Pengangkut personel lapis baja (Armored Personnel Carrier – APC) ini adalah varian dari kendaraan sejenis buatan Singapura, Terrex AV81, yang dikembangkan oleh Singapore Technologies Kinetics. Kendaraan pengangkut personel lapis baja ini kadang-kadang disebut juga sebagai Terrex AV82 dan memiliki sejumlah perubahan atau perbaikan, seperti detail bentuk lambung dan suspensi yang lebih canggih. 


Pengangkut personel lapis baja ini dikembangkan untuk memenuhi persyaratan pasukan darat Turki dan juga ditujukan juga untuk calon pembeli lain diluar Turki. Tetapi sampai dengan selesainya purwarupa, ternyata tak ada pesanan yang datang untuk kendaraan lapis baja ini. Alhasil, riwayat dari Akhirnya Yavuz tidak pernah melewati tahap prototipe.


Armor Yavuz memberikan perlindungan menyeluruh alias kebal terhadap tembakan dari peluru kaliber 7,62mm dari jenis armored piercing (penembus lapisan baja). Pada sisi frontal (depan) memiliki spesifikasi kebal terhadap tembakan kaliber 12,7mm. Kendaraan memiliki lambung berbentuk V, yang memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap ledakan ranjau darat. Menurut salah satu sumber, kendaraan pengangkut personel lapis baja ini mampu menahan ledakan TNT seberat 12 kg di bawah roda.

Ruangan dalam dari Otokar

Yavuz dipersenjatai dengan senapan mesin kaliber 12,7mm yang dikendalikan dengan remote control atau peluncur granat otomatis kaliber 40mm. Kendaraan juga ditawarkan dengan berbagai opsi persenjataan, termasuk meriam kaliber 20mm atau 30mm.

Pintu belakang dengan konfugurasi ramp

Otokar Yavuz dikendalikan oleh dua orang awak dan dapat membawa hingga 12 pasukan dengan perlengkapan penuh. Kapasitas angkut penumpang ini berkurang jika APC dilengkapi dengan persenjataan yang dipasang di menara. Jika diperuntukkan bagi angkutan kargo, maka APC ini dapat mengangkut muatan seberat 11 ton yang ditempatkan pada ruang angkut personel tadi. Proses mobilisasi pasukan bisa melalui pintu pada bagian belakang kendaraan atau melalui palka pada atap kendaraan. Komandan dan pengemudi dilengkapi dengan palka atap yang terpisah.


Kendaraan ini dimotori oleh mesin diesel C9 turbocharged Caterpillar, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 450 hp. Otokar Yavuz memiliki kemampuan amfibi. Pada saat APC ini berada di air, penggeraknya menggunakan dua unit waterjets.


Spesifikasi Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja / Armored Personnel Carrier (APC) Otokar Yavuz

Negara asal Turki
Mulai Operasional: -
Kru: 2 orang
Kapasitas ANgkut Personil: 12 orang


Dimensi dan berat
Berat (dengan muatan penuh): 24 ton
Panjang: 6,8 m
Lebar: 2,7 m
Tinggi: 2,1 m

Persenjataan
Senapan mesin: 1 x 12,7 mm (opsional)

Mobilitas:
Mesin: Caterpillar C9 diesel daya mesin 450 hp
Kecepatan maksimum (jalan raya): 110 km / jam
Kecepatan melaju di air: maksimum 10 km / jam
Jarak jelajah maksimum: 700 km

Kemampuan manuver:
Melalui jalan menanjak (tanjakan): 60 derajat
Kemiringan maksimum: 40 derajat
Halangan vertikal: 0,7 m
Lintas Parit: 2 m
Fording Amfibi

Sumber : military-today.com

-----------------------------------------
tag: Close Support Vehicle, Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, Heer , Helicopter, Helicopter Angkut/Serang, Helicopter, tempur/serang, Helikopter, Helikopter Anti Kapal Selam, Helikopter multi peran, Helikopter Serang-Tempur, Kapal Cepat, Kendaraan Intai/Tempur Ringan, Kendaraan Serba Guna, Kendaraan Taktis Lapis Baja, Kriegsmarine, Luftwaffe, MiG, Pesawat Angkut Berat Jet, Pesawat Angkut Propeller, Pesawat Anti Kapal Selam, Pesawat Anti Tank Propeller, Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, Pesawat pembom berat Jet, Pesawat Pembom Medium-Propeller, Pesawat Pembom Propeller, Pesawat Pembom Ringan Jet, Pesawat Pembom Strategis, Pesawat Pembom Tukik Propeller, Pesawat Pembom/Tempur Jet, Pesawat serang jet, Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), Pesawat Tempur Jet, Pesawat Tempur Malam, Pesawat Tempur Propeller, Pistol Mitraliur/Submachine Gun, Senapan Serbu Otomatis, Senapan Serbu Semi Otomatis, Tank, Tank Amfibi, Tank Destroyer, Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, Tank Tempur Berat/Heavy Tank, Tank Tempur Medium/Medium Tank, Tank Tempur Ringan/Light Tank, Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, senjata, senapan serbu, amunisi, peluru, sniper, pesawat, pesawat tempur, helikopter tempur, perang, lapis baja, pembom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar