Senin, 17 September 2018

Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - Alan Degman (M-95)


Tank Tempur Utama/Main Battle Tank
Alan Degman (M-95)
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 17 September 2018

Kali ini, yang akan kita ulas adalah Main Battle Tank/Tank Tempur Utama yang dikembangkan oleh Kroasia. Untuk mengurangi ketergantungan pada alut sista dari Rusia dan negara-negara satelitnya, kroasia memilih untuk menempuh jalan kemandirian dalam memenuhi kebutuhan angkatan perangnya.

Pertama kali muncul pada akhir 1990-an, sebenarnya, kemunculan Degman MBT buatan Kroasia bermula dari MBT M-84A, yaitu derivative atau turunan dari T-72 buatan Rusia, yang diproduksi dibawah lisensi oleh Yugoslavia pada tahun 1980-an. Spesifikasi dari tank ini memang tak banyak diketahui, tetapi, dasar designnya tak terlalu berbeda dengan pendahulunya diperkirakan memiliki bobot dikisaran 40 ton, dapur pacunya menggunakan mesin diesel dengan sistem transmisi otomatis. 

Tank ini memiliki kecepatan maksimum sekitar 60 km/jam dan memiliki jarak tempuh maksimum 600km. Turretnya didesign dan diproduksi oleh Kroasia termasuk pemasangan modul proteksi ERA (Explosive Reactive Armour), berderet memanjang terpasang di kedua glacis plate dan side skirt (kebanyakan negara di Eropa Timur dan negara satelit Uni Soviet, ERA buatannya dipengaruhi oleh design Rusia).


Tank ini memiliki persenjataan utama meriam smoothbore D-81 kaliber 125mm yang telah ditingkatkan dan memiliki sistem pengisian amunisi otomatis, sehingga jumlah kru yang dibutuhkan oleh tank ini hanya tiga orang. Persenjataan sekundernya adalah satu senapan mesin kaliber 7,62mm yang dipasang koaksial, serta satu senapan mesin berat kaliber 12.7mm yang dipasang di atas turret yang berfungsi sebagai pertahanan jarak dekat serta penangkis serangan udara ringan.

System kontrol persenjataan tank berbasis pada system Omega buatan Slovenia, sedangkan system komunikasinya buatan Inggris.

Perlengkapan lainnya meliputi proteksi NBC (Nuclear, Biological and chemical), system navigasi, dan system keamanan. Degman MBT saat ini dioperasikan oleh Angkatan Darat Kroasia dan telah dijual ke Kuwait. Ada pula varian komando, ARV(Armoured Recovery Vehicle), dan engineering.

Tank Tempur Utama/Main Battle Tank
Alan Degman (M-95)
militerbanget.blogspot.com

Sejarah, produksi dan modernisasi 


Tank M-95 Degman sebagian besar didasarkan pada tank M-90 Vihor yang lebih tua. Sebuah purwarupa definitif dari tank Vihor menyelesaikan pengujian dasar di pabrik Đuro Đaković tetapi karena perang saudara pada pertengahan 1991, tank ini tidak pernah dikirimkan. Đuro Đaković sudah mengerjakan purwarupa kedua (pada titik ini lunas telah selesai) tetapi karena perang tersebut proses penyelesaian pada purwarupa Vihor kedua terhenti sampai 1994 ketika selesai dengan turret baru.

Sementara itu, purwarupa pertama ditingkatkan dan dimodernisasi, mesin 1.200 hp yang lebih kuat dipasang yang memberikan rasio power-to-weight yang lebih tinggi. Sebuah kompartement penyimpanan dan armor slat di bagian belakang turret ditambahkan, meningkatkan proteksi keseluruhan. Sebuah suite komunikasi Ras dipasang untuk meningkatkan jangkauan komunikasi dan kompatibilitas medan perang digital dan suite CBRN baru juga ditambahkan, SZ 2000 CBRN suite memberikan kinerja yang secara substansial lebih handal dan lebih baik atas NBC suite yang lebih tua yang digunakan pada tank M-84;misalnya, dalam situasi perang nuklir atau kimia / biologi, SZ-2000 mematikan mesin dan secara otomatis menyaring udara segar ke dalam tank.

Tank Tempur Utama/Main Battle Tank
Alan Degman (M-95)
militerbanget.blogspot.com

Sistem pengendali optik dan penembakan dikembangkan oleh Fotona, sebuah perusahaan Slovenia, dan sekarang hadir sebagai standar pada semua tank M-84 Kroasia dan Slovenia saat ini. Tank Vihor / M95 menerima laser range finder baru, LIRD-4B - sistem peringatan iradiasi laser. Sebuah komputer medan perang digital Fotona / Končar / Đuro Đaković juga telah ditambahkan untuk meningkatkan kinerja medan perang. Diehl menyediakan trek baru yang memberi performa lebih baik di berbagai medan.

Proyek ini menerima bantuan besar dari Elbit Israel. Explosive Reactive Armor yang dikembangkan oleh Elbit adalah salah satu peningkatan besar dan memberikan tampilan yang khas ke tank M95. Rafael - Samson Remote Controlled Weapon Station yang terdiri dari senapan mesin berat kaliber 12.7mm dan peluncur granat 40mm adalah bentuk peningkatan lainnya. Stasiun Senjata Remote Controlled ini juga berfungsi sebagai penampil termal independen komandan. Upgrade tambahan direncanakan, termasuk senapan kompak 120mm yang dikembangkan oleh RUAG Defence of Switzerland dan beberapa tambahan sistem pertahanan dan ECM termasuk rudal anti tank LAHAT .

Tank Tempur Utama/Main Battle Tank
Alan Degman (M-95)
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi 
Tank Tempur Utama  / Main Battle Tank - Alan Degman (M-95)


Mulai bertugas: 1999
Kru: 3 Orang
Bobot: 40.600 kg/40,6 ton

Dimensi  

Panjang: 9,53 m / 31ft 3in 
Tinggi: (over turret hutch) 2,23 m / 7ft 4in
Lebar: 3,59 m/ 12ft 9in

Persenjataan  

Senjata utama: Meriam kaliber 125mm Rapira 3 gun
Senjata sekunder: 
1 x Senapan mesin kaliber 7.62 mm /0.30 in machine gun
1 x Senapan mesin kaliber 12,7mm /0.50 in machine gun

Armor: around 250mm maks.

Mesin:  Diesel Engine, developing 581.6 kW/780hp

Performa  

Kecepatan maksimum: 60 km/jam (37.3 mph), 
Jarak maksimum: 600 km

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Utama  / Main Battle Tank - Alan Degman (M-95), semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

tag: 
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar