Jumat, 10 Agustus 2018

Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Heckler & Koch UMP45/40/9


Pistol Mitraliur/Sub Machine Gun
Heckler & Koch UMP 45/40/9
militerbanget.blogspot.com

Ciledug, Tangerang, Banten, Jum'at, 10 Agustus 2018

Pistol Mitraliur/submachine gun yang akan kita bahas kali ini adalah pistol mitraliur yang sangat handal dan mematikan asal Jerman. Pistol Mitraliur racikan Heckler & Koch ini memang menjadi standard senjata bagi banyak pasukan elit di dunia. Banyak sekali kelebihan dari senjata ini; akurat, mudah dikontrol pada mode penembakan otomatis, dan yang paling diutamakan, sangat mematikan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Forjas Taurus SMT9)

Pistol Mitraliur/Sub Machine Gun
Heckler & Koch UMP 45/40/9
militerbanget.blogspot.com

Berawal pada pertengahan tahun 1990-an, HK meluncurkan proyek untuk melakukan pembaharuan atas MP5 mereka yang sukses besar dan menjadi penguasa pangsa pasar Pistol Mitraliur dunia. Dengan fokus market terbesar Amerika Serikat sebagai pengguna terbanyak, Heckler & Koch mencoba untuk menyesuaikan produk mereka dengan selera pasar. 

Pistol Mitraliur/Sub Machine Gun
Heckler & Koch UMP 45/40/9
militerbanget.blogspot.com

Sebagai kuncinya, mereka harus menciptakan senjata yang murah, akurat, dan mudah dalam hal perawatan. Maka UMP (Universal Machinen Pistole-Universal SMG) 45 pun lahir dengan berdasar pada kriteria tersebut. Tetap ditembakkan dengan sistem closed bolt untuk menjaga tingkat akurasi, UMP hanya memakai format blowback dengan bolt carrier yang sangat sederhana untuk mempermudah perawatan dan pengoperasian di lapangan. Bahkan pada sisi bolt yang menghadap ke arah luar, ditambahi dengan fitur berupa cerukan seukuran ibu jari. Bila UMP 45 macet karena kotor atau kondisi lingkungan yang ekstrem, cerukan ini bisa dimanfaatkan jari untuk menutup bolt ke depan agar UMP bisa ditembakkan kembali.

Pistol Mitraliur/Sub Machine Gun
Heckler & Koch UMP 45/40/9
militerbanget.blogspot.com

Sebagai senjata modern, UMP 45 termasuk senjata pertama di kelas Submachine Gun atau Pistol Mitraliur yang menerapkan material polimer sebagai bahan untuk bagian receiver. Selain dapat mereduksi bobot, material polimer jelas lebih tahan karat apabila dioperasikan pada kondisi lingkungan yang memiliki kadar garam atau kelembaban yang tinggi, dimana kedua tipe lingkungan tersebut adalah area dimana MP5 sering digunakan.

Pistol Mitraliur/Sub Machine Gun
Heckler & Koch UMP 45/40/9
militerbanget.blogspot.com

Untuk pilihan mode penembakan, dibuat beragam, dengan model yang menawarkan pilihan safe-1-2-full auto atau S-1-F yang lebih konvensional. Terlepas dari upaya pemasaran maksimal yang dilakukan Heckler & Koch, UMP45 tidak memperoleh sambutan yang menggembirakan dari pasar. Kemungkinan penyebab sepinya tanggapan, karena kaliber yang digunakannya, .45 ACP terasa asing di dunia pistol mitraliur yang dikuasai oleh kaliber 9mm.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang The Weapon That Never Was, Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Iamani)

Pistol Mitraliur/Sub Machine Gun
Heckler & Koch UMP 45/40/9
militerbanget.blogspot.com

Baru pada kisaran tahun 2000-an, UMP45 mulai mendapat tempat di hati kalangan penegak hukum, dengan konfigurasi satu UMP45 sebagai komplemen SMG berkaliber 9mm per satu elemen tim bagi tim bagi tim taktis SWAT negara bagian di Amerika Serikat yang mengakuisisi UMP. 

Pistol Mitraliur/Sub Machine Gun
Heckler & Koch UMP 45/40/9
militerbanget.blogspot.com

Kalibernya yang besar menawarkan daya pukul yang lebih besar bagi kaliber 9mm, walaupun belum cukup untuk menjatuhkan tersangka yang mengenakan rompi anti peluru. Melihat perkembangan ini, Heckler & Koch akhirnya menawarkan UMP dalam kaliber .40 S&W (UMP40) dan bahkan 9x19mm (UMP9) sebagai tiga kaliber yang paling banyak digunakan oleh polisi di Amerika Serikat. Dari luar, ketiganya tampak serupa kecuali UMP9 yang menggunakan magasen lengkung. Varian sipil UMP diberi kode USC (Universal Self Loading Carbine).

Pistol Mitraliur/Sub Machine Gun
Heckler & Koch UMP 45/40/9
militerbanget.blogspot.com

Varian 

Ada tiga varian dari UMP ini yaitu UMP45 menggunakan peluru .45 ACP; UMP40, menggunakan peluru .40 S&W; dan UMP9 menggunakan peluru 9x 19 mm Parabellum. Perbedaan lain selain dari tipe peluru yang dipakai adalah pada bentuk dari magazen yang digunakan, tipe UMP9 menggunakan magazen dengan bentuk melengkung, sedangkan UMP40 dan UMP45 menggunakan magazen lurus. Ketiga jenis UMP ini dapat dimodifaksi agar dapat menggunakan ketiga jenis peluru diatas dengan cara mengganti bolt, barrel, dan tentu saja magazen.

Senjata ini dibuat pula versi khusus semi otomatis yang dinamakan USC (Universal Self loading Carbine), pistol ini dapat dimiliki oleh sipil sebagai alat perlindungan diri atau dipakai dalam olahraga menembak. Desain dari versi ini mengikuti standardisasi yang dikeluarkan oleh AWB (Federal Assault Weapons Ban) tahun 1994. 

Beberapa perbedaan USC berbanding UMP, antara lain penambahan pelindung pegangan (grip) dibagian belakang pegangan standar, laras yang lebih panjang, magazen yang hanya dapat diisi 10 butir peluru, dan mode tembak semi otomatis saja. Pada awal pemasarannya senjata ini tersedia dalam warna abu-abu, tetapi pada awal tahun 2007 senjata ini hanya diproduksi dengan warna hitam.

Pistol Mitraliur/Sub Machine Gun
Heckler & Koch UMP 45/40/9
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pistol Mitraliur / Submachine Gun Heckler & Koch UMP45/40/9


Negara asal: Jerman
Tahun produksi: 1990-an
Kaliber peluru: 9x19mm/ .45 ACP/.40 S&W
Sistem operasi: Delayed Blowback

Panjang keseluruhan:   

690 mm (popor terentang)
450 mm (popor terlipat)
Panjang Laras: 200mm

Bobot kosong: 

2,3 kg (UMP45)/2.1 kg(UMP40) 
Vo meninggalkan laras: -  fps
Jarak tembak efektif: 100 m
Rate of fire: 600 ppm
Kapasitas magasen: 30/10 peluru

Demikianlah artikel tentang Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Heckler & Koch UMP45/40/9, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel diadaptasi dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

COMMANDO-War Machine series, SUB MACHINE GUN, KECIL RINGKAS DAN MEMATIKAN



Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Kemarin (Seventeen), #Lily (Alan Walker,K-391 & Emelie Hollow), #Celengan Rindu (Fiersa Besari), #Senorita (Shawn Mendes, Camila Cabello), #Hanya Rindu (Andmesh), #Solo (Jennie), #On My Way (Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko), #I Love You 3000 (Stephanie Putri), #A Whole New World (ZAYN, Zhavia Ward), #Didi Kempot, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana,
#Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

1 komentar: