Jumat, 21 Desember 2018

Tank Tempur Medium / Medium Tank - A41 Centurion


Tank Tempur Medium A41 Centurion
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at, 21 Desember 2018

Tank Centurion dapat dikatakan salah satu rancangan terbaik sekaligus produksi tank terbaik milik Inggris. Purwarupanya selesai pada bulan Mei 1944, tetapi pengujiannya baru bisa dilaksanakan pada bulan Mei 1945 (sebagai imbas dari kebijakan pemerintah Inggris dalam menghadapi kebutuhan Perang Dunia ke II, yang melarang pembangunan proyek militer yang tidak dapat dioperasionalkan pada tahun 1944), alhasil tank ini tak berkiprah dalam Perang Dunia ke II

Dua puluh unit model awal dipesan, dengan senjata utama meriam kaliber 17 pdr (setara dengan kaliber 76mm) dan senjata sekunder satu meriam Polsten (ball mount) atau senapan mesin Besa, tercatat 10 unit pertama bersenjata Polsten. 

Tank Tempur Medium A41 Centurion
militerbanget.blogspot.com

Pada versi Mark II (A41A), dilakukan banyak peningkatan, termasuk cast turret, alat penglihatan pada kupola komandan, dan kombinasi periskop juru tembak dan senapan mesin Besa. Model ini lalu menjadi model produksi definitif pertama yang disebut centurion 2.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank - SKODA LT-35)

Tank Tempur Medium A41 Centurion
militerbanget.blogspot.com

Total ada 4.400 unit Tank Centurion dari dua belas model berbeda yang diproduksi, yang paling banyak diproduksi adalah Centurion 3, yaitu sebanyak 2.800 unit. Versi ini memiliki banyak sekali peningkatan, seperti penggantian mesin Rolls Royce Meteor 484,7 kW/650 hp yang lebih efesien, meriam utamanya diganti dengan meriam kaliber 20 pdr (setara dengan kaliber 84 mm) Ordnance Quick Firing, dan sistem kontrol senjata. 

Tank Tempur Medium A41 Centurion
militerbanget.blogspot.com

Centurion 3 merupakan tank Inggris pertama yang dapat menembak tepat saat bergerak, karena pemasangan sistem penembakan senjata gyroskopik, sementara keputusan untuk tidak menyimpan amunisi di bawah cincin turet memang meningkatkan tingkat keselamatan saat tank ini mendapat serangan frontal, tetapi membuat kapasitas amunisi yang dibawanya menjadi terbatas. 

Ditengah perjalanan, banyak sekali peningkatan yang dilakukan untuk mendongkrak performa tank ini. 

Tank Tempur Medium A41 Centurion
militerbanget.blogspot.com

Salah satu peningkatan yang penting adalah, penggantian senjata utama, dari yang semula kaliber 84mm diganti dengan kaliber 105mm yang lebih superior dan mematikan. Juga ada peningkatan minor pada lapisan proteksi, sistem track, dan sebagainya.

Tank Centurion tercatat turut berkecimpung dalam beberapa konflik besar, seperti Perang Korea, Perang Vietnam, dan beberapa konflik skala kecil lainnya.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun (Suomi Kenepistooli) KP-31)

Karena reputasi yang bagus, banyak negara lalu mengadopsi tank Centurion untuk memperkuat matra darat, termasuk Israel yang memiliki hampir 1.000 unit tank ini. Menjelang awal abad ke-21, tank yang luar biasa ini masih dioperasikan di banyak negara.

Tank Tempur Medium A41 Centurion
militerbanget.blogspot.com

Tank Centurion memiliki banyak varian, seperti: Armoured Recovery Vehicle (ARV), Beach ARV, Assault Engineer Armoured Vehicle Royal Engineer (AVRE) dan Armoured Vehicle Launched Bridge (AVLB).

Pada tahun 2004, tercatat ada empat negara yang masih mengoperasikan tank Centurion dalam jumlah yang cukup signifikan selain Inggris, walaupun Israel mengkonversi sebagian besar Centurion miliknya untuk tugas diluar tugas tempur antar tank. Yordania memiliki 293 unit (diberi nama Tariq) dan secara perlahan diganti dengan Challenger 1 MBT, Singapura memiliki 12 sampai 63 unit yang ditempatkan di Brunei dan Taiwan, dan Afrika Selatan memiliki 224 unit (diberi kode Olifant). 

Tank Tempur Medium A41 Centurion
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Medium / Medium Tank A41 Centurion 


Asal Negara: Inggris
Mulai bertugas: 1945
Kru: 4 Orang
Bobot: 43.182 kg/43,18 ton (versi awal)

Dimensi  

Panjang: 7,47 m  
Tinggi: (over turret hutch) 3,02 m 
Lebar: 3,4 m

Persenjataan

Senjata utama: 
Meriam kaliber 76mm (rifled gun)
Senjata sekunder: 
1 x kaliber 7.92mm Besa machine gun (koaksial)

Armor: Maksimum 102mm
Mesin:  Meteor V12 petrol 484,7 kW/650 hp

Performa  

Kecepatan maksimum: 35.4 km/jam 
Jarak maksimum: 193 km  

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Medium / Medium Tank - A41 Centurion, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar