Sabtu, 14 Juli 2018

Pistol Mitraliur / Submachine Gun Military Armament Corporation (MAC)-10/Cobray M-11A1


Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Armament Corporation (MAC)-10
Cobray M-11A1
militerbanget.blogspot.com

Ciledug, Tangerang, Banten, Sabtu, 14 Juli 2018

Artikel kali ini akan membahas tentang satu pistol mitraliur/submachine gun, yang karirnya benar-benar “menyedihkan”. Semula digadang-gadang untuk dapat memenuhi keinginan dari Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, terutama dari satuan elitnya yang membutuhkan satu senjata yang berdimensi kompak, namun mematikan. 

Atas dasar itu, rancangan dari pistol mitraliur ini memang menitikberatkan pada dimensi yang ditekan seminim mungkin, namun memiliki kemampuan "membunuh" yang maksimal (senjata ini memiliki kecepatan tembak yang luar biasa, sekitar 1000 tembakan per menit!). Belum lagi, saat itu, dapat dikatakan, para perancang senjata di Amerika Serikat seakan-akan meng”anaktiri”kan posisi pistol mitraliur dan lebih memilih senjata tipe lain.

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Armament Corporation (MAC)-10
Cobray M-11A1
militerbanget.blogspot.com

Lowongnya posisi Pistol Mitraliur/Submachine Gun modern AS pasca M1A1 dan M3 telah mendorong perancang senjata Gordon B. Ingram untuk memikirkan rancangan yang benar-benar baru yang bisa mengisi celah tersebut. Di sisi lain, penyerbuan Pasukan Khusus Amerika (USSF) ke penjara Sontay yang menggunakan XM-177E2 memberi pelajaran pada Amerika Serikat, bahwa untuk operasi tipe reaksi cepat dan perang jarak dekat seperti ini diperlukan sebuah senjata yang lebih mementingkan kesenyapan dibanding dengan jarak jangkau, karena tipikalnya pertempuran dalam jarak dekat. Maka, MAC-10 pun lahir.


Senjatanya sendiri sangat sederhana, dengan mengambil layout Uzi, termasuk memanfaatkan teknologi stamping yang tergolong sangat murah dan juga murah dalam hal produksi. Yang membedakan MAC-10 dengan Uzi adalah; MAC-10 menggunakan amunisi kaliber .45 ACP yang lebih kuat dan mematikan, walaupun kecepatan pelurunya lebih rendah. Dan yang menjadi kelebihan (sekaligus kekurangan) dari pistol mitraliur MAC-10 ini adalah, bolt-nya memiliki bobot yang ringan, sehingga kecepatan tembaknya menjadi sangat tinggi. Maka, jadilah “American Uzi” ini terkenal karena bisa memuntahkan peluru dengan kecepatan yang tidak masuk akal. 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Armament Corporation (MAC)-10
Cobray M-11A1
militerbanget.blogspot.com

Hanya butuh waktu kurang dari dua detik untuk menembakkan seluruh peluru dalam magasen bermuatan penuh. Parahnya, dimensi MAC-10 yang sangat kompak atau kecil tidak memungkinkan untuk ditambahkan pistol grip di bagian depan untuk menstabilkan senjata pada saat penembakan. Sehingga MAC-10 hanya bisa memanfaatkan secarik sling pendek yang terpasang dibawah laras sebagai sarana pegangan tambahan.

Untunglah muncul Michael Werbel III dari perusahaan SIONICS yang membawa teknologi peredam supernya bagi MAC-10. Dengan peredam SIONICS yang berbentuk stepped (gemuk di pangkal sebagai tempat pegangan tambahan, dan kurus di bagian depan), "kebrutalan" MAC-10 bisa dijinakkan dengan profil suara yang nyaris senyap, kecuali suara bolt yang bergerak maju-mundur.


Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Armament Corporation (MAC)-10
Cobray M-11A1
militerbanget.blogspot.com

Sayangnya, MAC-10 tetap tidak memperoleh tanggapan yang signifikan dari pengguna militer, biarpun Werbell telah memasarkannya langsung ke personel Amerika Serikat di Vietnam dan Thailand pada saat perang Vietnam berkecamuk. Akibatnya, MAC terpaksa gulung tikar di akhir 1970-an, walaupun SIONICS sendiri memperoleh kesuksesan dalam bisnis peredam suara dan terus bertahan hingga sekarang.

Paten MAC-10 berpindah ke perusahaan Leinad/Cobray yang membuat versi MAC-10 dalam kaliber .38 (M-11A1) dan 9mm (M-11). Reputasi MAC-10 semakin hancur lebur berantakan ketika pada akhir 1980-an, dua truk militer AS yang mengangkut ratusan MAC-10 berhasil dibajak dan dirampok. Isinya kemudian menyebar ke puluhan kelompok gangster, perampok, dan ekstrem kanan di AS. Satu catatan kecil, unit elite gegana kepolisian tercatat pernah memiliki beberapa pucuk MAC-10. Bahkan pernah dipinjam dan muncul dalam beberapa film aksi Indonesia kelas B-movie era 1990-an, yang banyak memakai bintang film barat kelas kacangan.

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Armament Corporation (MAC)-10
Cobray M-11A1
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi 
Pistol Mitraliur / Submachine Gun Military Armament Corporation (MAC)-10/Cobray M-11A1


Asal negara: Amerika Serikat
Tahun produksi: 1970-an
Kaliber peluru: 9x19mm/ .45 ACP
Sistem operasi: Gas Operated, rotating bolt

Panjang keseluruhan  

548mm (popor terentang) 
380mm (popor terlipat)
Panjang Laras: 180mm

Bobot kosong: 2,84 kg
Vo meninggalkan laras: 275 m/s  
Jarak tembak efektif: 70 m
Rate of fire: 1000 ppm
Kapasitas magasen: 32 peluru

Demikianlah artikel yang berjudul "Pistol Mitraliur / Submachine Gun Military Armament Corporation (MAC)-10/Cobray M-11A1", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Agar dapat saling melengkapi, silahkan baca juga artikel tentang pistol mitraliur ini dengan judul: ""Mini Uzi" dari Amerika. Kompak, Ringan, Ringkas dan "Beringas", tapi Sepi Peminat - Pistol Mitraliur / Submachine Gun MAC-10 (Baian Pertama)".

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

COMMANDO-War Machine series, SUB MACHINE GUN, KECIL RINGKAS DAN MEMATIKAN
Wikipedia
Beberapa sumber lain


Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar