![]() |
Pesawat Pembom-Tempur/Fighter-Bomber De Havilland Venom militerbanget.blogspot.com |
Kemayoran, Jakarta, Rabu, 11 Desember 2019
De Havilland Venom merupakan pengganti Vampire, awalnya dirancang sebagai Vampire FB.8. Pesawat ini dirancang agar dapat mengakomodasi atau menggunakan dapur pacu yang lebih bertenaga, Ghost, sehingga pesawat ini harus diberi kode identifikasi baru, dan diputuskan untuk menggunakan kode identifikasi Venom. Versi produksi pertama, FB.1 diserahkan kepada Royal Air Force (RAF) pada bulan Desember tahun 1951, diikuti dengan versi yang menerapkan sistem keamanan kursi lontar tipe FB.4.
![]() |
Pesawat Pembom-Tempur/Fighter-Bomber De Havilland Venom militerbanget.blogspot.com |
Venom memperkuat 19 skuadron milik RAF termasuk yang berpangkalan di Jerman (Jerman Barat saat itu), India, dan Timur Jauh. Venom yang berpangkalan di Jerman Barat menjadi garda terdepan kekuatan udara NATO menghadapi kekuatan Pakta Warsawa pada saat Perang Dingin berkecamuk.
(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber - Douglas A-20 Boston / Havoc)
![]() |
Pesawat Pembom-Tempur/Fighter-Bomber De Havilland Venom militerbanget.blogspot.com |
Negara Swiss memproduksi FB.50 secara lisensi dan dioperasikan sampai awal tahun 1980-an. Venom produksi Inggris banyak yang diekspor ke Irak dan Venezuela.
![]() |
Pesawat Pembom-Tempur/Fighter-Bomber De Havilland Venom militerbanget.blogspot.com |
Untuk versi penempur malam hari atau penempur segala cuaca dengan dipasang radar dan berawak dua orang kru juga diproduksi, dan diberi kode Venom NF.2 dan mulai berdinas di RAF pada tahun 1953. Karena konfigurasi rancangan ini, NF.2 tidak diperlengkapi dengan kursi lontar, sehingga, jika kondisi darurat terjadi, dan pilot harus bail out (keluar dari pesawat), maka awak pesawat harus membuka kanopi secara manual dan melompat keluar (prosedur seperti ini memang sangat umum untuk pesawat-pesawat tempur generasi Perang Dunia ke II, sangat mengejutkan ketika prosedur ini ternyata masih diterapkan pada pesawat ini!)
![]() |
Pesawat Pembom-Tempur Fighter-Bomber De Havilland Venom militerbanget.blogspot.com |
Untuk versi lanjutan, yaitu NF.3, radar yang digunakan adalah radar produk Amerika Serikat, tetapi, yang paling signifikan pada seri ini adalah, kanopi dapat dilepas dengan mudah atau otomatis. Perubahan ini tentu disambut dengan gembira oleh para awak yang harus mengoperasikan pesawat ini. Fitur tersebut akan mempermudah pilot pada saat harus keluar dari pesawat ini dalam keadaan darurat.
(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Senapan Runduk Berat / Heavy Sniper Rifle - RAI Model M500)
![]() |
Pesawat Pembom-Tempur/Fighter-Bomber De Havilland Venom militerbanget.blogspot.com |
De Havilland Sea Venom FAW Mk. 20 memperkuat Royal Navy sebagai pesawat tempur segala cuaca dan telah dilengkapi dengan radar yang terbilang modern untuk ukuran saat itu. Pesawat ini diposisikan untuk mendampingi pesawat tempur berdapur pacu mesin piston Sea Hornet sebelum munculnya pesawat tempur jet yang lebih canggih, Sea Vixen. Versi peningkatan selanjutnya menghasilkan FAW Mk 21 dan 22. Sea Venom juga dioperasikan oleh Angkatan Laut Australia dan SNCASE asal Prancis membuat Sea Venom dengan versinya sendiri, termasuk versi kursi tunggalnya untuk Angkatan Laut Prancis bernama Aquilon.
Salah satu catatan tempur untuk pesawat Sea Venom ini adalah, ketika Sea Venom milik Royal Navy berkolaborasi dengan Venom milik Royal Air Force saling bahu membahu dalam pertempuran saat krisis terusan Suez pada tahun 1956.

Pesawat Pembom-Tempur
Fighter-Bomber
De Havilland Venom
militerbanget.blogspot.com
Spesifikasi Pesawat Pembom-Tempur / Fighter-Bomber - De Havilland Venom (Versi Purwarupa)

Fighter-Bomber
De Havilland Venom
militerbanget.blogspot.com
Terbang Perdana: 2 September 1949
Kru: 1 Orang
Bobot: 3.995 kg (Kosong), MTOW: 6.950 kg
Dimensi
Panjang Pesawat: 10,06 m
Bentangan sayap: 12,70 m
Tinggi: 2.03 m
Wing Area: 25.99 m2
Persenjataan
Fix: 4 x Meriam caliber 20mm
2 x 1 roket udara ke udara (Firestreak)
908 kg bom konvensional atau 8 roket proyektil 27kg
Mesin: De Havilland 2.406kg thrust Ghost 105 turbojet
Performa
Kecepatan maksimum: 961 km/jam
Ketinggian maksimum: 14.640 m
Kecepatan menanjak: 36.7 m/menit
Jarak jelajah maksimum: 1.730 km
Sumber lain:
Versi Wikipedia
Spesifikasi Pesawat Pembom-Tempur / Fighter-Bomber (Venom FB 1)
Karakteristik umum
![]() |
Pesawat Pembom-Tempur/Fighter-Bomber De Havilland Venom militerbanget.blogspot.com |
Awak: 1 Orang
Panjang: 31 kaki 10 in (9,70 m)
Bentang sayap: 41 ft 8 in (12,70 m)
Tinggi: 6 kaki 2 inci (1,88 m)
Area sayap: 279 kaki 2 (25,9 m 2 )
Berat kosong: 9,202 lb (4,173 kg)
Bobot lepas landas maksimum: 15.400 lb (7.000 kg)
Mesin: 1 × de Havilland Ghost 103 turbojet , 4.850 lbf (21,6 kN)
Performa
Kecepatan maksimum: 640 mph (556 kn, 1.030 km / jam)Jarak jelajah maksimum: 1.080 mi (934 nmi, 1.730 km)
Ketinggian operasional: 39.400 kaki (12.000 m)
Kecepatan menanjak: 9.000 kaki / menit (45,7 m / s)
Beban sayap: 56,17 lb/ft2 (274,2 kg/m2 )
Rasio Dorongan / berat: 0,41
Persenjataan
Senjata: 4 × Meriam kaliber 20mm (.79 in) Hispano Mk.V , dengan total 600 peluru (150 rpm).Roket: roket 8 × RP-3 "60 lb" (27 kg), atau;
Bom: Bom MC 2 × 1.000 lb
Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu
Sumber:
PEMBOM, Ensiklopedi DuniaFrancis Crosby (Imperial War Museum Duxford)
Wikipedia
Beberapa sumber lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar