Jumat, 01 Februari 2019

Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - T-64


Tank Tempur Utama T-64
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at, 1 Februari 2019

Artikel kali ini akan membahas tentang satu jenis Main Battle Tank racikan Uni Soviet yang mungkin jarang diketahui oleh umum. Nama MBT ini adalah T-64, dan memang hanya digunakan dalam lingkar terbatas saja. Sangat ditakuti pada jamannya, bukan karena kemampuan tempur, performa, atau kelebihannya, namun karena samarnya informasi yang bisa digali tentang MBT T-64 ini. 

Tank Tempur Utama T-64
militerbanget.blogspot.com

Bahkan pihak intelijen dari negara-negara Blok NATO juga kesulitan menggali informasi tentang T-64 ini. Faktor lain yang mengakibatkan sulitnya menggali informasi tentang T-64 adalah, T-64 tidak pernah diekspor, dan hanya untuk penggunaan terbatas saja. 

Tank Tempur Utama / Main Battle Tank T-64 adalah tank tempur yang bisa dikatakan super “eksklusif”. T-64 ini hanya dioperasikan oleh RFAS (Russian Federation and Associate States). MBT T-64 ini tidak pernah diekspor karena banyak sekali fitur canggih yang ditanamkan dalam tank ini. Perbedaan antara pendahulunya adalah, T-64 memiliki sistem kontrol/kendali manuver dan juga suspensi yang jauh lebih baik, sehingga performa tank ini jauh lebih superior dibandingkan dengan versi sebelumnya.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Transport Berat Jet / Heavy Transport Antonov AN-225 Mriya)

Tank Tempur Utama T-64
militerbanget.blogspot.com

MBT T-64 memiliki bobot tempur sekitar 41 ton, memiliki dapur pacu mesin diesel 5 silinder opposed piston dengan pendingin cairan 5DTF. Mesin ini sanggup menggeber tank ini sampai pada kecepatan tertinggi 75 km/jam dan jarak tempuh maksimum 400 kilometer.

Untuk turetnya, ditempatkan hampir tepat di tengah badan, dengan bentuk profil turet yang sangat khas Uni Soviet, yaitu berbentuk jamur. Memiliki dua kupola dan pada turet ini dipasang persenjataan utama berupa meriam smoothbore 2A26 Rapira 3 kaliber 125mm. Sistem penyimpanan amunisinya berbentuk vertikal dan menerapkan sistem automatik loader, sehingga MBT T-64 merupakan tank milik Uni Soviet pertama yang dioperasikan oleh tiga orang awak. 

Untuk senjata sekundernya, ada senapan mesin kaliber 7,62mm dan satu senapan mesin berat kaliber 12,7mm yang dapat juga difungsikan sebagai senjata penangkis serangan udara ringan. Untuk fitur lain yang terbilang modern adalah lampu sorot inframerah yang ditempatkan di sisi kiri meriam.

Tank Tempur Utama T-64
militerbanget.blogspot.com

Peningkatan lainnya meliputi proteksi baru pada tank yang memungkinkan tank ini menjadi lebih kebal terhadap hantaman dari amunisi tipe HEAT (High Explosive Anti Tank). Proteksi baru ini terdiri dari body yang tersusun dari baja konvensional yang disisipkan material keramik di bagian tengahnya, yang disebut dengan istilah laminate. 

Improvisasi lainnya berupa panel gilltype yang mencuat keluar untuk meledakkan proyektil saat mengenai permukaan tank. Setelah model lain diperkenalkan, dipasang pula add on armour meliputi ERA (Explosiver Reactive Armour), passive Armour, dan applique Armour. 

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - TYPE 61)

Peningkatan lainnya yaitu perbaikan pada sistem gun stabilization, pengendali penembakan, proteksi yang lebih baik terhadap ancaman NBC (Nuclear, Biological and Chemical), sistem komunikasi yang lebi modern, serta sistem keamanan. Varian dari MBT T-64 ini meliputi ARV (Armoured Recovery Vehicle) dan Kobra missile carrier.

Menurut sebuah catatan resmi, ada sekitar 8.000 unit MBT T-64 yang diproduksi, dan pengguna terbesar setelah Rusia adalah Ukraina. Ukraina mengoperasikan sekitar 2.200 unit MBT T-64 dari berbagai varian.

Tank Tempur Utama T-64
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Utama / Main Battle Tank T-64


Asal Negara: Rusia/Uni Soviet
Mulai bertugas: 1972
Kru: 3 Orang
Bobot: 42.000 kg/42,0 ton (versi akhir)

Dimensi  

Panjang: 7,4 m  
Tinggi: (over turret hutch) 2,20 m 
Lebar: 3,46 m

Persenjataan  

Senjata utama: 
Kaliber 125mm Smoothbore Rapira 3 gun
Senjata sekunder: 
1 x Kaliber 7.62mm machine gun (koaksial)
1 x Kaliber 12.7mm machine gun

Armor: Maksimum 200mm
Mesin:  5DTF 5 Cylinder diesel, 559,3 kW/750 hp 

Performa  

Kecepatan maksimum: 75 km/jam 
Jarak jelajah maksimum: 400 km

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - T-64, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino

Tidak ada komentar:

Posting Komentar