Kamis, 14 Februari 2019

Tank Tempur Ringan / Light Tank LK I (Leichte Kampfwagen I)



Kemayoran, Jakarta, Kamis, 14 Februari 2019

Kembali pada artikel yang membahas secara singkat tentang alut sista militer, kali ini yang akan kita bahas adalah alut sista dari jenis tank tempur ringan racikan dari Jerman. Memang, pada era itu, Jerman dapat dikatakan sangat "tertinggal" dalam hal teknologi, taktik, dan juga strategi dari penggunaan kendaraan tempur lapis baja. 


Tank tempur ringan yang “Tempo Doeloe” milik Jerman ini diberi nama LK I (Leichte Kampfwagen I) dirancang pada pertengahan tahun 1918 oleh Joseph Vollmer yang juga ikut membangun Tank Tempur Berat/Heavy Tank A7V Sturmpanzerwagen (lihat artikel dalam blog ini tentang tank A7V). Joseph Vollmer mengusulkan satu jenis tank ringan yang praktis, sederhana, efesien, mudah dan murah untuk diproduksi dan juga berbiaya rendah untuk perawatan.


Tank LK I ini tadinya direncanakan sebagai tank pendamping bagi tank utama yang besar dan berat dan juga mahal. Tujuannya adalah untuk menghadapi dan mengeliminir serangan jarak dekat yang dilakukan oleh pasukan infantri lawan, sehingga tank tempur utama yang lebih besar dan lebih berat (dan juga bersenjata lebih besar) bisa lebih fokus dalam menghadapi tank lawan.


Ironisnya, tank LK I hanya sampai pada tahap purwarupa pada saat gencatan senjata ditandatangani. Menggunakan chasis mobil Daimler dan komponen mobil lainnya (seperti roda gigi tank yang menggunakan roda gigi mobil), ditambah lagi dengan  dimensi tank ini yang juga berukuran hampir sama dengan mobil.

Secara umum, tank ini memiliki bobot tempur sekitar 7 ton, diawaki oleh tiga orang kru, dan memiliki persenjataan utama satu senapan mesin kaliber 7.92mm



Spesifikasi Tank Tempur Ringan / Light Tank LK I (Leichte Kampfwagen I)

Asal Negara: Jerman
Mulai bertugas: 1918 (hanya purwarupa saja)
Kru: 3 Orang
Bobot: 7.000 kg/7.00 ton

Dimensi  
Panjang: 5,49 m  
Tinggi: (over turret hutch) 2,48 m 
Lebar: 2,00 m

Persenjataan: 
1 x 7.92mm machine gun

Armor: Maksimum 8mm
Mesin:  4 cylinder petrol, generating 44.7 kW/60 bhp 

Performa  
Kecepatan maksimum: 13 km/jam 
Jarak tempuh maksimum: 64 kilometer  

Sumber : ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com

www.annesspublishing.com



-----------------------------------------
tag: Close Support Vehicle, Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, Heer , Helicopter, Helicopter Angkut/Serang, Helicopter, tempur/serang, Helikopter, Helikopter Anti Kapal Selam, Helikopter multi peran, Helikopter Serang-Tempur, Kapal Cepat, Kendaraan Intai/Tempur Ringan, Kendaraan Serba Guna, Kendaraan Taktis Lapis Baja, Kriegsmarine, Luftwaffe, MiG, Pesawat Angkut Berat Jet, Pesawat Angkut Propeller, Pesawat Anti Kapal Selam, Pesawat Anti Tank Propeller, Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, Pesawat pembom berat Jet, Pesawat Pembom Medium-Propeller, Pesawat Pembom Propeller, Pesawat Pembom Ringan Jet, Pesawat Pembom Strategis, Pesawat Pembom Tukik Propeller, Pesawat Pembom/Tempur Jet, Pesawat serang jet, Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), Pesawat Tempur Jet, Pesawat Tempur Malam, Pesawat Tempur Propeller, Pistol Mitraliur/Submachine Gun, Senapan Serbu Otomatis, Senapan Serbu Semi Otomatis, Tank, Tank Amfibi, Tank Destroyer, Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, Tank Tempur Berat/Heavy Tank, Tank Tempur Medium/Medium Tank, Tank Tempur Ringan/Light Tank, Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, senjata, senapan serbu, amunisi, peluru, sniper, pesawat, pesawat tempur, helikopter tempur, perang, lapis baja, pembom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar