Senin, 06 Januari 2020

Helikopter Transport-Multi Peran / Transport-Utility Helicopter - Kaman H-43B Huskie


Helikopter Transport-Multi Peran / Transport-Utility Helicopter - Kaman H-43B Huskie
Helikopter Transport Multiperan
Kaman H-43B Huskie
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 6 Januari 2019

Artikel kali ini akan bertutur tentang satu jenis helikopter, yang punya konfigurasi rotor unik buatan dari Amerika Serikat. Walaupun secara bentuk helikopter ini tidak terlalu “mengesankan”, namun, helikopter ini memiliki segudang kelebihan, dan menjadi salah satu andalan helikopter transport pada jamannya.

Helikopter Kaman pertama, K-125A diterbangkan untuk pertama kalinya pada tahun 1947.  Helikopter ini mengusung konfigurasi rotor servo tutup berhubungan yang bisa dikendalikan. Dengan dua rotor, yang dipasang pada dua poros yang terpisah dan diposisikan keluar. Kedua rotor ini dirancang untuk berhubungan saat berputar ke arah yang berlawanan, sistem ini dikenal dengan rotor intermeshing.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - OF-40)

Rancangan yang inovatif ini akan terus bergerak secara beriringan dan simultan, sehingga meniadakan gaya putar balik, yang efeknya adalah menghilangkan kebutuhan akan rotor ekor anti torque. Hasilnya adalah design yang sangat stabil, dimensi yang lebih kecil, dengan penyederhanaan mesin penggerak.

Helikopter Transport-Multi Peran / Transport-Utility Helicopter - Kaman H-43B Huskie
Helikopter Transport Multiperan
Kaman H-43B Huskie
militerbanget.blogspot.com

Rancangan helikopter K-125A ini lalu dilanjutkan dan disempurnakan menjadi K-190, yang diuji terbang satu tahun kemudian. Tidak berhenti hanya disitu, K-190 ini masih terus dikembangkan sehingga menjadi K-225. Model inilah yang menarik perhatian US Navy yang kemudian meminta pengiriman 2 unit model ini pada tahun 1950. Setelah melewati beberapa tahap evaluasi, US Navy kemudian mengadopsi 29 unit untuk dijadikan helikopter latih dan diberi kode registrasi HTK-1. 

Pada tahun 1962, tipe ini lalu diberi registrasi baru menjadi T-43E dibawah wewenang JDS department pertahanan.

Helikopter Transport-Multi Peran / Transport-Utility Helicopter - Kaman H-43B Huskie
Helikopter Transport Multiperan
Kaman H-43B Huskie
militerbanget.blogspot.com

Ketika produksi dari T-43E ini sedang berlangsung, Kaman mengembangkan tipe lanjutnya, yaitu K-600 yang memiliki dimensi yang lebih besar, dan tipe ini lalu diadopsi oleh US Marine Corps dan US Navy dan diberi nama HOK-1 dan HUK-1 (untuk helikopter pendukung kapal). Pada tahun 1962, kedua tipe helikopter tersebut diubah Namanya menjadi UH-43C dan OH-43D. helikopter dengan bentuk yang khas serta konfigurasi yang unik ini memiliki ekor boom mounted yang dilengkapi dengan tiga sirip vertikal untuk membantu pengendalian helikopter.

Angkatan udara AS juga memesan H-43A (nantinya kode ini berubah menjadi NN-43A) dan diberi nama “Huskie”. Pengiriman ke USAF dimulai pada bulan November 1958. H-43A dilengkapi dengan empat buah sirip vertikal untuk menambah dan meningkatkan sistem kendali helikopter. 

Helikopter Transport-Multi Peran / Transport-Utility Helicopter - Kaman H-43B Huskie
Helikopter Transport Multiperan
Kaman H-43B Huskie
militerbanget.blogspot.com

Pada tahun 1951, Kaman mencoba untuk menggunakan mesin Boeing kevil YT-50 dengan mesin turbin tenaga gas dalam salah satu pengembangan helikopter K-225. Langkah tersebut menjadikan K-225 sebagai helikopter bertenaga mesin turbin gas pertama. Berbekal pengalaman ini, Kaman mulai menguji coba dengan memasang mesih turboshaft pada rangka HOK-1. Model tersebut lalu diuji coba dan pada saat uji coba terbang tersebut didapatkan hasil yang signifikan dalam hal performa. 

Berbasis pada hasil uji coba tersebut, model H-43B (nantinya diberi kode HH43-B) lalu dikembangkan dan terbang pertama kali pada tanggal 13 Desember 1958.

Helikopter Transport-Multi Peran / Transport-Utility Helicopter - Kaman H-43B Huskie
Helikopter Transport Multiperan
Kaman H-43B Huskie
militerbanget.blogspot.com

Ditenagai dengan mesin Avro Lycoming T54-L01B turboshaft yang dipasang di atas rangka, model B memiliki dimensi yang lebih besar dan memiliki kemampuan mengangkut 8 orang penumpang. Karena peningkatan performa yang signifikan, helikopter ini banyak digunakan untuk tugas-tugas SAR.

Total ada 193 unit yang diproduksi untuk USAF dan ini membuat varian H43-B ini menjadi varian yang paling banyak diproduksi jika dibandingkan varian lain. USAF menggunakan helikopter tipe ini untuk berbagai tugas, seperti helikopter untuk pemadam kebakaran dan kecelakaan pesawat di landas pacu. Untuk peran tersebut, helikopter ini mampu membawa 309 liter foam. Untuk tugas ini, kru yang menerbangkan helikopter ini menggunakan baju pemadam beserta perlengkapannya.

Helikopter Transport-Multi Peran / Transport-Utility Helicopter - Kaman H-43B Huskie
Helikopter Transport Multiperan
Kaman H-43B Huskie
militerbanget.blogspot.com

Helikopter ini juga dapat dilengkapi dengan katrol yang memiliki kemampuan mengangkat beban seberat 272 kg. Dalam keadaan darurat kru dapat menyalakan helikopter ini dan menerbangkannya hanya dalam waktu 60 detik. Kemampuan tersebut menjadikan helikopter ini sebagai sarana yang ideal untuk misi penyelamatan yang menuntut reaksi yang cepat.

H-43 juga diekspor ke beberapa negara dibawah kendali Military Assistance Program (MAP) dari Amerika Serikat. Beberapa negara yang tercatat mengoperasikan helikopter ini adalah Pakistan, Colombia, Maroko dan Thailand.

H-43 F merupakan varian terakhir dari helikopter tipe ini. Varian ini dilengkapi dengan mesin yang lebih kuat  dan juga dimensi yang lebih besar sehingga mampu mengangkut 11 orang penumpang. Sekitar 40 unit tipe ini digunakan oleh USAF. Tipe ini juga dioperasikan oleh Iran, dan tercatat ada sekitar 17 unit dari tipe ini yang beroperasi aktif di militer Iran. Khusus untuk penggunaan di Iran, helicopter ini telah dimodifikasi sehingga mampu beroperasi di iklim yang panas.

Helikopter Transport-Multi Peran / Transport-Utility Helicopter - Kaman H-43B Huskie
Helikopter Transport Multiperan
Kaman H-43B Huskie
militerbanget.blogspot.com

H-43F juga digunakan untuk misi SAR di Vietnam (pada saat Perang Vietnam berkecamuk), terutama untuk mencari kru kapal patroli sungai. Helikopter ini sangat sesuai untuk beroperasi di daerah berhutan, karena tingkat kestabilannya yang tinggi serta kemudahan pengendalian. Helikopter ini juga digunakan sebagai sarana pembawa logistik bagi kapal patrol sungai milik Amerika Serikat (gunboat US Navy) pada gunboat tersebut melakukan patrol di sungai Mekong.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Strategis / Strategic Bomber - Tupolev Tu-22 & Tu-22M)

Helikopter Transport-Multi Peran / Transport-Utility Helicopter - Kaman H-43B Huskie
Helikopter Transport Multiperan
Kaman H-43B Huskie
militerbanget.blogspot.com

Walaupun resiko dari tugas tersebut sangat tinggi. Pada saat misi tersebut, helikopter ini sangat rentan terhadap tembakan dari darat oleh Vietcong. Untuk meningkatkan proteksi, sebuah senapan mesin (biasanya dari kaliber 7.62mm) dipasang pada pintu untuk menetralisir ancaman dari darat.

Secara umum, helikopter ini banyak digunakan untuk misi penyelamatan di front Vietnam ketimbang helicopter jenis lain. Pada awal 1970-an, helikopter ini secara perlahan ditarik dari tugas tersebut dan posisinya digantikan oleh helikopter yang lebih modern.

Helikopter Transport-Multi Peran / Transport-Utility Helicopter - Kaman H-43B Huskie
Helikopter Transport Multiperan
Kaman H-43B Huskie
militerbanget.blogspot.com

Varian


K-240

penunjukan perusahaan dari HTK-1 / TH-43E

XHTK-1

Dua pesawat konfigurasi dua kursi untuk evaluasi

HTK-1

Versi produksi tiga kursi untuk Angkatan Laut Amerika Serikat, kemudian menjadi TH-43E, diproduksi sebanyak 29 unit

XHTK-1G

Satu unit contoh untuk evaluasi oleh Penjaga Pantai Amerika Serikat

HTK-1K

Salah satu contoh untuk tes statis sebagai drone

XHOK-1

Purwarupa versi Korps Marinir Amerika Serikat, dua dibangun

HOK-1

Versi Korps Marinir Amerika Serikat ditenagai oleh mesin piston radial Bee 600 hp R-1340-48; kemudian menjadi OH-43D, diproduksi sebanyak 81 unit

HUK-1

Angkatan Laut Amerika Serikat versi HOK-1 dengan mesin piston radial R-1340-52; kemudian menjadi UH-43C, diproduksi sebanyak 24 unit

H-43A

Versi USAF dari HOK-1; kemudian menjadi HH-43A, diproduksi sebanyak 18 unit

HH-43A

penunjukan H-43A pasca-1962

H-43B


H-43A 

ditenagai oleh mesin turboshaft Lycoming T-53 -L-1B 860 shp , tiga kursi dan peralatan penyelamatan penuh; kemudian menjadi HH-43B, diproduksi sebanyak  200 unit

HH-43B

penunjukan H-43B pasca-1962

UH-43C

penunjukan HUK-1 pasca-1962

OH-43D

penunjukan HOK-1 pasca-1962

TH-43E

penunjukan HTK-1 pasca-1962

HH-43F


HH-43B 

ditenagai oleh mesin turboshaft 825 shp T-53-L-11A dengan rotor diameter yang diperkecil, diproduksi sebanyak 42 unit dan konversi dari HH-43B

QH-43G

Satu OH-43D dikonversi menjadi konfigurasi drone 

Helikopter Transport-Multi Peran / Transport-Utility Helicopter - Kaman H-43B Huskie
Helikopter Transport Multiperan
Kaman H-43B Huskie
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Helikopter Transport-Multi Peran/Transport-Utility Helicopter - Kaman H-43B Huskie


Terbang Perdana: 27 September 1956
Kru: 2 orang (pilot, kopilot)
Bobot: 2.027 kg (Kosong), MTOW : 3.932 kg

Dimensi 

Diameter rotor: 14,43m 
Panjang: 7,67 m
Tinggi: 3,85 m
Persenjataan: -
Mesin: 1 X Lycoming 825 T53-L-21B turboshaft

Performa  

Kecepatan maksimum: 193 km/jam
Ketinggian maksimum: 7.625 m (Operasional)
Jarak jelajah maksimum: 378 km

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “HELIKOPTER MILITER” – FRANCIS CROSSBY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com
Wikipedia
Beberapa sumber lain

Jumat, 03 Januari 2020

Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja / Armored Personnel Carrier - Bulat


Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja
Armored Personnel Carrier - Bulat
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at, 3 Januari 2020

SBA-60K2 Bulat Armored Personnel Carrier (APC) adalah APC ringan yang dikembangkan oleh pabrikan KamAZ dan Zaschita corporation sebagai perusahaan swasta. Pengembangan kendaraan ini dimulai pada tahun 2010 dan selesai pada tahun 2013. APC ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari APC KamAZ-43269 Vystrel (BPM-97), tetapi dengan konfigurasi roda penggerak 6x6 yang lebih bisa diandalkan. 

Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja
Armored Personnel Carrier - Bulat
militerbanget.blogspot.com

Tujuan utama perancangan dari APC Bulat adalah untuk menyediakan APC versi dasar dengan harga yang relatif murah. Bulat adalah alternative alut sista yang ekonomis alih-alih membeli APC yang jauh lebih canggih dan mahal. APC ini ditawarkan untuk Angkatan Darat Rusia dan Kementerian Dalam Negeri, serta pelanggan ekspor.

Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja
Armored Personnel Carrier - Bulat
militerbanget.blogspot.com

APC sebelumnya, KamAZ-42369 Vystrel dengan konfigurasi roda penggerak 4x4, mendapat banyak kritik buruk karena sejumlah kekurangan dan kualitas kendaraan yang dianggap rendah. Meskipun demikian, KamAZ terus mengembangkan jajaran kendaraan lapis baja dasar dan hemat biaya ini.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Euro Hawk)

Meskipun KamAZ secara bersamaan juga mengembangkan kendaraan lapis baja yang jauh lebih canggih, seperti Taifun.

APC Bulat dirancang berbasis pada truk multiguna KamAZ-5350 6x6, yang dilengkapi dengan body berlapis baja. Perlu dicatat bahwa KamAZ-5350 adalah salah satu truk 6x6 yang paling banyak dalam diadopsi oleh Angkatan Darat Rusia. 

Bulat menggunakan sejumlah komponen otomotif yang tersedia secara komersial. Secara umum, APC ini adalah kendaraan sederhana dalam sisi desain dan teknologi. Ini adalah kendaraan lapis baja multi guna, yang sesuai untuk misi transportasi pasukan, patroli dan pengawalan skala ringan. Dapat juga digunakan sebagai pembawa peralatan khusus.

Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja
Armored Personnel Carrier - Bulat
militerbanget.blogspot.com

Setiap panel body APC ini dibuat bersudut untuk membelokkan hantaman peluru dan serpihan proyektil artileri. Lapisan baja pada kendaraan ini juga memberikan perlindungan dari tembakan senjata ringan dan serpihan artileri. Spall liner diusulkan sebagai opsi. Kendaraan memiliki lambung berbentuk V untuk meningkatkan perlindungan terhadap ranjau darat dan ledakan IED. Namun lapisan di bagian bawah lambung itu hanya mampu menahan ledakan ranjau yang setara dengan 1 kg TNT. Personel yang diangkut duduk di kursi yang juga memiliki spesifikasi tahan ranjau.

APC ini dapat dipersenjatai dengan senapan mesin kaliber 7,62mm atau kaliber 12,7mm yang dikendalikan melalui remote control.

Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja
Armored Personnel Carrier - Bulat
militerbanget.blogspot.com

Bulat memiliki dua awak dan mampu menampung hingga 8 personel dengan perlengkapan penuh. Akses untuk personel keluar dari kendaraan ini melalui pintu di samping, atau pintu belakang. Juga ada atap palka sebagai akses keluar darurat. Beberapa port atau celah penembakan disediakan untuk pasukan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - OF-40)

Dapur pacu kendaraan lapis baja ini menggunakan mesin diesel turbocharged KamAZ-740.31-240, yang mampu menghasilkan daya sebesar 240 hp. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual 10-percepatan. Walaupun APC ini memiliki konfigurasi 6x6, namun, karena mengandalkan roda sebagai penggeraknya, kemampuan dalam lintas medan off road cenderung terbatas dan tidak akan mampu menyamai performa APC yang menggunakan penggerak rantai (track). Kendaraan ini dilengkapi dengan sistem inflasi ban sentral dan winch (katrol) untuk alat bantu pemulihan sendiri.

Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja
Armored Personnel Carrier - Bulat
militerbanget.blogspot.com

Varian


Listva kendaraan khusus untuk pembersihan ranjau. 

Varian ini dilengkapi dengan instrument detektor ranjau dan peralatan untuk pembuangan. Varian ini dapat membuang ranjau yang ditemukan, IED dan bahaya peledak lainnya. Kendaraan ini dimaksudkan untuk membersihkan jalur untuk kendaraan pengangkut rudal balistik antar benua Rusia "Topol", "Topol-M" dan "Yars road". Varian ini mulai diadopsi oleh Pasukan Rudal Strategis Rusia pada tahun 2014.

Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja
Armored Personnel Carrier - Bulat
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja / Armored Personnel Carrier - Bulat


Asal Negara: Rusia
Operasional aktif: -
Awak: 2 orang
Kapasitas angkut personel: 8 personel

Dimensi dan berat

Berat (maksimum): 12,8 ton
Panjang: 8 m
Lebar: 2,5 m
Tinggi: 2,6 m

Persenjataan

1 x Senapan mesin kaliber 7,62mm atau 
1x Senapan mesin kaliber 12,7mm

Mobilitas

Mesin: KamAZ-740.31-240 diesel
Daya mesin: 240 hp
Kecepatan maksimum (jalan aspal): 90 km/jam
Jarak jelajah maksimum: 800 km

Kemampuan manuver

Tanjakan maksimum: 60 derajat
Kemiringan samping: 40 derajat
Halangan vertical: hingga 0,6 m
Halangan parit: 0,6 m
Genangan air maksimum:  1,75 m

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

Military-today
Wikipedia
Beberapa sumber lain

Pesawat Tempur / Fighter Aircraft - Mikoyan-Gurevich MiG-19


Pesawat Tempur (Fighter Aircraft) Mikoyan-Gurevich MiG-19
Pesawat Tempur/Fighter Aircraft
MiG-19 "Farmer"
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at, 3 Januari 2020

Kalau kita bicara tentang pesawat tempur racikan Uni Soviet, pasti yang akan langsung terlintas dalam pikiran kita adalah MiG dan Sukhoi. Dan kalau boleh jujur, MiG lebih dahulu dikenal oleh militer dan juga rakyat Indonesia, karena memang MiG pernah menjadi tulang punggung dari TNI AU (Angkatan Udara Republik Indonesia – AURI). Nah, dari sederetan pesawat tempur handal produksi MiG, ada satu pesawat tempur yang namanya seakan tenggelam, alias jarang sekali terungkap ke pembicaraan.

Pesawat Tempur (Fighter Aircraft) Mikoyan-Gurevich MiG-19
Pesawat Tempur/Fighter Aircraft
MiG-19 "Farmer"
militerbanget.blogspot.com

Ingatan tentang MiG biasanya akan mengarah pada nama-nama besar. Ada MiG-15 "Fagot" yang menjadi lawan seimbang bagi pesawat tempur F-86 Sabre Amerika untuk menguasai langit di atas Korea. Selain itu ada MiG-21 "Fishbed", yang meski sudah tua tetapi masih banyak yang operasional aktif hingga saat ini (walaupun sering mengalami kecelakaan karena faktor umur dan juga kurangnya perawatan).  Sebelum itu juga ada MiG-17 yang pernah menjadi andalan angkatan udara di banyak negara (termasuk Indonesia salah satunya).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helikopter Transport & Multiperan / Transport & Utility Helicopter Mil Mi-4)

Pesawat Tempur (Fighter Aircraft) Mikoyan-Gurevich MiG-19
Pesawat Tempur/Fighter Aircraft
MiG-19 "Farmer"
militerbanget.blogspot.com

Untuk "terbitan" yang lebih modern, ada MiG-29 Fulcrum. Sebuah jet tempur garis depan yang diproduksi sebagai rival dari pesawat tempur F-16 racikan Amerika Serikat. Dan jet tempur ini juga telah diadopsi di berbagai negara.

Tetapi, ada  satu pesawat MiG yang jarang diingat, yakni MiG-19 Farmer. Meski relatif tidak banyak diketahui, pesawat ini sempat menjadi tulang punggung Angkatan Udara Cina.

Pesawat Tempur (Fighter Aircraft) Mikoyan-Gurevich MiG-19
Pesawat Tempur/Fighter Aircraft
MiG-19 "Farmer"
militerbanget.blogspot.com

Cerita Singkat Tentang MiG-19 Farmer


Seperti aturan yang ditetapkan di Uni Soviet dan diteruskan oleh Rusia, jet tempur memang selalu menggunakan kode berupa angka-angka ganjil.  Demikian juga MiG-19.

Dalam catatan MilitaryFactory.com, MiG-19 yang diproduksi oleh Uni Soviet, pada awalnya hanya dirancang untuk mengisi celah yang ditinggalkan oleh MiG-17 Fresco sampai pesawat tempur MiG-21 siap direalisasikan. Cina kemudian mendapat lisensi produksi sebelum konflik Sino-Soviet dan mulai memproduksi sendiri salinan pesawat tersebut yang mereka beri kode alias nama J-6. Walaupun dinamai berbeda, NATO tetap menyebut pesawat ini sebagai Farmer.

Pesawat Tempur (Fighter Aircraft) Mikoyan-Gurevich MiG-19
Pesawat Tempur/Fighter Aircraft
MiG-19 "Farmer"
militerbanget.blogspot.com

MiG-19 memiliki kecepatan tertinggi sekitar 902 mil per jam (sekitar 1.450 km/jam) dan jarak jelajah maksimum di angka 1.367 mil (2.200 kilometer). Menurut catatan di berbagai sumber, pesawat ini turut terlibat pada pertempuran di Asia Tenggara dan Timur Tengah. Dalam satu momen terkenal, MiG-19 bahkan mampu menembak jatuh F-4 Phantom Angkatan Udara Amerika Serikat yang mencoba menembak jatuh MiG-21.

Meski beberapa versi pesawat ini dapat dipersenjatai dengan rudal, sebagian besar MiG-19 masih mengandalkan persenjataan utama berupa tiga pucuk meriam kaliber 30mm untuk pertempuran udara ke udara.

Pesawat Tempur (Fighter Aircraft) Mikoyan-Gurevich MiG-19
Pesawat Tempur/Fighter Aircraft
MiG-19 "Farmer"
militerbanget.blogspot.com

Uni Soviet memproduksi lebih dari 2.700 unit MiG-19 dan banyak yang kemudian dikirimkan ke sekutu di Timur Tengah. Sedangkan Cina memproduksi lebih dari 3.000 unit J-6 Farmer. Beberapa pesawat ini lalu dikirimkan ke Vietnam Utara dan bertempur bersama jet tempur buatan Uni Soviet lainnya, seperti MiG-17 dan MiG-21.

Pesawat Tempur (Fighter Aircraft) Mikoyan-Gurevich MiG-19
Pesawat Tempur/Fighter Aircraft
MiG-19 "Farmer"
militerbanget.blogspot.com

MiG-19 (bahasa Rusia: Микоян и Гуревич МиГ-19) (kode NATO "Farmer") adalah pesawat tempur jet supersonik generasi kedua, berkursi tunggal, ditenagai dengan dua mesin jet dan merupakan pesawat pertama Uni Soviet yang mampu terbang dengan kecepatan supersonik. Pesawat ini pertama terbang pada tahun 1953. Pesawat ini dapat disejajarkan dengan F-100 Super Sabre meskipun MiG-19 terutama digunakan untuk melawan pesawat McDonnell Douglas F-4 Phantom II dan F-105 Thunderchief  yang lebih modern di Vietnam Utara. 

Pesawat Tempur (Fighter Aircraft) Mikoyan-Gurevich MiG-19
Pesawat Tempur/Fighter Aircraft
MiG-19 "Farmer"
militerbanget.blogspot.com

Tercatat Indonesia dulu pernah memiliki pesawat jenis ini yang pada akhirnya disumbangkan kepada Pakistan yang digunakan untuk menghadapi India dalam Perang India Pakistan bersama bantuan sebuah kapal selam kelas Whiskey lengkap dengan awak kapal selam TNI-AL. Purwarupa MiG-19, I-350, pertama kali terbang pada bulan September 1953. 

Pesawat Tempur (Fighter Aircraft) Mikoyan-Gurevich MiG-19
Pesawat Tempur/Fighter Aircraft
MiG-19 "Farmer"
militerbanget.blogspot.com

Produksi awal versi pesawat tempur siangnya mulai beroperasi untuk AU Uni Soviet pada awal 1955, tetapi itu sebelum ekornya yang panjang dan dapat-bergerak semua menggantikan “elevator” pada pesawat versi awal produksi. Pada saat yang sama tiga meriam kaliber 30mm diadopsi untuk menggantikan senjata standarnya, yaitu sepucuk meriam kaliber 37mm dan dua meriam kaliber 23mm, standar pada semua pesawat MiG dari MiG-9 dan pod yang ditambahkan di bawah setiap sayap untuk bom atau misil udara ke permukaan. 

Pesawat Tempur (Fighter Aircraft) Mikoyan-Gurevich MiG-19
Pesawat Tempur/Fighter Aircraft
MiG-19 "Farmer"
militerbanget.blogspot.com

Versi baru ini diberi kode MiG-19S (untuk Stabilisator). Dengan adopsi mesin tubojet aliran aksial R-9 pada tahun sebagai mesin standar, MiG-19SF dihasilkan. Pada saat yang sama muncul juga versi lain MiG-19PF yang mempunyai kemampuan tempur segala cuaca (walaupun dalam skala terbatas), dengan dukungan radar scanner Izumrud kecil di dalam intake mesin dan sebuah unit pelacak di bibir intake mesin. 

Versi selanjutnya MiG-19PM yang berbeda dengan PF dalam hal persenjataan, varian ini dipersenjatai dengan empat misil Alkali berkendali radar generasi pertama, selain tiga pucuk meriam standarnya. Sekitar 5.500 MiG-19 dari semua versi telah diproduksi di Uni Soviet, Czechoslovakia (dikenal sebagai  Avia S-105), RRC (dikenal sebagai Shenyang J-6). MiG-19 terdeteksi menjadi pesawat tempur operasional di beberapa negara seperti, Kuba, Vietnam Utara, Mesir, Pakistan, dan Korea Utara. 

Pesawat Tempur (Fighter Aircraft) Mikoyan-Gurevich MiG-19
Pesawat Tempur/Fighter Aircraft
MiG-19 "Farmer"
militerbanget.blogspot.com

Pesawat ini telah terlibat dalam berbagai pertempuran selama Perang Vietnam, Perang Enam Hari pada tahun 1967, dan Perang Bangladesh tahun 1971 Semua MiG-19 yang dibuat Uni Soviet adalah varian single seater  saja, meskipun Cina mengembangkan Shenyang JJ-6 versi latih dari Shenyang J-6. Pesawat ini mendapat penilaian yang kurang baik karena kestabilannya yang “berbahaya” dan banyak pesawat tersebut yang jatuh, Rusia telah kehilangan kepercayaan pada MiG-19, dan pindah ke pesawat tempur yang baru muncul, yaitu MiG-21

Shenyang J-6 (Mikoyan-Gurevich MiG-19 Farmer Versi Cina) Di Uni Soviet MiG-19 telah berakhir produksinya pada akhir tahun 1950an, karena fokus untuk produksi MiG-21. Namun pada tahun 1958 lisensi untuk produksi MiG-19 yang telah disepakati dengan Cina tetapi, setelah persetujuan itu, hubungan antara kedua negara memburuk. Namun produksi MiG-19 Cina tetap berjalan dengan kode J-6 (MiG-19S), terbang pertama kali Desember 1961.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Euro Hawk)

Pesawat Tempur (Fighter Aircraft) Mikoyan-Gurevich MiG-19
Pesawat Tempur/Fighter Aircraft
MiG-19 "Farmer"
militerbanget.blogspot.com

Produksi J-6 meningkat dari sekitar 1966 dan diperkirakan bahwa beberapa ribu telah dibuat, termasuk beberapa MiG-19PF dan SF. Cina telah mengembangkan beberapa varian dengan desain sendiri. Salah satunya adalah pesawat intai taktis, versi pesawat latih TF-6 dan A-5 (sebelumnya disebut sebagai M-9 dan F-6 bis), sebuah pesawat tempur dengan tampilan yang berbeda karena mempunyai radome hidung di antara intake udara samping semi-circular. Bentang sayap dari A-5 juga telah meningkat sekitar 10.2m. Laju kecepatan maksimum versi ini diperkirakan mendekati Mach 2. 

J-6 menjadi pesawat standar AU Cina dari pertengahan 1962 dan tetap menjadi pesawat utama Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat Cina sampai tahun 1980an dan juga telah berkembang menjadi pesawat serang Nanchang Q-5 (kode identifikasi NATO: "Fantan"). Meskipun sudah tua, MiG-19 dan keturunannya menunjukkan karakteristik penanganan yang baik pada ketinggian rendah dan kecepatan menanjak yang sangat tinggi. 

Meriam berat menjadi senjata standar pesawat ini,  tiga meriam Nudelman-Rikhter NR -30 kaliber 30mm (1,181 in) memiliki massa proyektil total seberat 18 kg (40 lb) membuat MiG-19 musuh tangguh dalam pertempuran jarak dekat. Pesawat MiG-19 buatan Rusia masih terus digunakan di Korea Utara dan Zambia hingga Tahun 2014. 

Pesawat Tempur (Fighter Aircraft) Mikoyan-Gurevich MiG-19
Pesawat Tempur/Fighter Aircraft
MiG-19 "Farmer"
militerbanget.blogspot.com

Mikoyan-Gurevich MiG-19 Farmer
Varian: 

-MiG-19 (NATO reporting name     "Farmer-A",   OKB- SM-9/1) 
-MiG-19P (NATO reporting name     "Farmer-B") 
-MiG-19PG - MiG-19S (NATO reporting name     "Farmer-C") 
-MiG-19R 
-MiG-19SF 
-MiG-19SV 
-MiG-19SVK 
-MiG-19SU (SM-50) 
-MiG-19PF 
-MiG-19PM (NATO reporting name     "Farmer-E") 
-MiG-19PML 
-MiG-19PU 
-MiG-19PT 
-MiG-19M 
-SM-6 
-SM-12 
-SM-20 
-SM-30 
-SM-K 
-Avia S-105 
-Shenyang J-6 

Pesawat Tempur (Fighter Aircraft) Mikoyan-Gurevich MiG-19
Pesawat Tempur/Fighter Aircraft
MiG-19 "Farmer"
militerbanget.blogspot.com

Negara-negara Pengguna MiG-19: 

Afganistan, Albania, Bangladesh, Bulgaria, Kamboja, Republik Rakyat Cina, Kuba, Cekoslowakia, Jerman Timur, Mesir, Hongaria, Indonesia, Irak, Republik Demokratik Rakyat Korea (Korea Utara), Pakistan, Polandia, Rumania, Somalia, Uni Soviet, Sudan, Suriah, Tanzania, Vietnam, Zambia 

Pesawat Tempur (Fighter Aircraft) Mikoyan-Gurevich MiG-19
Pesawat Tempur/Fighter Aircraft
MiG-19 "Farmer"
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Tempur / Fighter Aircraft - Mikoyan-Gurevich MiG-19S 


Karakteristik umum      
Kru: 1 Orang     
Panjang: 12.5 m (41 ft)     
Rentang sayap: 9.2 m (30 ft 2 in)     
Tinggi: 3.9 m (12 ft 10 in)     
Luas sayap: 25.0 m² (270 ft²)     
Berat kosong: 5,447 kg (11,983 lb)     
Berat maksimum saat lepas landas: 7,560 kg (16,632 lb)     
Mesin: 
2 × Tumansky RD-9B or RD-9BF-811 afterburning turbojets, masing-masing 31.9 kN or 37 kN (7,178 lbf or 8,300 lbf)     
Kapasitas bahan bakar: 1,800 kg (3,960 lb) 

Kinerja      

Kecepatan maksimum: 1,455 km/h (909 mph)     
Jarak jelajah maksimum: 685 km (430 mi); 2,200 km combat (1,375 mi)     
Elevasi operasional maksimum: 17,500 m (57,400 ft)     
Kecepatan menanjak: 180 m/s (35,425 ft/min)     
Beban sayap: 302.4 kg/m² (61.6 lb/ft²)     
Rasio daya/berat: 0.86 

Pesawat Tempur (Fighter Aircraft) Mikoyan-Gurevich MiG-19
Pesawat Tempur/Fighter Aircraft
MiG-19 "Farmer"
militerbanget.blogspot.com

Persenjataan     

3x Meriam kaliber 30mm NR-30 cannons (75 rounds per gun for wing guns, 55 rounds for the fuselage gun)     
Up to 250 kg (550 lb) of bombs or unguided rockets on 4 underwing pylons or 4 Vympel K-13 AAMs 
Tipe: Fighter 
Terbang perdana: 18 September 1953 
Diperkenalkan: Maret 1955 
Status operasional: Beberapa masih beroperasi 
Pengguna utama: Soviet Air Force 
Pengguna lain: People's Liberation Army Air Force 
Jumlah produksi: 2,172 (tidak termasuk produksi oleh China) 
Varian: Shenyang J-6, Nanchang Q-5

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

militerhebatdunia.blogspot.com
Wikipedia
Jejak tapak

Pistol Mitraliur / Submachine gun - TDI Kriss Super V


Pistol Mitraliur (Submachine gun)  TDI Kriss Super V
Pistol Mitraliur/Submachine Gun
TDI Kriss Super V
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at, 3 Januari 2020

Pistol mitraliur Kriss Super V dikembangkan oleh pabrikan Transformational Defense Industries (TDI). Nama pistol mitraliur ini diambil dari nama senjata khas atau tradisional dari Indonesia. Produksi senjata ini dimulai pada tahun 2009. Di beberapa titik perusahaan ini dikenal sebagai Kriss USA dan senjata itu diganti namanya menjadi Vector.

Pistol mitraliur ini menerapkan sistem operasi delayed blowback dan juga selective fire weapon, dimana menggunakan system closed bolt untuk menjamin tingkat akurasinya. Kriss Super V menggunakan amunisi kaliber 0,45 ACP. Walaupun demikian, senjata ini juga tersedia dengan pasokan amunisi .40 S&W dan amunisi standar 9x19 mm Parabellum.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Strategis / Strategic Bomber - Handley Page Victor

Pistol Mitraliur (Submachine gun)  TDI Kriss Super V
Pistol Mitraliur/Submachine Gun
TDI Kriss Super V
militerbanget.blogspot.com

Kriss Super V menggunakan mekanisme penembakan yang terbilang berbeda ketimbang pistol mitraliur konvensional. Mekanisme bolt tidak bergerak ke belakang, melainkan ke arah bawah, sehingga mengurangi efek recoil dan juga efek “mendongak ke atas” pada saat penembakan. 

Mekanisme ini mampu menyerap dan mengalihkan gaya recoil ke arah bawah, sehingga meningkatkan kontrol senjata secara keseluruhan. Pihak pengembang mengklaim bahwa pistol mitraliur ini ketika ditembakkan hanya menimbulkan efek recoil 60% lebih sedikit dan efek “mendongak ke atas” lebih kecil 95% jika dibandingkan dengan pistol mitraliur yang menerapkan mekanisme konservatif yang umum digunakan. 

Pistol Mitraliur (Submachine gun)  TDI Kriss Super V
Pistol Mitraliur/Submachine Gun
TDI Kriss Super V
militerbanget.blogspot.com

Pistol mitraliur Kriss dapat ditembakkan dengan satu tangan (seperti ketika menggunakan pistol) dengan akurasi yang tetap terjaga. SMG ini memiliki jarak tembak efektif sekitar 100 meter. Senjata dapat dengan mudah dibongkar atau “dipreteli” di lapangan hanya dengan mencopot dua pin-push.

Tuas selektor mode penembakan bersifat ambidextrous (alias bisa diakses baik dari kiri maupun dari kanan), dan memiliki pengaturan untuk mode penembakan semi otomatis, tembakan runtun dua peluru, dan full otomatis. Letak selektor mode di tengah-tengah receiver bagian atas. Tuas pengunci juga bersifat ambidextrous dan terpisah, terletak di atas pegangan pistol. tuas kokang terletak di sisi kiri receiver. Tuas itu bisa dilipat ketika tidak digunakan dan tidak bergerak (bergerak maju mundur seperti gagang pengokang pada pistol mitraliur konvensional) ketika pistol ditembakkan. Lubang untuk membuang/melontarkan selongsong terletak di sisi kanan receiver.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helikopter Transport & Multiperan / Transport & Utility Helicopter Mil Mi-4)

Pistol Mitraliur (Submachine gun)  TDI Kriss Super V
Pistol Mitraliur/Submachine Gun
TDI Kriss Super V
militerbanget.blogspot.com

Kriss Super V standar menggunakan magasen Glock 21 standar dengan kapasitas 13 peluru. Kit ekstensi opsional mampu mendongkrak kapasitas magasen menjadi 30 peluru. Magwelnya berbentuk unik dan sepintas terlihat seperti body senjata, terletak di depan pegangan pistol.

Salah satu fitur yang sangat disukai oleh operator pada pistol mitraliur ini adalah, senjata ini memiliki rel tipe Picatinny yang panjang penuh di atas receiver. Picatinny rail ini menjadi sarana untuk memasangkan berbagai macam asesoris ataupun sistem bidik yang disukai oleh operator, bisa berupa sistem pembidik optik, atau standar (berupa pisir dan pejera, ataupun laser dan juga red dot.

Pistol Mitraliur (Submachine gun)  TDI Kriss Super V
Pistol Mitraliur/Submachine Gun
TDI Kriss Super V
militerbanget.blogspot.com

Pistol mitraliur ini dilengkapi dengan popor dari material polimer yang dapat dilipat. Rel untuk penempatan aksesori lainnya dipasang di bawah laras dan kompatibel dengan pointer laser (alat pembidik penjejak sinar laser), pegangan (front pistol grip) vertikal, senter taktis, dan aksesori lainnya. Dua rel tambahan juga dapat dipasang di kedua sisi receiver.

Varian


Kriss Super V Vector carbine. 

Hanya memliki mode setelan penembakan semi otomatis. Senjata ini ditujukan untuk pelanggan sipil.

Pistol Mitraliur (Submachine gun)  TDI Kriss Super V
Pistol Mitraliur/Submachine Gun
TDI Kriss Super V
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pistol Mitraliur / Submachine gun - TDI Kriss Super V


Asal negara: Amerika Serikat
Operasional aktif: 2009
Kaliber peluru: 0,45 ACP
Berat (kosong): sekitar 2 kg
Panjang (popor terentang): 635 mm
Panjang (popor terlipat):  406 mm
Panjang laras: 140 mm
Vo meninggalkan laras: -
Rate of fire: 800 - 1 100 rpm
Rate of fire terkontrol: 30 - 80 rpm
Kapasitas magasen: 13, 30 peluru
Jarak bidik efektif: ?
Jarak tembak efektif: 100 m

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

Military today
Wikipedia
Beberapa sumber lain