Sabtu, 30 Juni 2018

Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Sa. Vz. 61 Skorpion


Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Sa. Vz. 61 Skorpion
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 30 Juni 2018

Masih diseputar artikel yang mengulas tentang hal-hal yang beraroma militer, kali ini yang akan kita ulas adalah, satu pistol mitraliur/submachine gun yang pernah digunakan oleh salah satu pasukan elit Indonesia, Paskhas TNI AU. Nama pistol mitraliur ini adalah Sa. Vz. 61 Skorpion.

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Sa. Vz. 61 Skorpion
militerbanget.blogspot.com

Samopal Vzor (pistol mitraliur) 61 Skorpion dapat dikatakan sebagai perpaduan yang unik antara Submachine Gun/Pistol Mitraliur dengan pistol otomatis. Pistol mitraliur ini dibuat sebagai pengganti pistol, kemampuan Skorpion yang memiliki magasen dengan layout seperti sebuah pistol mitraliur menjadikan posisinya istimewa karena dipakai juga oleh unit lintas udara dan pasukan khusus Cekoslovakia. Apalagi keberadaan popor lipat berupa model tabung kawat sederhana semakin memperkuat kesan yang timbul sebagai Pistol Mitraliur.


Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Sa. Vz. 61 Skorpion
militerbanget.blogspot.com

Skorpion dibangun dengan profil yang berbeda jika dibandingkan dengan senjata kebanyakan. Pengokang diletakkan di sisi kanan-kiri receiver, sementara lubang tempat keluarnya peluru diposisikan pada bagian atas receiver. 

Dengan bodi kecil dan mekanisme delayed blowback, tentu saja waktu yang dibutuhkan terbilang singkat untuk komponen bolt sampai ke bagian depan, yang berefek pada tingginya kecepatan tembak Skorpion, yang dihadapkan pada keterbatasan kemampuan laras Skorpion yang pendek dan tipis untuk mampu menanganinya. 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Sa. Vz. 61 Skorpion
militerbanget.blogspot.com

Untuk itu, perancang pabrikan CZ mendesain sear dan delaying lever/plunger. Begitu Bolt sampai ke belakang, sear akan “mematuk” bolt, menghentikan sementara sampai kuncian sear diungkit oleh tuas plunger. Dengan begitu, bolt akan "sedikit" mengalami hambatan saat kembali ke depan, yang secara otomatis mengurangi kecepatan tembak skorpion. 

Untuk urusan varian, Skorpion versi awal keluar dengan kaliber .32 ACP, satu-satunya kaliber yang ada dalam inventaris amunisi blok Barat maupun Timur. Tahun 1982, Skorpion mengalami perubahan lagi dengan diperkenalkannya Sa. Vz. 82 yang menggunakan amunisi kaliber 9X18 Makarov, kaliber standar untuk pistol dalam militer Pakta Warsawa. Versi ekspornya disebut Sa. Vz. 83, diisi dengan peluru .380 ACP. Kedua varian ini menggunakan popor hitam sintetik menggantikan popor kayu. 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Sa. Vz. 61 Skorpion
militerbanget.blogspot.com

Untuk yang lebih menyukai Skorpion dengan profil Submachine Gun/Pistol Mitraliur  yang kental, disediakan magasen lurus dengan kapasitas 20 atau 30 peluru dan juga peredam untuk aplikasi pasukan khusus.

Di Indonesia, Skorpion juga dikenal baik oleh pasukan khusus, sebuah anatema, mengingat skorpion notabene adalah senjata Blok Timur dan justru pengadaannya setelah Indonesia memutuskan hubungan dengan negara-negara komunis.


Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Sa. Vz. 61 Skorpion
militerbanget.blogspot.com

Tercatat, PasKhas TNI AU menggunakannya sebagai senjata standar, sebelum posisinya digantikan oleh HK MP5 PDW. Perwira intelejen Kopassus yang bertugas di Timor Timur saat jajak pendapat tahun 1999 juga membawa Skorpion karena mudah disembunyikan, dan juga untuk penyangkalan identitas, karena Skorpion bukanlah senjata organik TNI
Korps Brimob menjadikannya senjata standar, tidak hanya untuk operasi PJD (Pertempuran Jarak Dekat), tetapi juga untuk misi pengawalan. Paspampres juga diketahui pernah menggunakan Skorpion. 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
Sa. Vz. 61 Skorpion
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Sa. Vz. 61 Skorpion


Asal Negara: Cekoslovakia
Tahun produksi: 1961
Kaliber: 9x19mm/9x18mm Makarov/.32 ACP
Sistem operasi: Delayed Blowback

Panjang Keseluruhan 

517mm (popor terentang)
270mm (popor terlipat)
Panjang Laras: 115mm
Bobot kosong: 1,28 kg
Vo meninggalkan laras: 310  fps
Jarak tembak efektif: 150 m
Rate of fire: 1.100 ppm
Kapasitas magasen: 10/20/24/30 peluru

Demikianlah artikel yang berjudul "Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Sa. Vz. 61 Skorpion", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Untuk bahan perbandingan, silahkan disimak penuturan versi lain dari senjata ini dengan judul: "Kalajengking" dari Cekoslovakia, Kecil, Ringan, tapi Mematikan - Pistol Mitralur / Submachine Gun - Sa. Vz. 61 Skorpion (Bagian Pertama)

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

COMMANDO-War Machine series, SUB MACHINE GUN, KECIL RINGKAS DAN MEMATIKAN
Wikipedia
Beberapa sumber lain



Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar