Senin, 07 Januari 2019

Tank Tempur Utama / Main Battle Tank T-62


Tank Tempur Utama T-62
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 7 Januari 2019

Artikel kali ini akan membahas tentang Main Battle Tank alias Tank Tempur Utama dari Uni Soviet yang mencoba untuk meneruskan tradisi kesuksesan dari MBT T-54/55. Tank tersebut adalah MBT T-62.

(Baca juga artikel khusus yang mengulas tentang Tank Tempur Medium T-55. Artikel yang sangat menarik itu berjudul: "Tank T-55: Tank Klasik Soviet, Veteran Konflik Lokal")

Tank Tempur Utama T-62
militerbanget.blogspot.com

Main Battle Tank T-62 adalah peningkatan dan inovasi berkesinambungan dari Tank Tempur Utama milik Uni Soviet yang mengambil basis dari T-54/55

Dimensi body T-62 diperbesar agar tank ini dapat dipasangkan dengan turet yang lebih besar, yang berimbas pada kemampuan tank ini dalam mengadopsi meriam yang juga lebih besar kalibernya (yang mungkin menjadi semakin mematikan). 

Tank Tempur Utama T-62
militerbanget.blogspot.com

Tank T-62 ini dirancang dan dibangun untuk satu tujuan, menjadi Main Battle Tank / Tank Tempur Utama pasukan Tank Uni Soviet pada masa itu. Dan sejarah membuktikan, lebih dari 20.000 unit Tank T-62 telah diproduksi oleh Uni Soviet dan juga beberapa negara lainnya.

Memiliki bobot tempur mendekati 40 ton, Tank T-62 memiliki dapur pacu mesin diesel yang sama tipenya dengan T-54/55, yaitu mesin diesel berpendingin air V12 432,5kW/580hp, memiliki kecepatan maksimum dikisaran 50 km/jam, dan mampu menempuk jarak jelajah maksimum 650 kilometer.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun PPS-42/43 (Pistolet Pulemyot Sudayeva-42)

Tank Tempur Utama T-62
militerbanget.blogspot.com

Berposisi atau bertempat di tengah body, tepat di atas road wheel ketiga, turet berbentuk kepala jamur (yang merupakan bentuk turet khas Uni Soviet saat itu) yang terbuat dari baja tuang, serta dipersenjatai dengan senjata utama meriam U-5T (2A20) Rapira kaliber 115mm, dengan laras yang lebih panjang dan lebih “langsing” ketimbang meriam kaliber 100mm pada MBT T-54/55.

Fitur modern lainnya yang ada di turet ini adalah sistem automatic shell ejector. Sistem ini bekerja menggunakan tenaga recoil yang muncul saat menembak, selongsong proyektil keluar lewat sebuah bukaan yang ada pada belakang turet. Sistem ini membantu mengurangi beban awak tank saat harus menembak dalam mode cepat, yang efeknya, jumlah tembakan maksimum per menit bisa didongkrak.

Tank Tempur Utama T-62
militerbanget.blogspot.com

Untuk senjata sekunder, ada senapan mesin kaliber 7,62mm yang terpasang secara koaksial, dan satu senapan mesin kaliber 12,7mm yang berfungsi sebagai senjata anti serangan udara (ringan), terletak di pintu palka juru meriam. Lampu sorot infra merah untuk penembak dipasang pada sisi kanan, di atas meriam utama.

Model berikutnya ditingkatkan dengan memasang sistem gun stabilization dan pengendali penembakan, perlindungan terhadap ancaman NBC (Nuclear, Biological, and Chemical), sistem komunikasi yang lebih modern, keamanan, dan add on armour (termasuk ERA/Explosive Reactive Armour, applique armour, dan peningkatan sistem proteksi yang lebih baik pada bagian bawah tank untuk melindungi awak tank dari impak akibat ledakan ranjau). 

Tank Tempur Utama T-62
militerbanget.blogspot.com

Walaupun T-54/T-55 memiliki banyak sekali varian, langkah ini tidak diikuti oleh T-62. T-62 hanya memiliki sedikit varian, walaupun banyak sekali peningkatan yang dilakukan pada T-62.

Modifikasi pada T-62 termasuk memasang sistem laser beam riding missile “Sheksna”, sistem pengendali penembakan “Volba” yang meliputi laser range finder KDT-2 yang dapat menentukan jarak sampai 4.000 meter, sebuah senapan mesin penangkis serangan udara kaliber 12.7mm, thermal sleeve pada laras meriam, penambahan perlindungan atau proteksi pada badan, turet dan bagian bawah tank, penambahan side skirt, sistem proteksi terhadap amunisi Napalm, sistem peredam kejut atau suspensi yang lebih modern, radio R-173 yang lebih modern, serta mesin V55U. 

Tank Tempur Utama T-62
militerbanget.blogspot.com

Misil Sheksna dapat ditembakkan melalui meriam 115mm, misil ini memiliki bobot sekitar 28kg dan memiliki jarak tembak efektif sampai 4.000 meter.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank - T-28)

Penuntun misil ini adalah beam riding semi otomatis, sehingga operator harus terus mengarahkan alat pembidik pada target agar misil dapat mengarah dan menghantam sasaran dengan tepat.

Tank Tempur Utama T-62
militerbanget.blogspot.com

Jumlah Main Battle Tank T-62 yang diproduksi oleh Uni Soviet mencapai angka 8.000 unit, dan hingga saat ini, beberapa unit T-62 masih digunakan oleh sekitar 18 negara di Asia, timur Tengah, serta Timur Jauh. Korea Utara memiliki 1.800 unit, yang dibeli dari Rusia. MBT T-62 lainnya diproduksi oleh Chekoslovakia untuk pasar ekspor, dan Korea Utara tercatat juga membuat MBT T-62 secara lisensi.

Beberapa waktu lalu, Rusia sempat menawarkan program upgrade atau peningkatan untuk MBT T-62 dapat terus dioperasikan dan tetap mampu berkiprah dalam perang tank modern.

Tank Tempur Utama T-62
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Utama/ Main Battle Tank T-62


Asal Negara: Uni Soviet
Mulai bertugas: 1961
Kru: 4 Orang
Bobot: 40.000 kg/40,00 ton

Dimensi  

Panjang: 6,63 m  
Tinggi: (over turret hutch) 2,39 m 
Lebar: 3,30 m

Persenjataan  

Senjata utama: 
Kaliber 115mm Rapira Gun
Senjata sekunder: 
1 x kaliber 7.62mm machine gun (koaksial)
1 x kaliber 12.7mm machine gun

Armor: Maksimum 242mm
Mesin:  V55 12 cylinder diesel delivering 432,5 kW/580 hp 

Performa  

Kecepatan maksimum: 50 km/jam 
Jarak maksimum: 450 km, dan 650 km dengan tangki cadangan  

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Utama / Main Battle Tank T-62, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar