Jumat, 18 Mei 2018

Pesawat Pembom / Tempur Jet - A-4 SKYHAWK (Bagian 1)


Pesawat Pembom / Tempur
A-4 Skyhawk
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at 18 Mei 2018

Selamat pagi, siang, sore, dan malam sobat pecinta dunia militer sekalian, apa kabar?

Artikel kali ini akan membahas tentang satu pesawat serang yang cukup terkenal. Dimensinya yang kecil dan manuvernya yang lincah, serta mudah dan murah dalam hal operasional dan perawatan, menyebabkan pesawat ini menjadi pilihan banyak negara untuk mengisi matra udaranya. Indonesia tercatat pernah mengoperasikan pesawat serang A-4 Skyhawk, yang diperoleh lewat jalur "khusus".

Pesawat Pembom / Tempur
A-4 Skyhawk
militerbanget.blogspot.com

Berikut ini adalah penjabaran tentang pesawat ini, dan karena panjang, maka artikelnya akan dibagi menjadi dua bagian.

Pesawat Pembom / Tempur
A-4 Skyhawk
militerbanget.blogspot.com

Bagian Pertama

Memang, pesawat pembom-tempur A-4 Skyhawk awalnya dipesan Angkatan Laut AS sebagai kelengkapan kapal induk. Agar praktis, pesawat ini dirancang tanpa baterai layaknya pesawat lain, sehingga sebagian pilot menamakannya “scooter”.

Sebutan "scooter" memang bukan tanpa alasan. Pada masa itu, sepeda motor yang dibuat tanpa dilengkapi dengan baterai (accu), ya hanya scooter buatan Piagio, Italia. Seperti tuntutan AL Amerika Serikat yang mensyaratkan sebuah pesawat pembom-tempur yang dapat dioperasikan dari kapal induk, dirancanglah sebuah pesawat berdimensi kecil, mampu membawa amunisi dalam jumlah besar, mudah dirawat, mudah dikendalikan serta sangat sederhana dalam perawatan mengingat keterbatasan ruang di dalam kapal induk.


Pesawat Pembom / Tempur
A-4 Skyhawk
militerbanget.blogspot.com

Berangkat dari berbagai persyaratan tersebut, Douglas Aricraft Corporation kemudian mengajukan rancang bangun sebuah pesawat yang mengandalkan dapur pacu berupa satu mesin jet, memiliki konfigurasi sayap delta, dan mampu membawa beban dengan berat yang hampir sama dengan berat kosong pesawatnya, serta dilengkapi kursi lontar yang dapat tetap dapat dioperasikan walaupun pesawat sudah "kecemplung" di laut. Rancangan yang spektakuler ini dibuat oleh Ed Heinemann dan diberi seri XA-4D-1 Skyhawk, dengan harapan kelak menjadi pesawat yang mampu terbang lama seperti elang laut.

Pesawat Pembom / Tempur
A-4 Skyhawk
militerbanget.blogspot.com

Tak dapat dipungkiri, Ed Henemann memang seorang perancang yang handal, karena mampu merancang sebuah pesawat dengan berat hanya setengah dari persyaratan yang diajukan oleh AL Amerika Serikat sebagai pemesan. Karena pesawat ini dirancang untuk menggantikan posisi pesawat A-1 Skyrider, maka atas keberhasilan ini pesawat yang mempunyai panggilan resmi A-4 Skyhawk oleh beberapa pilot, juga mendapat nickname "scooter", "Batman Boomber", "Tinker Toy Boomber" dan juga "Henemann’s Hot Rod" memakai nama si perancang. Satu hal yang pasti, semenjak pesawat ini dioperasikan oleh Angkatan Laut AS dan marinir AS, pesawat ini langsung terlibat perang di berbagai belahan dunia karena kehandalan dan kebandelannya.


Pesawat Pembom / Tempur
A-4 Skyhawk
militerbanget.blogspot.com

Tanggal 22 Juni 1954, purwarupa pesawat ini pertama kali diterbangkan pilot uji dari Douglas yaitu Robert Rahn dari lanud Edward. Penerbangan berlangsung tanpa hambatan yang berarti. Pesawat yang ditenagai sebuah mesin buatan Curtis-Wright, J65-W-16A, masih berwujud sangat kasar dan sederhana, dengan bentuk kanopi yang menggelembung (buble), tanpa air refueling probe maupun kelengkapan arresting hook yang nantinya menjadi perlengkapan standard. Sedangkan senapan mesin masih menggunakan dua pucuk kanon kaliber 20mm, masing-masing satu di pangkal setiap sayap, serta hard point masing-masing satu di setiap sayap. Namun hasil ini sudah membuat sang pemesan sangat puas karena pesawat ini masih dimungkinkan untuk dapat ditingkatkan performanya.

Mengingat pesawat dibuat sangat sederhana, salah satunya kelengkapan yang non standard yaitu tanpa baterai, maka pabrikan McDouglas yang memproduksi mematok harga hanya 800.000 dollar AS per unit untuk pemesanan 500 unit pertama.

Pesawat Pembom / Tempur
A-4 Skyhawk
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom / Tempur Jet - A-4 SKYHAWK


Ciri-ciri umum

Awak: 1 orang (untuk varian 2 in TA-4J, TA-4F, OA-4F)
Panjang: 40 ft 3 in (12.22 m)
Rentang sayap: 26 ft 6 in (8.38 m)
Tinggi: 15 ft (4.57 m)
Luas sayap: 259 ft² (24.15 m²)
Airfoil: NACA 0008-1.1-25 root, NACA 0005-0.825-50 tip

Bobot

Berat kosong: 10,450 lb (4,750 kg)
Berat isi: 18,300 lb (8,318 kg)
Berat maksimum saat lepas landas: 24,500 lb (11,136 kg)
Mesin: 1 × Pratt & Whitney J52-P8A turbojet, 9,300 lbf (10,000+ USMC A-4M and OA-4M) (41 kN)

Kinerja

Kecepatan maksimum: 585 kn (673 mph, 1,077 km/h)
Jarak jelajah maksimum: 1,700 nmi (2,000 mi, 3,220 km)
Ketinggian terbang operasional: 42,250 ft (12,880 m)
kecepatan menanjak: 8,440 ft/min (43 m/s)
Beban sayap: 70.7 lb/ft² (344.4 kg/m²)
Rasio daya/berat: 0.51
g-limit: -3/+8 g


Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom / Tempur Jet - A-4 SKYHAWK (Bagian 1), semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

Edisi Koleksi Angkasa “The Most Famous Jet Fighter” 
Wikipedia

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar