![]() |
Pesawat Tempur Berat/Heavy Fighter Messerschmitt Me 410 Hornisse militerbanget.blogspot.com |
Beraban,Tabanan, Bali, Rabu, 10 September 2025
Sambungan dari Bagian Ketiga
Panel sayap Me 210 sebelumnya dirancang dengan geometri platform yang menempatkan pusat aerodinamis lebih jauh ke belakang dibandingkan dengan rancangan Bf 110 sebelumnya. Hal ini menyebabkan bagian luar planform sayap di luar setiap nacelle mesin memiliki sudut sapuan tepi depan sebesar 12,6° yang sedikit lebih besar dibandingkan sudut sapuan tepi depan panel dalam yang hanya 6,0°. Hal ini mengakibatkan karakteristik pengendalian yang tidak sesuai untuk desain Me 210 asli dalam penerbangan. Geometri planform panel sayap luar Me 410 yang baru direvisi untuk menempatkan pusat aerodinamis lebih jauh ke depan dibandingkan dengan Me 210. Dengan demikian, sapuan tepi depan panel luar identik dengan panel sayap dalam, dengan keduanya memiliki sudut sapuan tepi depan sebesar 5,5° yang identik, otomatis meningkatkan kemampuan control pesawat.
(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Artileri Swagerak / Howitzer Self Propelled Kaliber 155mm - PzH 2000)
![]() |
Pesawat Tempur Berat/Heavy Fighter Messerschmitt Me 410 Hornisse militerbanget.blogspot.com |
Uji coba penerbangan
Pada akhir tahun 1942, enam unit Me 210A ditarik dari jalur perakitan untuk kemudian dikonversi ke Me 410 varian standar. Menjelang akhir tahun itu, purwarupa Me 410 V1 melakukan berhasil melakukan penerbangan perdananya. Tak lama kemudian, Kementrian Penerbangan Jerman - Reichsluftfahrtministerium (RLM) merasa puas dengan kinerja pesawat ini dan dilanjutkan dengan pesanan produksi yang cukup besar untuk Me 410.
![]() |
Pesawat Tempur Berat/Heavy Fighter Messerschmitt Me 410 Hornisse militerbanget.blogspot.com |
Pengiriman pesawat Me 410 dimulai pada bulan Januari 1943, dua tahun terlambat dari jadwal dan berlangsung hingga bulan September 1944. Pada saat produksinya dihentikan, total 1.160 unit dari berbagai versi telah diproduksi oleh fasilitas Messerschmitt di Augsburg dan pabrik Dornier di München. Ada beberapa varian yang diproduksi untuk dioperasikan dalam misi yang berbeda, termasuk varian pembom ringan Me 410A-1, varian pengintaian udara (A-1/U1), varian pembom cepat A-1/U2, dan varian pesawat tempur malam A-2/U4. Ketika pesawat Me 410 mulai dioperasikan, biasanya dihargai oleh awaknya, meskipun peningkatan kinerjanya tidak cukup untuk melindunginya dari gelombang pejuang Sekutu berkinerja tinggi yang secara rutin dihadapinya pada tahap konflik ini.
(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Helikopter Serang / Attack Helicopter - Denel AH-2 Rooivalk)

Pesawat Tempur Berat/Heavy Fighter
Messerschmitt Me 410 Hornisse
militerbanget.blogspot.com
Uji coba penerbangan

Messerschmitt Me 410 Hornisse
militerbanget.blogspot.com
Sejarah operasional
Pada saat melakukan dilibatkan dalam misi pemboman malam terhadap Inggris, pesawat Me 410A-1 terbukti menjadi target yang sulit dijatuhkan oleh pesawat tempur malam lawan dari Angkatan Udara Kerajaan (RAF). Varian yang diterjunkan pada saat operasi di Inggris adalah V./KG 2, yang kehilangan Me 410 pertamanya pada malam 13 – 14 Juli 1943, ketika ditembak jatuh oleh pesawat de Havilland Mosquito dari Skuadron No. 85. Meskipun demikian, Me 410 memainkan peran penting dalam kampanye pemboman London pada awal tahun 1944.
Bersambung ke Bagian Kelima
Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu
Sumber:
1. History Of Warplane
2. Beberapa sumber lain
Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Pesawat
#Pesawat_Tempur_Berat
#Perang_Dunia_II
Tidak ada komentar:
Posting Komentar