Pages

Sabtu, 19 Oktober 2024

StuG IV (Sturmgeschütz IV) Tank Perusak Jerman yang Sangat Mematikan (Bagian Keempat)


Tank Perusak/Tank Destroyer StuG IV
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Sabtu, 19 Oktober 2024

Tank destroyer dari Jerman ini memang keberadaannya tidak terlalu dikenal oleh kalangan pengamat alutsista. Eksistensinya seolah "tersingkir" oleh alutsista sejenis yang lebih populer dan lebih banyak ditulis, seperti StuG III, Jagdpanzer IV, Jagdpanther, Hetzer, dan lain sebagainya. Walaupun demikian, alutsista ini sebenarnya sangat mematikan dan juga andal. Sayangnya, karena hanya diproduksi dalam jumlah "sedikit", maka prestasi yang ditorehkan juga tidak terlalu besar. Supaya artikel ini dapat mudah dipahami, silahkan baca artikel sebelumnya dengan judul: “StuG IV (Sturmgeschütz IV) Tank Perusak Jerman yang Sangat Mematikan (Bagian Ketiga)”. Dan berikut ini adalah artikel kelanjutannya:

Tank Perusak/Tank Destroyer StuG IV
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi StuG IV


Seperti yang disebutkan sebelumnya, tank perusak ini dibuat menggunakan kombinasi elemen Panzer IV (PzKpfw IV) dan StuG III. Jadi, wajar saja jika perubahan yang diperkenalkan pada StuG III juga diterapkan pada StuG IV berikutnya. Produsen sasis Panzer IV tidak selalu diberi tahu sebelumnya untuk peran apa sasis yang mereka produksi akan digunakan (untuk tank biasa atau tank perusak). Banyak perubahan yang kemudian diaplikasikan pada StuG IV yang dibuat kemudian tidak selalu diterapkan pada semua kendaraan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Berat / Heavy Tank Mk VIII Liberty International)

Tank Perusak/Tank Destroyer StuG IV
militerbanget.blogspot.com

Lambung (Body) StuG IV


Lambung StuG IV diproduksi dari material pelat baja yang diperkeras permukaannya dan kemudian digabungkan atau disatukan dengan cara dilas. Lambung atau badan StuG IV dibagi menjadi kompartemen mesin belakang, kompartemen kru tengah, dan transmisi yang dipasang di bagian depan serta kompartemen untuk pengemudi tertutup ( yang merupakan konfigurasi yang baru). Tidak seperti lambung pada Panzer IV memiliki pintu darurat yang ditempatkan di bawah kursi operator radio, pada StuG IV fitur tersebut dihapus. Hal ini dilakukan terutama karena perubahan posisi peralatan radio yang ditempatkan pada akses pintu darurat tadi.

Lambung depan diposisikan untuk sistem transmisi dan kemudi yang dilindungi dengan pelat baja yang dibentuk bersudut. Untuk mendapatkan akses yang lebih baik untuk perbaikan, palka transmisi berbentuk persegi yang terletak di tengah pelat ini dan dua palka inspeksi rem kemudi persegi panjang dengan lubang ventilasi ditambahkan pada bagian lambung.

Tank Perusak/Tank Destroyer StuG IV
militerbanget.blogspot.com

Struktur Atas


Rancangan struktur atas dari StuG IV kurang lebih merupakan salinan dari StuG III. Kendaraan ini terdiri dari dasar berbentuk kotak dengan pelat baja depan yang bersudut. Perubahan yang paling jelas adalah diperkenalkannya kompartemen untuk pengemudi yang berbentuk kotak yang menonjol ke depan. Di atasnya terdapat pintu palka dan dua periskop dengan penutup lapis baja. Awalnya, ada masalah dengan pintu palka yang berbentuk seperti tingkap bisa secara tiba-tiba menutup (akibat guncangan kendaraan) dan berpotensi melukai kepala pengemudi. Jadi, pintu palka diperbaiki dengan menambahkan mekanisme yang mengunci pintu dalam posisi terbuka atau tertutup. Tepat di atas kompartemen pengemudi, selama proses produksi, atap pelindung hujan ditambahkan untuk menghindari air masuk ke dalam palka pengemudi. Selain itu, karena sasis Panzer IV lebih panjang, di samping kompartemen pengemudi yang baru, pelat lapis baja dibaut ke bawah untuk mengisi celah tersebut.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Senapan Serbu / Assault Rifle FN FAL)

Di kiri atas bangunan atas ini, ditempatkan kubah komando. Di palkanya, terdapat palka kedua yang lebih kecil yang memungkinkan komandan menggunakan periskop untuk mengamati calon target. Tetapi design kubah komandan ini terus mengalami perubahan selama produksi. Awalnya, pengelasan digunakan selama konstruksinya sementara, di kemudian hari dalam perang, beberapa elemen tidak lagi dilas melainkan dicetak langsung secara keseluruhan, sehingga mempersingkat waktu dan juga lebih kuat. Sementara itu, kubah untuk komandan yang bisa berotasi (yang mana fitur ini sangat penting), karena masalah produksi, kubah itu baru dipasang mulai Agustus 1944 dan seterusnya. Bagian depan kubah diperkuat dengan deflektor pelindung, yang terbukti menjadi titik lemah pada StuG III sebelumnya.

Demikianlah artikel tentang StuG IV (Sturmgeschütz IV) Tank Perusak Jerman yang Sangat Mematikan (Bagian Keempat). Artikel ini bersambung ke bagian kelima dengan judul “StuG IV (Sturmgeschütz IV) Tank Perusak Jerman yang Sangat Mematikan (Bagian Kelima)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. World War II Panzer
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Tank_Destroyer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar