Pages

Sabtu, 16 November 2024

Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Kelima)


Pesawat Transport Medium
Medium Transport Aircraft - An-72
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Sabtu, 16 November 2024

Pesawat transport medium ini memang sangat unik dan juga istimewa. Selain dari rancang bangun alias bentuk yang "tak biasa" dan tidak konservatif seperti pesawat sejenis pada umumnya, pesawat ini juga memiliki performa yang cukup baik, apalagi untuk urusan lepas landas dan juga mendarat dalam jarak yang cukup pendek, maka pesawat ini tergolong jempolan. Diciptakan di masa dimana Uni Soviet masih berjaya, pesawat ini menjadi salah satu alutsista andalan militer Uni Soviet pada saat itu. Dan kini, setelah Uni Soviet tak lagi eksis, pesawat ini masih banyak yang operasional, terutama di Rusia dan negara-negara eks Uni Soviet. Supaya artikel ini dapat mudah untuk dimengerti, silahkan baca artikel sebelumnya dengan judul: “Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Keempat)”. Dan berikut ini adalah artikel kelanjutannya:

Untuk urusan avionik terbilang standar, meliputi radio, sistem navigasi radio, perekam data penerbangan, dan transponder identifikasi kawan atau lawan (IFF), bersama dengan sistem kontrol penerbangan otomatis/autopilot, radar cuaca navigasi Gradiyent di hidung, dan radar pelacak darat Doppler pada bagian bawah badan pesawat. Kaca bagian depan memiiki system pemanas elektrik untuk mencairkan es, dan dilengkapi juga dengan wiper.

Ruang kargo bertekanan memiliki dimensi 10,5 x 2,15 x 2,2 meter (34 kaki 5 inci x 7 kaki 1 inci x 7 kaki 3 inci). Ramp ekor berengsel ke tanah melalui dua ram hidrolik untuk pemuatan normal di tanah, dengan dua atau empat rampa terpasang untuk memasukkan atau mengeluarkan kendaraan dari pesawat; untuk pemuatan langsung dari bak truk atau untuk terjun payung, lantai ramp dapat ditarik ke badan pesawat bagian belakang. Dongkrak hidrolik dapat diperpanjang dari bagian belakang setiap fairing roda pendaratan untuk mencegah pesawat terbalik pada saat proses bongkar muat.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: "Tank Tempur Ringan / Light Tank Hotchkiss H-39")

Pesawat An-72 dapat mengangkut 57 pasukan lintas udara dengan perlengkapan di kursi yang dapat dilipat di sepanjang dinding. Kursi tambahan dapat dipasang di tengah ruang kargo untuk total 68 penumpang. Dalam peran evakuasi medis ("casevac"), An-72 dapat mengangkut hingga 24 tandu dan 12 pasien yang duduk, bersama dengan seorang petugas medis. Untuk peran sebagai pesawat transport, pesawat ini dapat mengangkut hingga 10.000 kilogram (22.000 pon) kargo. Ada katrol tenaga listrik pada bagian langit-langit dengan kapasitas beban maksimum 2.500 kilogram (5.510 pon). 

Lantai ruang kargo memiliki jaringan lubang berulir untuk memasang pen/pasak pengikat kargo, sistem konveyor rol dapat dipasang di lantai untuk memudahkan penanganan dan penerjunan kargo. Lantai diberi marka untuk membantu petugas pemuatan memposisikan muatan dengan benar. Ada jendela di depan dan belakang di setiap sisi ruang kargo, dengan jendela belakang di sebelah kanan tertanam di pintu darurat.

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, purwarupa awal An-72 lebih pendek 1,4 meter (4 kaki 7 inci) dari varian versi produksi, dengan sayap yang memiliki sapuan tepi depan sebesar 17 derajat dan rentang 25,8 meter (84 kaki 9 inci). Purwarupa awal juga memiliki radome hidung yang lebih pendek, sirip ventral ganda yang tetap, dan pengaturan pintu kargo yang berbeda. Perubahan konfigurasi kemudi telah disebutkan sebelumnya.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: "Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Tupolev Tu-2")

Varian An-74 sebagian besar identik dalam konfigurasi dan tampilan dengan An-72. Satu perbedaan yang signifikan adalah bahwa An-74 memiliki awak keempat, seorang teknisi penerbangan. Ada jendela blister observasi antara kokpit dan pintu kru di sisi kiri pesawat, dengan blister observasi lain di bawah sayap, di beberapa pesawat, blister observasi di bawah sayap dimensinya diperbesar. 

Beberapa purwarupa memiliki fairing radar hidung yang diperbesar dan agak bulat. Sempat ada ide untuk memodifikasi An-74 dengan roda pendaratan ski berpemanas yang dapat ditarik, tetapi ide tersebut kemudian dikesampingkan karena dinilai sangat riskan dan juga rumit (dan juga lebih mahal). An-74 dapat dikonfigurasi untuk operasi kargo langsung atau untuk operasi "combi". Dalam konfigurasi combi, An-74 dilengkapi dengan delapan kursi, bersama dengan meja, dan dua tempat tidur susun. Sebuah stasiun hidrologi dapat dipasang di belakang pintu masuk.

Demikianlah artikel tentang Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Kelima). Artikel ini bersambung ke bagian keenam dengan judul “Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Keenam)", semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. World Aircraft
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Uni_Soviet
#Ukraina
#Pesawat
#Pesawat_Transport_Medium

Tidak ada komentar:

Posting Komentar