Pages

Minggu, 17 November 2024

Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Keenam)


Pesawat Transport Medium
Medium Transport Aircraft - An-72
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Minggu, 17 November 2024

Pesawat transport medium ini memang sangat unik dan juga istimewa. Selain dari rancang bangun alias bentuk yang "tak biasa" dan tidak konservatif seperti pesawat sejenis pada umumnya, pesawat ini juga memiliki performa yang cukup baik, apalagi untuk urusan lepas landas dan juga mendarat dalam jarak yang cukup pendek, maka pesawat ini tergolong jempolan. Diciptakan di masa dimana Uni Soviet masih berjaya, pesawat ini menjadi salah satu alutsista andalan militer Uni Soviet pada saat itu. Dan kini, setelah Uni Soviet tak lagi eksis, pesawat ini masih banyak yang operasional, terutama di Rusia dan negara-negara eks Uni Soviet. Supaya artikel ini dapat mudah untuk dimengerti, silahkan baca artikel sebelumnya dengan judul: “Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Kelima)”. Dan berikut ini adalah artikel kelanjutannya:

Pesawat Transport Medium
Medium Transport Aircraft - An-72
militerbanget.blogspot.com

Warna VVS yang umum untuk An-72 adalah abu-abu secara keseluruhan. Warna Aeroflot yang umum untuk An-74 adalah bagian atas putih; bagian bawah abu-abu; dan lis biru, terutama pada badan pesawat dan nacelle mesin. Untuk operasi Arktik, lis biru diganti dengan lis merah agar pesawat lebih mudah dikenali jika terjadi kecelakaan dan pesawat jatuh di medan bersalju. Bukan hal yang aneh bagi pesawat VVS untuk terbang dengan warna Aeroflot, karena garis pemisah antara militer dan sipil di Uni Soviet tidak jelas. Rupanya, mengecat garis hitam pada sayap di belakang knalpot mesin adalah hal yang umum, karena tidak ada gunanya mencoba mengecatnya dengan warna lain, hanya untuk ditutupi oleh jelaga knalpot.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: "Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Tupolev Tu-2")

Pesawat Transport Medium
Medium Transport Aircraft - An-72
militerbanget.blogspot.com

AN-72 & AN-74 DALAM LAYANAN / VARIAN / PENGGUNA


Pada saat operasional, An-72 / An-74 secara umum diapresiasi oleh awak pesawat karena pesawat ini mudah dikendalikan dan kinerja STOL yang luar biasa. Pesawat ini juga secara umum dapat diandalkan, setidaknya setelah kekurangannya diperbaiki, meskipun lebih rumit dan lebih sulit dirawat daripada pendahulunya seperti An-26, awak pesawat merasa mesin yang dipasang tinggi sangat menyusahkan pada saat perawatan. Dari depan, kedua mesin yang posisinya di atas sayap ini memberi tampilan seperti "telinga" yang terlalu besar, sehingga pesawat itu dijuluki "Cheburashka", berdasarkan karakter kartun terkenal, yaitu makhluk berbulu dengan telinga yang terlalu besar.

Sejak An-72/An-74 diperkenalkan pada tahun-tahun terakhir Uni Soviet, pesawat ini tidak pernah digunakan secara luas, hanya digunakan untuk peran-peran khusus seperti transportasi VIP. Pesawat ini kurang cocok sebagai platform parasut, dan terlalu kecil untuk menerjunkan kendaraan dan kargo besar, dan tampaknya aliran udara dari mesin yang dipasang tinggi juga menjadi masalah. Dengan runtuhnya Uni Soviet pada awal 1990-an, fokus produksi bergeser dari An-72 militer ke An-74 sipil, dengan penjualan luar negeri sebagai tujuan utama.

Pesawat Transport Medium
Medium Transport Aircraft - An-72
militerbanget.blogspot.com

Subvarian An-72 meliputi:


An-72S

Varian transportasi VIP militer, "S" berarti "salon", dengan kompartemen penumpang di ruang kargo di belakang kompartemen kru dengan akomodasi mewah. Sisa ruang kargo dapat digunakan untuk mengangkut mobil staf, jip, kargo lain, atau hingga 20 personel di kursi yang dapat dilepas.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: "Tank Tempur Ringan / Light Tank A25 Mark VIII Harry Hopkins")

An-72P 

Varian militer untuk Penjaga Perbatasan Soviet/Rusia, dengan meriam GSh-23L dua laras kaliber 23 milimeter dalam pod yang dipasang pada tiang pendek di depan fairing roda utama kanan; ditambah tiang perbekalan di bawah setiap sayap, biasanya membawa pod roket tanpa pemandu. Pesawat ini juga dilengkapi dengan perangkat navigasi yang disempurnakan, kamera dan peralatan pengawasan lainnya, serta kubah observasi di setiap sisi badan pesawat. Pesawat ini bahkan dapat mengangkut empat bom seberat 100 kilogram (220 pon) di atap ruang kargo, untuk dijatuhkan secara bebas setelah menarik rampa ekor. Senjata diarahkan oleh unit kamera elektro-optik di bawah hidung.

Demikianlah artikel tentang Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Keenam). Artikel ini bersambung ke bagian ketujuh dengan judul “Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Ketujuh)", semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. World Aircraft
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Uni_Soviet
#Ukraina
#Pesawat
#Pesawat_Transport_Medium

Tidak ada komentar:

Posting Komentar