Pages

Senin, 27 Mei 2019

Multirole Light Helicopter / Helikopter Ringan Multi Peran Aérospatiale Alouette II


Helikopter Ringan Multiperan
Aerospatiale Alouette II
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 27 Mei 2019

Helikopter Alouette 2 adalah cikal bakal dari serangkaian helikopter ringan rancangan Prancis yang sangat laku di pasaran. Helikopter ini berhasil melakukan penerbangan perdananya pada 12 Maret 1955 di lapangan terbang Buc dekat Paris dibawah kendali pilot uji coba terkenal Prancis Jean Boulet (1920-2011). Dan yang membedakan helicopter ini dengan sebagian besar pesaingnya adalah, helikopter ini menggunakan tenaga turboshaft dan bukannya mesin piston konvensional. Penerbangan pertama itu menandai awal karier yang cemerlang.

Sejarah Pembuatan

Alouette 2 adalah versi penyempurnaan dan perbaikan dari SE 3120 Alouette 1 yang terbang untuk pertama kalinya pada tanggal 31 Juli 1951 yang dikemudikan oleh Henri Stackenburg.

Alouette 1 adalah helikopter berkonfigurasi tiga tempat duduk dengan desain standar (rotor utama dan ekor tunggal) dan konstruksi. Helikopter ini ditenagai oleh mesin radial 149 silinder kw/shp 9 silinder Salmson 9NH. Dua purwarupa terdaftar F-WGGD dan F-WGGE diproduksi dan diuji secara luas dengan hasil yang baik. Pada Juli 1953 Jean Boulet bahkan membuat beberapa rekor dunia resmi menggunakan helikopter ini.

Helikopter Ringan Multiperan
Aerospatiale Alouette II
militerbanget.blogspot.com

Meskipun performa model ini terbilang cukup baik, namun Sud-Est memutuskan untuk tidak memproduksi model ini.

Alouette 1 memiliki performa dalam hal manuver dan daya angkut yang lebih baik dari Bell 47 dan Hiller UH-12, yang keduanya sudah mendapat pengakuan dan reputasi yang baik dari penggunanya. Dalam rangka memenuhi persyaratan bersama untuk Angkatan Udara, Angkatan Darat dan Angkatan Laut, serta membangun ceruk di industri SNCASE mengusulkan helikopter berkonfigurasi lima kursi, kelas baru helikopter antara tiga kursi yang telah disebutkan dan sepuluh kursi. Sikorsky S-55.

Dengan keputusannya, pabrikan Prancis membuat langkah maju. Idenya adalah untuk mengambil keuntungan melawan pabrikan Amerika dengan memproduksi helikopter baru yang ditenagai oleh mesin turboshaft.

Pada awalnya, sekelompok teknisi yang dipimpin oleh kepala-proyek Charles Marchetti berusaha keras untuk merekayasa ulang SE 3120 dengan mesin Turboméca Artouste I. Namun proyek ini segera ditinggalkan demi desain helikopter baru, yang performanya secara umum sangat mirip dengan pendahulunya, tetapi dirancang untuk ditenagai oleh Turboméca Artouste I.

Helikopter Ringan Multiperan
Aerospatiale Alouette II
militerbanget.blogspot.com

Sebenarnya, ide untuk menggunakan mesin turboshaft untuk helikopter bukanlah ide yang benar-benar baru. Bahkan, Kaman (K-225 - 1951), Sikorsky (S-59 - 1954) dan Bell (XH-13F - 1954) adalah yang pertama membuka jalan design helikopter bertenaga turboshaft. Tetapi sayangnya, tidak satupun dari purwarupa ini yang berlanjut ke lini produksi dan hampir seluruhnya ditinggalkan setelah menyelesaikan program pengujian mereka.

Ini adalah alasan utama mengapa tim Prancis memutuskan untuk mengembangkan Alouette 2.

Helikopter Ringan Multiperan
Aerospatiale Alouette II
militerbanget.blogspot.com

Penerbangan pertama, sertifikasi dan mulai produksi massal

Seperti yang sudah dikatakan purwarupa pertama dari SE 3130-01 F-WHHE berhasil melakukan penerbangan perdananya pada tanggal 12 Maret 1955. Ini diikuti oleh purwarupa kedua (F-WHHF) yang memulai penerbangan uji pertama pada Mei tahun yang sama. Beberapa hari kemudian, pada 6 Juni 1955, purwarupa baru yang dikemudikan oleh Jean Boulet membuat rekor ketinggian dunia baru dengan mencapai 8.209 meter (26.932 kaki).

Kedua helikopter memulai program evaluasi yang intensif. Sebelum akhir tahun, model pra-seri pertama (F-YDJF) juga selesai sebelum akhir tahun, sementara dua unit lagi disiapkan untuk tes selama musim semi berikutnya.

Pada Juni 1956, Alouette 2 awalnya diuji di gurun Sahara dan kemudian di massif Mont Blanc. Di sini digunakan secara eksperimental untuk mengangkut persediaan ke shelter Vallot pada ketinggian 4.362 meter (14.316 kaki) dan juga untuk menyelamatkan seorang pendaki gunung Swiss.

Selama tahun 1956 helikopter ini secara resmi beroperasi dan sejak saat itu ditetapkan menjadi SE 3130 Alouette 2. Produksi massal juga dimulai dan 32 pesawat selesai pada akhir tahun.

Helikopter Ringan Multiperan
Aerospatiale Alouette II
militerbanget.blogspot.com

Pada saat yang sama program uji terbang berlanjut karena Sud-Est ingin menjual helikopter baru tidak hanya untuk pelanggan militer tetapi juga untuk operator sipil, dan untuk ini Sertifikat Jenis dari Secrétariat Général à l'Aviation Civile, saat ini dikenal sebagai Direction. générale de l'Aviation civile-DGAC diperlukan. Dokumen penting ini diberikan kepada Sud-Est pada 2 Mei 1957, hanya 13 bulan setelah penerbangan pertama!

Dua bulan sebelumnya pada tanggal 1 Maret 1957 konstruksi Société nationale des aéronautiques du Sud-Est (juga dikenal sebagai Sud-Est) bergabung dengan konstruksi Société nationale des aéronautiques du sud-ouest (yang memproduksi SO 1221 Djinn), untuk membentuk entitas baru bernama "Sud Aviation".

Pada tanggal 14 Januari 1958, Badan Penerbangan Federal memberikan kepada Sud Aviation sertifikat Tipe 7H1, dan Alouette 2 menjadi helikopter bertenaga turbin pertama yang disertifikasi di Amerika Serikat.


Helikopter Ringan Multiperan
Aerospatiale Alouette II
militerbanget.blogspot.com

Versi lainnya

Selain SE 3130 Sud Aviation menghasilkan varian SE 313B yang ditenagai oleh mesin Artouste II C5 atau C6. Bilah rotor utama diperkuat, struktur bodi juga diperkuat dengan batang transversal, rotor ekor dan pelat juga dimodifikasi dan juga berbagai perbaikan lainnya. Berbagai Langkah perbaikan ini berhasil mendongkrak kinerja helicopter ini, dimana MTOW meningkat dari 1.500 menjadi 1.600 kg.

Pada tanggal 10 Mei 1957, SE 3131 Gouverneur F-WIEA (yang kemudian didaftarkan ulang F-BIEA) versi streamline mewah dengan tailboom tertutup, berhasil melakukan penerbangan pertamanya. Hanya satu purwarupa yang diproduksi, dan sementara ditujukan untuk pasar VIP. Varian ini dikembangkan dengan bantuan desainer terkenal Raymond Loewy.

SE 3140 F-WIEB terbang untuk pertama kalinya pada tanggal 16 Mei 1957 (pilot uji Roland Coffignot) dan digunakan sebagai testbed terbang untuk mesin freewheel Turboméca Turmo II. Meskipun turbin ini menawarkan fleksibilitas operasi yang lebih besar (misalnya dalam hal lepas landas yang lebih baik), hasil pengujian tidak memuaskan dan versi ini ditinggalkan.

Pada 11 Maret 1958 Jean Boulet mencapai uji terbang pertama versi SE 3150. Helikopter eksperimental ini ditenagai oleh mesin Turboméca Artouste III yang lebih kuat. Dua purwarupa dibangun (salah satunya dikonversikan dari badan uji uji 3140 SE) dan terdaftar sebagai F-ZWVM dan ZWVN (prototipe kedua pertama kali terbang pada 19 Mei 1958 dan dipakai jauh kemudian dengan registrasi baru F-ZWVB). Varian ini memiliki boom ekor yang lebih panjang dan menggunakan rotor utama yang lebih besar. Bahkan, varian ini dirancang sebagai tempat uji terbang untuk semua komponen dinamis dari SE 3160 Alouette 3, yang ada di meja design pada waktu itu.

Helikopter Ringan Multiperan
Aerospatiale Alouette II
militerbanget.blogspot.com

Jean Boulet pada 13 Juni 1957 membuat rekor ketinggian dunia baru 10.984 meter (36.050 kaki) di kontrol helikopter yang sangat kuat ini.

Meskipun kinerjanya sangat baik (jauh lebih baik daripada SE 3130 standar), versi ini tidak pernah masuk dalam produksi karena pabrikan ingin mengerahkan semua upayanya ke dalam proyek Alouette III yang sangat prospektif.

Namun perlu disebutkan bahwa sekitar sepuluh tahun kemudian SE 3150 menginspirasi pengembangan Aérospatiale SA 315B Lama.

Produksi dalam seri seri SE 3130 / 313B berkurang secara progresif dari tahun 1964 dengan diperkenalkannya SA 3180 baru. Helikopter ini ditenagai oleh mesin 390/530 kW/shp Turboméca Astazou IIA. Selain itu, helicopter ini memperoleh gearbox utama dan unit poros rotor utama dari Alouette 3, tetapi tetap mempertahankan rotor utama dari Alouette 2.

Ada dua varian (sub-) lagi yang diturunkan dari SA 3180: SA 318B dan SA 318C.

SA 318B, disertifikasi pada 18 Februari 1964, memiliki MTOW 1'600 kg dan ditenagai oleh Astazou IIA.

SA 318C adalah yang paling berkinerja dari semua seri produksi Alouette 2. Ini didukung oleh Astazou IIA atau IIA2 (yang memiliki suhu T4 maks terus menerus lebih tinggi dari 490 ° C daripada 460 ° C) dan dilengkapi dengan kopling sentrifugal baru. Ini juga menggunakan beberapa komponen SE 3160 (kepala rotor, hub dan gir utama, gir dan bilah rotor ekor). MTOW-nya meningkat menjadi 1'650 kg dan Vne menjadi 205 km / jam.

Penerbangan pertama dari purwarupa versi baru ini (F-WHOF) diselesaikan oleh Jean Boulet pada 31 Januari 1961. Pada awal 1963, pesawat baru pertama dikirim ke angkatan bersenjata Prancis, sedangkan sertifikat tipe Prancis adalah dikeluarkan pada 18 Februari 1964.

Versi dasar SE 3130 dan SE 3180 dapat dikonversi menjadi 313B dan masing-masing menjadi 318B atau 318C dengan serangkaian modifikasi.

Helikopter Ringan Multiperan
Aerospatiale Alouette II
militerbanget.blogspot.com

Tutup Produksi

Produksi seri Alouette 2, yang dimulai pada tahun 1956, berhenti pada musim semi 1975.

Menurut informasi yang dikumpulkan, Sud-Est, Sud Aviation dan kemudian sejak 1970 Aérospatiale, semuanya memproduksi 923 SA 3130 / 313B dan 382 SA 3180 / 318B / 318C Alouette 2s dengan nomor seri progresif (s / n) antara 1001 dan 2680.

Pelanggan utamanya adalah angkatan bersenjata Prancis, Jerman, dan Belgia yang membeli hampir setengah dari produksi.

Di Eropa Alouette 2 juga dirakit di bawah lisensi di Belgia oleh S.A.B.C.A. (Societé anonime belge de construction aéronautiques), dan di Swedia tempat SAAB berkumpul di pabriknya di Norrköping, sekitar sepuluh dari 29 unit yang dibeli oleh militer Belgia.

Di United States Republic Aviation Corporation menandatangani perjanjian dengan Sud Aviation dan menciptakan divisi helikopter baru dengan tujuan awal untuk memproduksi dan menjual helikopter Prancis di Amerika Serikat, Kanada termasuk Alaska, Hawai, Puerto Rico, dan negara-negara Amerika Tengah.

Sekitar dua puluh Alouette dirakit (dengan komponen Prancis) di bawah lisensi dan dikomersialkan sejak akhir 1957 dengan nama "Lark". Setidaknya dua dari mereka dikonversi menjadi ditenagai oleh mesin buatan Amerika.

N-527 secara eksperimental dilengkapi oleh Republic dengan turboshaft 373/500 kW / shp AiResearch TSE331-7, sedangkan N-529 dilengkapi dengan 525 shp Continental Model 217-5A (YT72-T-2). Penerbangan uji pertama terjadi pada tanggal 12 Oktober 1961. Rupanya hanya dua konversi selesai dan proyek Alouette 2 bermesin Amerika kemudian ditinggalkan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur / Fighter Aircraft JET MiG-21 (Fishbed) Bagian 1)

Helikopter Ringan Multiperan
Aerospatiale Alouette II
militerbanget.blogspot.com

Penggunaan sipil

Alouette 2 berhasil memposisikan sebagai helikopter serbaguna di antara operator sipil. Karakter multi-perannya membuatnya cocok untuk transportasi penumpang dan barang, pengamatan udara, layanan pertanian dan hutan, operasi pencarian dan penyelamatan, lepas pantai, pembuatan film udara dan fotografi, dan pelatihan.

Meskipun waktu yang lama berlalu dari penerbangan pertamanya, masih ada beberapa operator sipil yang menggunakan Alouette 2. Namun sebagian besar pesawat sekarang dimiliki secara pribadi oleh penggemar helikopter.

SE 3130 Alouette 2-Deskripsi umum dan karakteristik
SE 3130 Alouette 2 adalah helikopter bermesin turboshaft multi peran dengan konfigurasi lima kursi dengan konfigurasi standar.

Helikopter itu terdiri dari dari tiga bagian utama: kabin, rangka tengah, dan boom ekor.

Helikopter Ringan Multiperan
Aerospatiale Alouette II
militerbanget.blogspot.com

Kabin (dimensi 130 x 196 x 133 cm) terdiri dari kanopi dan lantai. Kanopi memiliki bingkai logam yang mendukung panel Plexiglas. Dua pintu Plexiglas berbingkai logam besar memberikan visibility tanpa batas ke segala arah untuk pilot dan empat penumpang.

Dua kursi depan (pilot di posisi sisi kanan) dapat disesuaikan dan memiliki kompartemen kecil untuk dokumen. Untuk kursi depan ada perlengkapan tali bahu yang ditawarkan sebagai opsional.

Konsol yang mendukung panel instrumen terletak tepat di garis tengah pesawat.

Lantai adalah konstruksi tipe kotak yang kaku. Fitting tie-down kargo mudah ditambahkan. Hatch disediakan untuk fotografi udara.

Ruang kargo 1,70 meter kubik memiliki kapasitas kargo internal lebih dari 500 kg. Bangku belakang untuk tiga penumpang dapat dilipat.

Panel dengan tutup yang dapat dilepas dengan mudah, di bagian bawah kabin memberikan akses cepat ke kontrol penerbangan dan engine, sirkuit listrik dan radio. Panel inspeksi kompartemen radio ditempatkan di depan kabin.

Energi listrik disediakan oleh generator 28V 2.500 watt. Baterai 35Ah terletak di bagian depan kabin di bawah panel listrik di ruang yang berventilasi baik.

Helikopter Ringan Multiperan
Aerospatiale Alouette II
militerbanget.blogspot.com

Sisa badan pesawat, tipe rangka tabung las, terdiri dari dua bagian.

Struktur tengah terbuat dari tabung baja yang dilas yang ditutup dengan dua fairing yang dapat dilepas, dan platform pendukung transmisi yang biasa disebut plancher mécanique yang membawa komponen lain. 

Struktur ini melingkupi tangki bahan bakar kuadrat berkapasitas 580 liter (digunakan minyak tanah Jet A-1) yang diisolasi dari unit daya dengan menggunakan firewall.

Boom ekor melekat pada ujung belakang bagian tengah dan mendukung stabilizer tetap, gearbox rotor ekor, rotor ekor dan busur pelindungnya (sangat berbeda pada model pertama yang dibuat).

Helikopter Ringan Multiperan
Aerospatiale Alouette II
militerbanget.blogspot.com

Bingkai utama dan boom ekor terbuat dari tabung yang disegel disolder. Nitrogen dipasang ke dalam tabung. Jika kebocoran terjadi karena celah di salah satu tabung, udara akan masuk ke dalam tabung dan indikator video-pi akan berubah warna memberi tahu pilot atau insinyur bahwa ada masalah dengan kerangka utama atau boom ekor. Ini adalah perangkat keamanan yang unik dan sangat efektif.

Roda pendaratan terbuat dari dua tabung yang lentur dengan penyangga kejut hidrolik yang dirancang untuk menyerap benturan pendaratan. Dua meluncur tabung duraluminium (diperkuat dengan lembaran baja tipis) melengkung ke atas saling berhubungan oleh dua tabung baja silang yang melekat pada bagian tengah. Selip masing-masing membawa roda yang dapat ditarik untuk penanganan di darat.

Mesin turboshaft dipasang secara horizontal dan melekat pada struktur bodi di tiga titik.

Helikopter Ringan Multiperan
Aerospatiale Alouette II
militerbanget.blogspot.com

Rotor, transmisi, dan kontrol

Alouette 2 memiliki rotor utama tiga bilah yang sepenuhnya diartikulasikan dan rotor ekor dua bilah. Semua bilah rotor utama terbuat dari paduan logam ringan dan dapat dilipat. Pelipatan bilah dapat dilakukan tanpa melepaskan kabel jarak equalizer. Tidak ada penyesuaian yang diperlukan setelah pembukaan.

Dalam penerbangan, kisaran rotor utama normal adalah antara 350 dan 360 rpm. Selama autorotation, variasi antara 280 dan 420 rpm masih dapat diterima. Rotor ekor terbuat dari dua bentuk lancip berupa bilah konstruksi logam profil simetris dan berputar pada 2.020 rpm.

Transmisi rotor utama mentransmisikan daya ke rotor utama dan rotor dan pada dasarnya terdiri dari roda gigi masukan bevel dan dua tahap reduksi planetary, dengan rasio pengurangan 1: 16,32 antara poros penggerak utama dan kepala rotor, dan 1: 2,27 antara poros penggerak utama dan ekor batang penggerak. Unit freewheel poros penggerak utama menghubungkan turbin ke gearbox utama. 

Gearbox rotor ekor menyediakan pengurangan 1:24 antara poros penggerak rotor ekor dan rotor ekor dan menggabungkan mekanisme perubahan pitch yang dipasang secara aksial. Majelis freewheel memungkinkan autorotation dalam keadaan darurat. Helikopter memiliki kontrol konvensional.

Mesin Penggerak

SE 3130 Alouette 2 pada awalnya ditenagai oleh 298/400 kW / hp (diturunkan menjadi 269/360 kW / hp) Turboméca Artouste II B1 turboshaft yang dibangun oleh Turboméca, sebuah perusahaan Prancis yang didirikan pada 1938 oleh Joseph Szydlowski, seorang insinyur Polandia yang brilian. asal

Pendahulu turboshaft ini adalah Artouste I yang muncul pada tahun 1947. Awalnya dirancang sebagai unit daya bantu (APU), ia segera diadaptasi untuk propulsi pesawat, dan menemukan ceruk sebagai pembangkit tenaga untuk helikopter yang digerakkan oleh turboshaft.

Artouste II (dibangun dalam versi B1, C, C1, C2, C5, dan C6) adalah mesin turboshaft tunggal dengan asupan udara berbentuk annular, kompresor sentrifugal satu tahap, ruang pembakaran annular, turbin aksial dua tahap, dan kontrol mekanis sistem. Gearbox koaksial mengurangi kecepatan rotasi untuk poros output dan menggerakkan aksesori.

Varian C6 identik dengan II C5 kecuali untuk perubahan pada asupan udara dan selubung gear reduksi yang memungkinkan pemindahan gearbox lebih mudah.

Turboshaft dikendalikan oleh tiga tuas yang terletak di bagian bawah konsol instrumen dan terhubung ke engine melalui kontrol Teleflex. Aliran bahan bakar mengontrol jumlah bahan bakar yang dikirim ke turbin selama akselerasi setelah start-up, dan sebelum gubernur kecepatan konstan mengambil alih. Tuas kontrol pengatur digunakan untuk memilih kecepatan pengaturan yang diinginkan antara 28.000 dan 35.000 rpm. Turbin menggabungkan sistem urutan mulai otomatis dan dilengkapi dengan generator mulai dari 100 amp - 28V peringkat kontinu. Kopling sentrifugal tipe basah pada poros keluaran memfasilitasi start-up dan mencegah panas berlebih.

Tuas pemutus bahan bakar digunakan jika terjadi keadaan darurat.

Throttle konvensional dihilangkan

Kebutuhan throttle konvensional pada tuas pitch kolektif telah dihilangkan karena Alouette ditenagai oleh turbin tetap dengan kecepatan konstan yang secara mekanis terhubung ke rotor utama. Oleh karena itu setiap kecenderungan rotor bervariasi dalam rpm (33.500 rpm adalah kecepatan konstan) sebagai akibat dari pilot yang mengubah pitch kolektif, segera dirasakan oleh prosesor turbin yang secara otomatis memprogram bahan bakar untuk menyesuaikan output mesin dengan permintaan daya, dengan demikian mempertahankan rpm konstan. Korelasi antara kekuatan dan pitch kolektif (sangat dihargai oleh pilot terutama ketika helikopter digunakan untuk membawa kargo eksternal) memungkinkan alat penentuan kekuatan yang pasti 

Indikator pitch kolektif.

Sebagai contoh, pilot hanya memuat dan mengangkat pesawat terbangnya ke hover dan memeriksa indikator pitch kolektif. Jika jarum berada dalam setengah derajat dari pitch maksimum yang tersedia, ia tahu ia dapat beralih ke penerbangan ke depan. Tidak ada dugaan yang terlibat.

Jika di ujung atas kisaran pitch-kolektif, pilot meningkatkan pitch kolektif terlalu banyak, dan dengan demikian menuntut aliran bahan bakar yang lebih besar daripada yang tersedia, lampu merah yang menonjol menyala pada panel instrumen untuk menunjukkan " ujung batas" (batas daya ).

Jika ini terjadi, ia harus segera menurunkan tuas pitch kolektif sedikit hingga lampu peringatan padam, atau ia akan memasang rotor berlebihan dan kehilangan rpm. Over-pitching juga menyebabkan bahaya kompresor berhenti dengan konsekuensi serius, seperti misalnya kehilangan daya sama sekali.

Konsumsi bahan bakar setiap jam bervariasi dari 125 - 150 kg (160-185 liter). Berat kosong turbin yang kering dengan asesorisnya adalah 160 kg.

Artouste II memperoleh sertifikat Tipe dari DGAC pada tanggal 2 Mei 1957. Itu telah diproduksi di bawah lisensi di India dan Inggris.

Helikopter Ringan Multiperan
Aerospatiale Alouette II
militerbanget.blogspot.com

Performa

SE 3130 ditenagai oleh Turboméca Artouste II B1 dalam kondisi atmosfer standar, dengan berat lepas landas maksimum 1'500 kg, memiliki kecepatan jelajah 170 km / jam, sedangkan kecepatan yang tidak pernah melebihi permukaan laut adalah 195 km / h. Plafon layanan absolutnya adalah 4'500 meter.

Jaraknya jelajah sekitar 565 km, sesuai dengan daya tahan penerbangan 3 jam 15 menit.

Berat lepas landas: 1.350 kg 1.500 kg

Kecepatan jelajah di permukaan laut: 175 km/jam ~ 170 km/jam

Elevasi terbang: IGE 3.400 m ~ 2.000 m
Melayang: OGE 1.900 m ~ 600 m
Ketinggian Operasional: 4.000 m ~ 2.900 m
Laju menanjak maksimum di permukaan laut: 360 m/mnt ~ 300 m/mnt

Dimensi, bobot, dan muatan

Rotor utama SE 3130 Alouette II memiliki diameter 10,20 m (area disc rotor 81,75 sq m), sedangkan rotor ekornya memiliki diameter 1,81 m (area disc rotor 2,54 sq m). Badan pesawat memiliki panjang 9,66 m. Ketinggian yang diukur di atas tiang rotor adalah 2,75 m.

Berat kosong standar pesawat adalah sekitar 850 kg, sedangkan MTOW-nya adalah 1.500 kg.

Memungkinkan untuk berat pilot standar (77 kg) dan dengan cadangan bahan bakar dan minyak selama satu jam penerbangan (sekitar 150 kg) helikopter memiliki muatan 423 kg. Ini dapat mengangkut empat penumpang dan 100 kg bagasi, atau beban di bawah slung sekitar 400-450 kg (batas struktural 500 kg).

Peralatan opsional

Fleksibilitas dari Alouette 2 dapat lebih diperluas dengan menggunakan peralatan opsional utama berikut: kontrol ganda, rem rotor, heather dan defroster, peralatan pembawa kecelakaan interior (atau dua panner tandu eksternal), hoist penyelamat hidrolik, sling kargo (Siren Type A21) , ski, peralatan pendaratan apung, peralatan flotasi darurat, pembawa kargo eksternal, interior VIP, kit pertanian, kontrol boost (siklik), kit terbang malam, bar derek, penutup kedap air, kerekan perawatan portabel, semua instrumen cuaca, roda pendaratan tipe roda ,

Helikopter militer juga dapat dilengkapi dengan rudal berpemandu Nord Aviation SS.10.

Demikianlah artikel tentang Multirole Light Helicopter / Helikopter Ringan Multi Peran Aérospatiale Alouette II, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

1. Wikipedia
2. ENSIKLOPEDIA DUNIA “HELIKOPTER MILITER” – FRANCIS CROSSBY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar