Pages

Rabu, 15 Agustus 2018

Tank Perusak / Tank Destroyer IKV-91


Tank Destroyek/Tank Perusak IKV-91
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 15 Agustus 2018

Artikel kali ini mengulas tentang tank destroyer atau mesin penghancur tank, atau kita akan lebih menyebutnya sebagai tank perusak dari Swedia.

Tank Destroyer IKV-91 adalah pengembangan design pada tahun 1960-an untuk menggantikan tank tempur medium Strv 74 dan beroperasi di Angkatan Darat Swedia pada tahun 1975. Tank Destroyer ini tidak lagi menerapkan konsep profil tanpa turet atau turretless fixed gun seperti konsep umum Tank Destroyer pada masa Perang Dunia ke II, seperti SdKfz 173 JAGDPANTHER, ataupun tank destroyer pasca Perang Dunia ke II seperti Strv 103 S.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Tank Perusak / Tank Destroyer - SdKfz 173 JAGDPANTHER)

Tank Destroyek/Tank Perusak IKV-91
militerbanget.blogspot.com

IKV-91 masih menyertakan turret, tetapi profil alutsista ini sangat rendah karena dirancang  dengan sangat cerdik, yaitu dengan profil mengecil di bagian depan, sehingga mampu mengeliminir dampak benturan proyektil dari tembakan lawan.

Tank Destroyek/Tank Perusak IKV-91
militerbanget.blogspot.com

Persenjataan 

Persenjataan utama tank perusak ini terdiri dari meriam Bofors KV90S73 kaliber 90mm L/54 meriam dengan laju proyektil rendah (low velocity), yang mampu menembakkan proyektil tipe HEAT dan HE. Turret yang mempunyai kemiringan ekstrem memberikan perlindungan terhadap tembakan proyektil hingga kaliber  25mm.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - Strv 103 S (Bagian 1)) 

Senjata utama memiliki sudut penembakan hingga ketinggian 15° dan depresi −10°. Laras dilengkapi dengan extractor asap. Persenjataan sekunder 91 Ikv termasuk dua pucuk senapan mesin Browning kaliber 7,62mm; satu di Mount coaxial, dan yang kedua di pintle yang melekat pada kubah komandan. Dua unit pelontar suar kaliber 71mm "Lyran" yang dipasang pada turret bersama dengan seperangkat smoke dischargers atau pelontar granat asap (biasanya 12 buah pelontar pada konfigurasi standar). 

Tank Destroyek/Tank Perusak IKV-91
militerbanget.blogspot.com

Mesin perang ini juga dilengkapi dengan laser rangefinder, nightvision dan sistem pengendalian penembakan yang sudah terkomputerisasi untuk peningkatan kecepatan penembakan. Ikv 91 mampu menembakkan 8 proyektil per menit dan kemampuan penyimpanan amunisi internalnya mampu mengakomodir 59 proyektil kaliber 90mm. 

Yang lebih menakjubkan lagi, tank ini juga mampu menembak selagi “berenang” di air. Dengan trek lebar dan power-to-weight ratio yang tinggi, Ikv 91 memiliki kemampuan mobilitas untuk medan off-road yang sangat baik. Tekanan rendah tanah diaktifkan 91 Ikv beroperasi melalui taiga musim panas dan salju musim dingin.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - Strv 103 S (Bagian 2)

Tank Destroyek/Tank Perusak IKV-91
militerbanget.blogspot.com

Kendaraan ini dapat dirubah menjadi kendaraan amfibi dengan sedikit persiapan oleh kru. Layar akan didirikan untuk menghentikan air memasuki mesin dan kompartemen kabin dengan baling-baling untuk melindungi dari gelombang. Kendaraan memiliki bobot tempur atau bobot operasional sekitar 16.3 ton. 

Ikv 91 purna tugas dari Angkatan Darat Swedia pada akhir 1990-an – awal 2000-an dan digantikan sebagian oleh kendaraan tempur Strf 90 dan Tank Leopard 2. Saat masih aktif, Ikv 91 ditugaskan kepada  Brigade Infantri Swedia, yang mempunyai satu kompi yang terdiri dari 12 kendaraan. Brigade mekanik 10 memiliki dua kompi  pada tahun 1980. Di akhir tahun 1980-an dan awal 1990-an, Brigade Mekanik ke 10 memiliki  91 unit Ikv yang kemudian diganti dengan Tank Centurion dan pada tahun 2000, Semua Brigade Infantri Swedia dibubarkan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Tank Tempur Medium / Medium Tank Strv 74

Tank Destroyek/Tank Perusak IKV-91
militerbanget.blogspot.com

Rencana peningkatan dibuat untuk menggantikan meriam kaliber  90mm dengan kaliber 105mm yang lebih mematikan atau bahkan sebuah peluncur rudal belakangnya. Tetapi, ternyata hanya satu purwarupa dengan meriam kaliber 105mm yang bisa diwujudkan pada tahun 1983 (Ikv 105), sayangnya, varian ini tidak pernah masuk ke lini produksi.

Tank perusak Ikv 105 dipasarkan untuk ekspor dan telah diuji oleh India dan Amerika Serikat untuk kelayakan. Diatas kertas, tank perusak ini cukup potensial dengan bobot 18 ton dan kecepatan jelajah di air hingga 12 km/jam, menjadikan tank ini bersahabat bagi kebanyakan area di banyak negara.

Memiliki dapur pacu, mesin diesel turbocharged 6 silinder volvo-Penta, yang mampu menghela tank ini sampai kecepatan maksimal 65 km/jam, dan jarak tempuh maksimal 550 km, serta memiliki persenjataan utama, meriam kaliber 90mm. Ruang amunisi tank ini mampu menampung amunisi hingga 60 poyektil dengan spesifikasi amunisi dari berbagai tipe.

Tank perusak ini menganut konfigurasi standar, diawaki oleh empat orang kru, dengan konfigurasi tiga kru (komandan, penembak, dan juru meriam) diposisikan di turret, sedangkan pengemudi di sisi kiri badan tank bagian depan.

IKV-91 ini juga memiliki kemampuan amfibi, dapat melaju di air dengan  penggerak roda tracknya. Ada pula tank versi uji bersenjata meriam super low recoil (meriam dengan tolak balik sangat kecil) Rh 105-11 buatan Rheinmetall. Versi ini diuji oleh Swedia dan India, serta terbukti efektif untuk menembak dengan sudut 90 derajat di sebelah kiri dan kanan. IKV-91 dioperasikan oleh Angkatan Darat Swedia, tetapi mesin perang ini  tidak pernah diekspor.  

Tank Destroyek/Tank Perusak IKV-91
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Perusak / Tank Destroyer IKV-91


Asal Negara: Swedia
Mulai bertugas: 1975
Kru: 4 Orang
Bobot: 16,3 ton

Dimensi  

Panjang: 6,41 m / 21ft 0.5in 
Tinggi: (over turret hutch) 2,32 m / 7ft 7.5in
Lebar: 3,0 m/ 9ft 10in

Persenjataan  

Senjata utama: Meriam kaliber 90mm gun
Senjata sekunder: 
2 x 7.62 mm /0.30 in machine gun
Armor: unspecified

Mesin: 

Volvo-Penta-6 cylinder diesel, developing 268.4 kW/360hp

Performa 

Kecepatan maksimum: 65 km/jam (40.4 mph), 
Jarak maksimum: 550 km (341.5 miles)

Demikianlah artikel tentang Tank Perusak / Tank Destroyer IKV-91, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 
ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com



Pesawat Jet Latih-Tempur Ringan / Advanced Trainer Aircraft - Hawk 100



Kemayoran, Jakarta, Rabu, 15 Agustus 2018

Kembali pada artikel tentang dunia militer. Kali ini kita akan mengulas tentang pesawat latih sekaligus pesawat tempur ringan atau serang darat Hawk 100. 

Pesawat hasil racikan dari Inggris ini memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan pesawat lain sekelasnya. Selain multi fungsi, dimensinya yang kecil, serta bobotnya yang terbilang ringan, menjadi nilai tambah tersendiri. faktor-faktor tersebut diatas menjadi sebagian dasar bagi Indonesia dalam memilih pesawat ini sebagai bagian dari sistem pertahanan Indonesia.


Pesawat Hawk 100 merupakan pesawat Hawk versi latih yang dapat juga difungsikan sebagai pesawat serang darat dan pesawat tempur ringan. Untuk versi latih, pesawat ini dapat difungsikan terutama untuk latihan penggunaan senjata. Versi ini dibuat dengan konfigurasi tempat duduk ganda (tandem), sangat ideal untuk latihan tempur, latihan navigasi, dan latihan penggunaan senjata. 

Dikembangkan berdasarkan pesawat dari seri Mk.60, konstruksi kerucut hidung Hawk 100 dibuat lebih panjang, perlengkapan kokpit yang lebih modern, dilengkapi dengan database untuk perangkat elektronik penerbangannya, dilengkapi dengan perangkat sensor FLIR (Forward Looking Infra Red) atau laser pada kerucut hidungnya, instalasi dudukan misil pada ujung sayap (wingtip), dan jenis mesin yang lebih tinggi kemampuannya. Hawk seri Mk. 60 menggunakan mesin Rolls-Royce Adour Mk. 861 dengan daya dorong 5.700 lb (25.5 kN), sedangkan Hawk 100 dan Hawk 200 menggunakan mesin Rolls-Royce Adour Mk-871 dengan daya dorong yang lebih besar (26 kN).


Konstruksi Hawk 100 dibuat dari bahan aluminium alloy dengan umur pakai maksimum (rekomendasi) sampai dengan 20 tahun. Pada bagian bawah sayap disediakan tujuh buah stasiun tempat pemasangan persenjataan ataupun tangki bahan bakar eksternal atau tangki bahan bakar cadangan (pylon).

Perangkat navigasi dan pembidikan senjata dengan teknologi mutakhir menjadikan Hawk 100 dapat juga dikonfigurasikan atau dioperasikan sebagai pesawat tempur ringan. Perangkat avionik dasarnya terdiri dari INAS (Intertial Navigation/Attack System), HUD (Head up Display)/Weapon Aiming Computer (WAC) dan multi purpose Head DownDisplay berwarna, sistem store management baru, radar altimeter, radio komunikasi UHF/VHF, dan berbagai sarana elektronika lainnya.


Perangkat kendali persenjataan ditempatkan secara praktis pada sebuah stick yang dikendalikan dengan tangan kanan pilot, serta sebuah stick lain yang dikendalikan oleh tangan kiri (throttle). Sistem ini diberi singkatan “HOTAS” (Hand on Throttle and Stick). HOTAS ini juga berfungsi sebagai pengatur mode display untuk HUD (Head Up Display), misalnya untuk pengaturan navigasi, penggunaan persenjataan, maupun pelepasan bom.

HUD dengan metode optik, memiliki layar saji dengan cakupan panjang yang cukup luas. HUD dilengkapi dengan perangkat kamera, dan gambar yang diambil oleh kamera tersebut dapat direkam dengan unit perekamvideo yang terdapat dalam pesawat.

Untuk mengantisipasi pantauan radar lawan, Hawk 100 dilengkapi dengan perangkat RWR (Radar Warning Receiver). Sinyal radar lawan akan tersaji pada HUD dan multi purpose display (head down display) dalam format alphanumeric. Pusat sinyal radar dapat dialokasikan dan diprioritaskan untuk dinetralisir atau dihindari. Dengan menggunakan frekuensi, yang dikombinasikan dengan jalur data RWR, akan menghasilkan peringatan ancaman yang efektif.


Multi purpose display merupakan referensi head down yang utama bagi pilot. Display ini memiliki prosesor sendiri denga generator simbologi grafik 15 warna. Di sekitar layar saji terdapat 13 tombol fungsi untuk mengaktifkan perangkat lunak yang sudah terprogram untuk fungsi-fungsi yang tercantum pada format yang ada di layar saji. 

Tersedia 27 format layar saji yang memberikan informasi tentang sistem pengarah navigasi, pengatur rencana posisi pesawat, pra-rencana jalur navigasi, status dan indikator arah ketinggian, dan sebagainya.

Sistem Store Management dikendalikan dengan panel kendali persenjataan. Kedua sistem digunakan untuk memiliki persenjataan yang akan digunakan saat pertempuran berlangsung.

Sebagai kelengkapan untuk menunjang misi tempur, Hawk 100 dapat dilengkapi dengan perangkat tambahan berupa FLIR (Forward Looking Infra Red) dan Laser rangefinder. Penambahan dapat dipilih salah satu dari perangkat tersebut atau kedua sistem sekaligus. 


Laser rangefinder digunakan untuk memberikan informasi jarak antara pesawat dengan target (untuk pembidikan senjata). Perangkat ini akan memasok data ke pusat data komputer  di pesawat, untuk digunakan oleh komputer pembidik persenjataan guna memastikan keakuratan yang tinggi dalam penembakan.

Semua perangkat elektronika (avionik) pada Hawk 100 saling berhubungan satu sama lain dengan bantuan media dual redundant digital databus yang dibuat dengan standar militer (MIL-STD-1553B).

Tenaga elektrik dihasilkan dari generator DC 12 kW 30V. Bila pemasok utama itu mengalami kerusakan atau disfungsi, ada sistem cadangan berupa dua buah baterai yang menghasilkan daya listrik dengan kapasitas yang sama dengan generator DC tersebut, dan dapat beroperasi selama 20 menit.

Tenaga listrik AC dihasilkan dari dua unit inverter tiga fase, 3kVA 115/26V 400 Hz. Pada saat pesawat sedang berada di darat, peralatan avionik juga dapat dioperasikan dengan dukungan pemasok listrik eksternal yang tersedia di darat.

Bahan bakar tersimpan dalam tangki di dalam pesawat yang terpasang pada internal sayap dan bagian tengah badan pesawat. Tangki pada badan pesawat berfungsi sebagai tangki pengumpul bahan bakar, yang diambil dari tangki internal sayap maupun dari tangki bahan bakar cadangan yang biasa dipasangkan atau dibawa dalam misi penerbangan jarak jauh.

Hawk 100 digerakkan dengan mesin utama jenis turbofan buatan Rolls Royce, jenis Adour Mk 871, yang memiliki daya dorong sebesar 26kN (5730 lbs). Mesin ini dibuat dengan sistem modul untuk mempermudah pemeliharaannya. Mesin jenis ini juga digunakan pada T-45 dengan kode F-405-RR-401. 

Pengaktifan mesin dilakukan dengan pembangkit tenaga yang terdapat dalam unit mesin itu sendiri dengan bantuan baterai pesawat. Mesin Adour Mk. 871 memiliki beberapa komponen baru yang handal, diantaranya, bilah-bilah (blade) turbin yang dibuat dari sejenis bahan kristal yang diperkeras. Dengan demikian, mesin ini tidak akan mengalami masalah apabila dioperasikan di daerah dengan iklim yang panas.

Mk. 871 dapat memacu pesawat sampai tingkat kecepatan maksimum Mach 1.2. Namun dengan standar ISA, Hawk 100 hanya direkomendasikan untuk kecepatan maksimum pada Mach 0.83.


KEAMANAN DAN KENYAMANAN

Untuk segi keamanan dan kenyamanan penerbang, pesawat Hawk 100 memiliki kokpit dengan rancangan perletakan peralatan yang ergonomis. Instrumen-instrumen dalam kokpit mudah dilihat dan mudah dijangkau oleh pilot. Kursi pilot berupa kursi lontar otomatis Martin Baker Mk. 10LH. Pelontaran dibantu sistem roket, sehingga pelontaran dapat dilakukan pada berbagai level ketinggian dan berbagai kecepatan dengan tingkat keselamatan yang tinggi bagi penerbang. Kecepatan terendah yang direkomendasikan mencapai tingkat zero high and zero speed. Kursi lontar juga dilengkapi dengan tabung oksigen, sehingga saat pilot terlontar dari pesawat dan memerlukan oksigen, akan dapat dipenuhi. Pada kokpit juga tersedia tabung oksigen dengan kapasitas 2 x 1400 liter.

Untuk pengamanan pelontaran kursi pilot, kanopi akan pecah dengan pecahan mengarah ke luar beberapa saat sebelum kursi lontar aktif. Proses pemecahan kanopi ini berlaku secara mekanis, mengikuti gerakan kursi dan dibantu dengan ledakan dipacu oleh MDC (Ministure Detonating Cord)


Spesifikasi 
Pesawat Jet Latih-Tempur Ringan / Advanced Trainer Aircraft - Hawk 100


Tipe Pesawat: Pesawat Latih dan Tempur Ringan (Doble Seat training/fighter)
Terbang Perdana: Sekitar tahun 1974
Kru: 2 Orang (Calon penerbang & Instruktur)
Bobot: 4.480 kg (Kosong), MTOW: 9.100 kg

Dimensi 
Panjang Pesawat: 12,43 m 
Bentangan sayap: 9,94 m
Tinggi: 3.98 m
Wing area: 16.70 m2

Persenjataan 
Senjata: 
Kanon 1 x 30mm ADEN Gun di Pod Pylon di bawah badan 
2 x 1 AIM-9 Sidewinder atau 2 x 1 AMRAAM di wingtip 
AGM-65 Maverick
FFAR atau bom sampai seberat  2.000 kg

Mesin: 
1 X Rolls-Royce Adour Mk. 871 - daya dorong 26 kN

Performa  
Kecepatan maksimum: 1.2 Mach (Dive/Menukik)
Kecepatan Maksimum Level: Mach 0.84 (1,028 km/h, 638 mph) 
Ketinggian maksimum: 13.564 m
Ketahanan terbang: Variatif tergantung konfigurasi muatan
Jarak jelajah maksimum: 2.394 km (feri)-non tempur

Sumber: 
Majalah Teknologi Strategi Militer No. 61