Pages

Kamis, 31 Oktober 2024

Yakovlev Yak-3 – Pesawat Tempur Soviet Yang Tak Tertandingi Era Perang Dunia II (Bagian Kedua)


Pesawat Tempur/Fighter Airplane
Yakovlev Yak-3
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Kamis, 31 Oktober 2024

Perang Dunia ke II memang seakan tak habis menceritakan berbagai kisah yang sangat menarik di dalamnya. Mulai dari kisah yang menuturkan tentang situasi dan kondisi perang yang mencekam, kisah tentang keberanian serta persahabatan, kisah tentang manuver dan taktik, dan lain sebagainya. Dan salah satu kisah yang menarik adalah kisah tentang pesawat tempur yang terlibat di dalam perang besar tersebut. Dan pesawat Yakovlev Yak-3 menjadi salah satu alutsista yang masuk ke dalam kisah tersebut. Supaya artikel ini dapat dimengerti dengan mudah, silahkan baca artikel sebelumnya dengan judul: “Yakovlev Yak-3 – Pesawat Tempur Soviet Yang Tak Tertandingi Era Perang Dunia II (Bagian Pertama)”. Dan berikut ini adalah artikel kelanjutannya:

Pesawat Tempur/Fighter Airplane
Yakovlev Yak-3
militerbanget.blogspot.com

Rancang Bangun


Design pesawat Yak-3 yang kompak dan ringan, berkontribusi pada kemampuan manuvernya yang luar biasa. Pesawat ini memiliki rangka pesawat yang kuat tetapi simple , dengan badan pesawat semi-monocoque dan sayap kayu yang pada tepiannya dikombinasikan dengan logam untuk perkuatan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja / Armored Personnel Carrier - APC Pandur)

Dalam struktur semi-monocoque, kulit pesawat menanggung sebagian tekanan pada saat terbang, termasuk tekanan yang ditimbulkan oleh daya angkat aerodinamis dan efek dari berat pesawat itu sendiri.

Pesawat Tempur/Fighter Airplane
Yakovlev Yak-3
militerbanget.blogspot.com

Namun, tidak seperti desain monocoque murni, sistem semi monocoque juga memanfaatkan penopang internal yang disebut stringer dan former, yang memperkuat struktur dan membantu mendistribusikan beban tegangan secara merata.

Kulit badan pesawat dalam struktur semi-monocoque biasanya terbuat dari aluminium, meskipun bahan lain seperti bahan komposit juga dapat digunakan. Kulit ini sering kali diperkuat dengan penguat longitudinal dan sekat atau rangka transversal, sehingga menciptakan struktur yang ringan namun kuat, yang merupakan persyaratan penting bagi pesawat tempur seperti Yak-3.

Pesawat Tempur/Fighter Airplane
Yakovlev Yak-3
militerbanget.blogspot.com

Berbagai kombinasi engineering ini berkontribusi besar dalam mengurangi berat keseluruhan pesawat dan meningkatkan rasio tenaga terhadap beratnya, sehingga menghasilkan pesawat yang memiliki akselerasi dan tingkat pendakian yang mengesankan.

Kokpit pilot diposisikan dekat dengan hidung pesawat, yang meningkatkan visibilitas ke depan, aspek penting dalam pertempuran jarak dekat. Rentang sayapnya yang relatif pendek memberi Yak-3 kecepatan putar yang lebih baik, menjadikannya pesawat tempur dengan Tingkat manuver yang tinggi.

Pesawat Tempur/Fighter Airplane
Yakovlev Yak-3
militerbanget.blogspot.com

Desain pesawat yang sederhana dan andal membuatnya lebih mudah untuk diproduksi dan dirawat, yang merupakan keuntungan signifikan mengingat situasi dan kondisi pada Perang Dunia II, Dimana sumber daya menjadi sangat terbatas.

Pesawat Yak-3 mengandalkan dapur pacu berupa mesin Klimov VK-105PF-2, yang merupakan mesin pengembangan baru yang dapat menghasilkan daya sebesar 1.300 tenaga kuda. VK-105PF-2 adalah mesin piston V-12 dengan pendingin cairan dan merupakan versi peningkatan dari seri VK-105 sebelumnya yang diproduksi oleh Uni Soviet selama Perang Dunia II. Mesin Klimov, secara umum, didasarkan pada mesin Hispano-Suiza 12Y, yang dilisensikan oleh Soviet pada awal 1930-an.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Ringan / Light Bomber Breguet 691/693)

Pesawat Tempur/Fighter Airplane
Yakovlev Yak-3
militerbanget.blogspot.com

Seri VK-105 merupakan upaya untuk memperbaiki desain standar. Versi “PF-2” dari VK-105 merupakan peningkatan lebih lanjut, yang terutama ditujukan untuk meningkatkan daya mesin tanpa menambah bobot secara signifikan. Dengan kapasitas mesin sekitar 35,1 liter, VK-105PF-2 dapat menghasilkan tenaga maksimum sebesar 1.300 tenaga kuda pada 2.600 RPM, yang merupakan peningkatan signifikan dibandingkan VK-105 versi asli.

Demikianlah artikel tentang Yakovlev Yak-3 – Pesawat Tempur Soviet Yang Tak Tertandingi Era Perang Dunia II (Bagian Kedua). Artikel ini bersambung ke bagian ketiga dengan judul “Yakovlev Yak-3 – Pesawat Tempur Soviet Yang Tak Tertandingi Era Perang Dunia II (Bagian Ketiga)", semoga artikel ini dapat memberikan kegembiraan bagi rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. World Fighter Airplane
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Uni_Soviet
#Pesawat
#Pesawat_Tempur
#Perang_Dunia_II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar