Pages

Rabu, 31 Juli 2019

Pesawat Pembom Ringan / Light Bomber Breguet 691/693



Kemayoran, Jakarta, Rabu, 31 Juli 2019

Pesawat Breguet 690 dirancang berdasarkan pada proposal yang spesifikasinya diterbitkan pemerintah Perancis pada tahun 1934, untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Bersenjata Perancis akan pesawat tempur berat berawak tiga orang. Purwarupa pesawat tempur bermesin dua tersebut memiliki performa yang sangat baik. Dan ketika Perang Dunia ke II sudah diambang pintu, Pesawat tempur ini lalu dibuat varian pembomnya. Pesawat pembom ringan ini dberi kode Breguet Bre. 691, dapur pacunya menggunakan mesin Hispano Suiza, yang purwarupanya diterbangkan pertama kali tahun 1937, lalu diproduksi secara tergesa-gesa demi menghadapi perang yang sudah diambang pintu. 


Varian pembom ringan ini berbeda dibandingkan dengan versi tempurnya. Versi pembomnya memiliki bombay (kompartment bom) yang berkapasitas maksimum 400 kilogram bom. 


Seratus unit Bre. 691 dipesan untuk segera direalisasikan, tetapi, sebelum produksinya dimulai, varian yang lebih baru dan lebih baik, yaitu Breguet Bre. 693 muncul. Pesawat varian ini memiliki dapur pacu mesin Gnome Rhone yang lebih kuat (dibuat juga versi lain yaitu Bre. 695 yang menggunakan mesin Pratt & Whitney Twin Wasp Junior buatan Amerika Serikat)


Pada saat kekalahan Perancis, hampir 300 unit dari berbagai versi telah dikirim dan ditempatkan ke garis depan. GBA I/54 dan II/54 menjadi grup pertama yang diperkuat dengan pesawat pembom ringan  Bre. 693. Versi ini melaksanakan pertempuran pertamanya pada tanggal 12 Mei 1940, dimana 12 unit pesawat ini menyerang pasukan dan kendaraan tempur Jerman. Hasilnya sangat mengecewakan, dari 12 pesawat yang dikirim, 11 unit berhasil ditembak jatuh oleh Jerman. Ternyata, peawat ini sangat rentan dan kalah manuver dibandingkan dengan pesawat-pesawat tempur Jerman yang lebih superior. 


Belum lagi pesawat ini tidak memiliki persenjataan defensif yang cukup kuat untuk melumpuhkan pesawat musuh.  Pada tanggal 24 Juni 1940, setelah melakukan hampir 500 sorti pertempuran, Angkatau Udara Perancis telah kehilangan hampir separuh dari seluruh pesawat Bre. 693 yang dimilikinya.


Angkatan Udara Vichy akhirnya mengambil alih unit pesawat yang masih tersisa, dan ironisnya, banyak diantaranya yang dikirimkan ke Angkatan Udara Jerman (Luftwaffe), dan oleh Jerman, pesawat ini lalu dicopot mesinnya untuk dipergunakan untuk memotori pesawatnya sendiri. 


Menurut catatan resmi, beberapa unit pesawat Bre. 693 dikirim ke Italia untuk digunakan sebagai sarana latihan operasional pada kurun waktu 1942 sampai 1943.


Spesifikasi Pesawat Pembom Ringan Breguet 691/693

Asal Negara: Perancis
Tipe Pesawat : Pesawat Pembom 2 Mesin
Terbang Perdana : 25 Oktober 1939  
Kru : 3 Orang
Bobot : 3.010 kg (Kosong), MTOW : 5.500 kg


Dimensi :
Panjang Pesawat: 9,67 m 
Bentangan sayap : 15,63 m
Tinggi : 3.19 m
Wing Area: 28.8m2

Persenjataan :
1 X Meriam kaliber 20mm
2 X Senapan mesin kaliber 7.5mm (fix forward firing machine guns)
3 X Senapan mesin kaliber 7.5mm (fix and obliquely rearward  firing machine guns)
Muatan bom sampai dengan 400 kg

Mesin : 2 X Gnome Rhone 14M Mars 700hp cylinder radial engines

Performa : 
Kecepatan maksimum : 475 km/jam
Ketinggian operasional maksimum : 8.500 m
Kecepatan menanjak: 500 m/menit
Jarak jelajah maksimum : 1350km 

Versi Aviastar.org


Breguet 691/693/695 - 1938

Breguet 690 dirancang sebagai jawaban atas spesifikasi yang diterbitkan oleh kementerian udara Prancis tahun 1934 yang meminta pengadaan pesawat tempur dengan konfigurasi tiga kursi dan bermesin ganda. Beberapa pabrikan mengajukan proposal, dan kontes dimenangkan oleh Potez 630. Proposal Breguet lebih berat dan lebih kuat daripada rancangan dari kontestan lainnya, para perancangnya membuat pesawat ini sebagai pesawat terbang multi-peran yang lebih fleksibel. Proses perancangan pesawat Breguet 690 dimulai pada tahun 1935 dan purwarupa selesai pada tahun 1937, pesawat ini terbang perdana pada tanggal 23 Maret 1938. Pesawat ini ditemukan memiliki kinerja yang unggul dibandingkan dengan Potez 630, dan Breguet menerima kontrak untuk memasok 100 pesawat, dikonfigurasikan sebagai pembom & serang ringan.


Breguet 691 yang dibuat adalah pesawat monoplane mid-wing kantilever yang memiliki bentuk mulus  (aerodinamis) dan berkonstruksi sepenuhnya dari logam, dengan dua mesin yang dipasang di sayap dan bentuk hidung pesawat pendek yang secara sepintas mirip dengan pesawat Bristol Beaufighter. Namun di sisi sayap, badan pesawat meruncing ke arah ekor dengan sirip dan kemudi bersudut ganda. 


Konversi dari Bre.690 ke Bre.691 relatif sederhana, perubahan utama adalah dihilangkannya posisi navigator untuk penambahan ruang bom kecil. Pengalaman dengan Bre.691 membuktikan bahwa mesin Hispano-Suiza tidak dapat diandalkan, dan Bre.693.01 diperkenalkan dengan dua mesin Gnome-Rhone 14M-6/7 setelah hanya 78 Bre.691 yang dibangun. 234 unit pesawat Bre.693 dibuat, unit selanjutnya memiliki tambahan persenjataan berupa dua pucuk senapan mesin ringan caliber 7,5mm, satu dipasang di ekor masing-masing mesin nacelle, untuk menambah proteksi pesawat terhadap serangan pesawat musuh.


Sayangnya, permintaan pengadaan pada pesawat seri Bre.690 terganggu oleh invasi Jerman ke Perancis dan Bre.694.01 tunggal dibangun, dimaksudkan sebagai pesawat pengintai tiga kursi, dikirim langsung ke Aeronavale. Bre.694 pada umumnya mirip dengan Bre.690 asli tanpa tempat bom dan kompartemen navigator, tetapi dengan mesin Gnome-Rhone 14M-4/5.


Versi Bre.695 sebenarnya identik dengan Bre.693 tetapi dengan mesin Pratt & Whitney SB4G Twin Wasp Junior. Sebagai alternative, Perancis mulai merancang versi pesawat menggunakan mesin produksi Negara lain sebagai langkah alternative jika terjadi hambatan atau gangguan pada produksi dalam negeri Prancis. Tercatat, 50 unit pesawat  Bre.695 diproduksi, dan dikirimkan ke Groupe 18 pada Juni 1940.


Bre.696 dan 697 dibuat hanya sebagai purwarupa dan masing-masing merupakan pembom ringan dua kursi dan perusak berat dua kursi. Breguet 693 terbukti sangat rentan dan hampir setengah dari pesawat tersebut berhasil dijatuhkan oleh lawan.


Spesifikasi Pesawat Breguet Model/Versi 693 AB2

Jumlah awak: 2 orang
Berat lepas landas 4892 kg 10785 lb
Berat kosong 3006 kg 6627 lb

Dimensi:
Rentang sayap: 15,4 m 51 kaki 6 in
Panjang: 9,7 m 32 kaki 10 in
Tinggi: 3,2 m 11 kaki 6 in
Luas sayap: 29,2 m2 314,31 kaki persegi

Performa:
Kecepatan Maksimum: 490 km / jam 304 mph
Ketinggian operasional maksimum: 9500 m 31150 kaki
Jarak jelajah maksimum: 1350 km 839 mil

Persenjataan: 
1 x Meriam caliber 20mm
3 x Senapan mesin caliber 7.5mm
Bom sampai dengan berat 400kg

Sumber : 
PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)
WWW.Aviastar.org

-----------------------------------------
tag: Close Support Vehicle, Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, Heer , Helicopter, Helicopter Angkut/Serang, Helicopter, tempur/serang, Helikopter, Helikopter Anti Kapal Selam, Helikopter multi peran, Helikopter Serang-Tempur, Kapal Cepat, Kendaraan Intai/Tempur Ringan, Kendaraan Serba Guna, Kendaraan Taktis Lapis Baja, Kriegsmarine, Luftwaffe, MiG, Pesawat Angkut Berat Jet, Pesawat Angkut Propeller, Pesawat Anti Kapal Selam, Pesawat Anti Tank Propeller, Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, Pesawat pembom berat Jet, Pesawat Pembom Medium-Propeller, Pesawat Pembom Propeller, Pesawat Pembom Ringan Jet, Pesawat Pembom Strategis, Pesawat Pembom Tukik Propeller, Pesawat Pembom/Tempur Jet, Pesawat serang jet, Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), Pesawat Tempur Jet, Pesawat Tempur Malam, Pesawat Tempur Propeller, Pistol Mitraliur/Submachine Gun, Senapan Serbu Otomatis, Senapan Serbu Semi Otomatis, Tank, Tank Amfibi, Tank Destroyer, Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, Tank Tempur Berat/Heavy Tank, Tank Tempur Medium/Medium Tank, Tank Tempur Ringan/Light Tank, Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, senjata, senapan serbu, amunisi, peluru, sniper, pesawat, pesawat tempur, helikopter tempur, perang, lapis baja, pembom.

Selasa, 30 Juli 2019

Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja / Armored Personnel Carrier - APC Pandur



Kemayoran, Jakarta, Selasa, 30 Juli 2019

Steyr-Daimler-Puch Pandur adalah kendaraan tempur beroda dengan konfigurasi 6x6 (dengan 6x4 sebagai penggerak). Dan kendaraan ini dapat digambarkan sebagai kendaraan tempur multi-guna karena dikembangkan untuk memenuhi berbagai peran tempur, dengan banyak varian, dan hebatnya, seluruh varian tersebut dapat berbagi komponen atau suku cadang dan perlengkapan yang sama.


Kendaraan tempur ini dikembangkan secara mandiri oleh Austria, dan purwarupa pertama muncul pada tahun 1985. Sejak itu serangkaian varian pra-produksi telah diproduksi untuk menunjukkan sejumlah peran, dari kendaraan medis atau ambulans yang tidak dilengkapi dengan senjata, hingga berbagai model turret yang dilengkapi dengan beragam senjata, mulai dari senapan mesin berat kaliber 12,7mm hingga meriam ringan kaliber 30mm.


Model dasar dari APC Pandur pada awalnya tidak memiliki turret, meskipun celah atau tingkap menembak yang terletak di sisi lambung (supaya pasukan yang berada di dalam kendaraan tersebut dapat menembak) menjadi salah satu opsi standar, sementara dua pintu untuk penumpang disediakan di bagian belakang, ada juga pintu atau tingkap pada atap kendaraan.


Varian APC Angkatan Darat Austria, model produksi Pandur pertama yang dipesan pada tahun 1994 dan ditujukan untuk tugas PBB, memiliki atap bagian belakang yang ketinggian atapnya ditambah untuk memperluas ruang kepala internal untuk delapan pasukan yang diangkut, ditambah senapan mesin berat Browning M2 kaliber 12,7mm yang dipasang dan dilindungi secara eksternal yang posisinya tepat di atas kubah komandan. Pesanan awal adalah untuk 68 unit meskipun total akhir untuk varian ini jauh lebih tinggi.


Ada beberapa versi Pandur yang dilengkapi dengan turret, salah satunya adalah MICV 127 yang dilengkapi dengan turret berawak satu orang yang dipersenjatai dengan satu senapan mesin berat kaliber 12,7mm dan satu senapan mesin kaliber 7,62mm, sementara ada juga model lain yang dilengkapi dengan turret berawak dua orang yang dipersenjatai dengan meriam Mauser kaliber 30mm.


Versi lain sebagai kendaraan pendukung tembakan yang dipersenjatai dengan meriam kaliber 90mm yang ditujukan untuk mendukung manuver unit pengintai lapis baja. 


Dengan konstruksi lambung yang terdiri dari baja yang dilas penuh memungkinkan Pandur untuk mengemban banyak peran, salah satu senjata yang cocok untuk dipadankan dengan kendaraan tempur ini adalah mortir kaliber 81mm yang mampu diakses melalui lubang atap lambung, turret rudal anti tank berpemandu, meriam untuk pertahanan udara jarak dekat/ringan atau turret dengan  rudal.

Varian
Kendaraan Komando.
Armored recovery vehicle.
Kendaraan untuk perang elektronik.
Pandur II, pembawa personel lapis baja yang ditingkatkan, tersedia dalam konfigurasi 6x6 dan 8x8.


Spesifikasi Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja / Armored Personnel Carrier - APC Pandur

Negara: Austria
Mulai Operasional: 1995
Awak: 2 orang
Kapasitas angkut personel: 8 orang

Dimensi dan berat
Berat 13 ton
Panjang 5,7 m
Lebar 2,5 m
Tinggi 1,82 m

Persenjataan
1 x senapan mesin berat kaliber 12,7mm

Tenaga gerak
Mesin Steyr WD diesel dengan daya 260 hp
Kecepatan maksimum (jalan raya): 100 km / jam
Jarak jelajah operasional: 700 km

Kemampuan manuver
Tanjakan maksimum: 70 derajat
Kemiringan maksimum: 40 derajat
Halangan vertikal: 0,50 m
Lebar Parit maksimum: 1,1 m
Fording 1,2 m


Wikipedia

Pandur: 6×6 APC
Tipe: Kendaraan Angkut personel lapis Baja (APC - Armoured personnel carrier)
Negara asal: Austria

Riwayat operasional
Sejarah produksi
Dirancang: Sekitar tahun 1980-an
Pabrikan: Steyr-Daimler-Puch

Spesifikasi:
Bobot: 13,5 ton
Panjang: 5,7 m (18 kaki 8 in)
Lebar: 2,5 m (8 kaki 2 in)
Tinggi: 1,82 m (6,0 kaki)

Awak: 2 Orang
Kapasitas angkut: 8 pasukan dengan perlengkapan penuh
Perlindungan lapis baja terhadap tembakan kaliber 12,7mm pada busur depan 30 ° 
Perlindungan lapis baja terhadap tembakan kaliber 7,62mm di tempat lain

Persenjataan
Senapan mesin berat kaliber 12.7mm MG (opsi lain tersedia)
Mesin:Steyr 6-cylinder turbo-charged diesel
194 kW (260 bhp) at 2,400 rpm
Jarak jelajah operasional: 700 km (430 mi)
Kecepatan maksimum (jalan raya):100 km / jam (62 mph)

Sumber : 
1. Military-today.com
2. Wikipedia

tag: #Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia 2019, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #

Senin, 29 Juli 2019

Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja (Armored Personnel Carrier – APC) Otokar Yavuz



Kemayoran, Jakarta, Senin, 29 Juli 2019

Otokar Yavuz adalah kendaraan lapis baja 8x8 Turki modern pertama. Pengangkut personel lapis baja (Armored Personnel Carrier – APC) ini adalah varian dari kendaraan sejenis buatan Singapura, Terrex AV81, yang dikembangkan oleh Singapore Technologies Kinetics. Kendaraan pengangkut personel lapis baja ini kadang-kadang disebut juga sebagai Terrex AV82 dan memiliki sejumlah perubahan atau perbaikan, seperti detail bentuk lambung dan suspensi yang lebih canggih. 


Pengangkut personel lapis baja ini dikembangkan untuk memenuhi persyaratan pasukan darat Turki dan juga ditujukan juga untuk calon pembeli lain diluar Turki. Tetapi sampai dengan selesainya purwarupa, ternyata tak ada pesanan yang datang untuk kendaraan lapis baja ini. Alhasil, riwayat dari Akhirnya Yavuz tidak pernah melewati tahap prototipe.


Armor Yavuz memberikan perlindungan menyeluruh alias kebal terhadap tembakan dari peluru kaliber 7,62mm dari jenis armored piercing (penembus lapisan baja). Pada sisi frontal (depan) memiliki spesifikasi kebal terhadap tembakan kaliber 12,7mm. Kendaraan memiliki lambung berbentuk V, yang memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap ledakan ranjau darat. Menurut salah satu sumber, kendaraan pengangkut personel lapis baja ini mampu menahan ledakan TNT seberat 12 kg di bawah roda.

Ruangan dalam dari Otokar

Yavuz dipersenjatai dengan senapan mesin kaliber 12,7mm yang dikendalikan dengan remote control atau peluncur granat otomatis kaliber 40mm. Kendaraan juga ditawarkan dengan berbagai opsi persenjataan, termasuk meriam kaliber 20mm atau 30mm.

Pintu belakang dengan konfugurasi ramp

Otokar Yavuz dikendalikan oleh dua orang awak dan dapat membawa hingga 12 pasukan dengan perlengkapan penuh. Kapasitas angkut penumpang ini berkurang jika APC dilengkapi dengan persenjataan yang dipasang di menara. Jika diperuntukkan bagi angkutan kargo, maka APC ini dapat mengangkut muatan seberat 11 ton yang ditempatkan pada ruang angkut personel tadi. Proses mobilisasi pasukan bisa melalui pintu pada bagian belakang kendaraan atau melalui palka pada atap kendaraan. Komandan dan pengemudi dilengkapi dengan palka atap yang terpisah.


Kendaraan ini dimotori oleh mesin diesel C9 turbocharged Caterpillar, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 450 hp. Otokar Yavuz memiliki kemampuan amfibi. Pada saat APC ini berada di air, penggeraknya menggunakan dua unit waterjets.


Spesifikasi Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja / Armored Personnel Carrier (APC) Otokar Yavuz

Negara asal Turki
Mulai Operasional: -
Kru: 2 orang
Kapasitas ANgkut Personil: 12 orang


Dimensi dan berat
Berat (dengan muatan penuh): 24 ton
Panjang: 6,8 m
Lebar: 2,7 m
Tinggi: 2,1 m

Persenjataan
Senapan mesin: 1 x 12,7 mm (opsional)

Mobilitas:
Mesin: Caterpillar C9 diesel daya mesin 450 hp
Kecepatan maksimum (jalan raya): 110 km / jam
Kecepatan melaju di air: maksimum 10 km / jam
Jarak jelajah maksimum: 700 km

Kemampuan manuver:
Melalui jalan menanjak (tanjakan): 60 derajat
Kemiringan maksimum: 40 derajat
Halangan vertikal: 0,7 m
Lintas Parit: 2 m
Fording Amfibi

Sumber : military-today.com

-----------------------------------------
tag: Close Support Vehicle, Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, Heer , Helicopter, Helicopter Angkut/Serang, Helicopter, tempur/serang, Helikopter, Helikopter Anti Kapal Selam, Helikopter multi peran, Helikopter Serang-Tempur, Kapal Cepat, Kendaraan Intai/Tempur Ringan, Kendaraan Serba Guna, Kendaraan Taktis Lapis Baja, Kriegsmarine, Luftwaffe, MiG, Pesawat Angkut Berat Jet, Pesawat Angkut Propeller, Pesawat Anti Kapal Selam, Pesawat Anti Tank Propeller, Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, Pesawat pembom berat Jet, Pesawat Pembom Medium-Propeller, Pesawat Pembom Propeller, Pesawat Pembom Ringan Jet, Pesawat Pembom Strategis, Pesawat Pembom Tukik Propeller, Pesawat Pembom/Tempur Jet, Pesawat serang jet, Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), Pesawat Tempur Jet, Pesawat Tempur Malam, Pesawat Tempur Propeller, Pistol Mitraliur/Submachine Gun, Senapan Serbu Otomatis, Senapan Serbu Semi Otomatis, Tank, Tank Amfibi, Tank Destroyer, Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, Tank Tempur Berat/Heavy Tank, Tank Tempur Medium/Medium Tank, Tank Tempur Ringan/Light Tank, Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, senjata, senapan serbu, amunisi, peluru, sniper, pesawat, pesawat tempur, helikopter tempur, perang, lapis baja, pembom.

Jumat, 26 Juli 2019

Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber Avro Lancaster


Pesawat Pembom Berat
Avro Lancaster
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at, 26 Juli 2019

Pesawat Avro Lancaster menjadi pesawat pembom berat bermesin empat buatan Inggris yang paling terkenal pada Perang Dunia ke II. Pesawat ini dikembangkan dengan berbasis pada pesawat pembom Avro Manchester (baca artikel tentang Avro Manchester) yang gagal karena dapur pacu yang ternyata kelewat lemah. Dan mesin tersebut, Rolls Royce Vulture, selama operasional,  terus menerus bermasalah. Bahkan, pada saat Machester masih dalam tahap produksi, tim perancang Avro pimpinan Roy Chadwick meneliti kemungkinan menjadi versi pembom berat bermesin empat. 

Pesawat Pembom Berat
Avro Lancaster
militerbanget.blogspot.com

Proposal Manchester Mk. III bermesin empat tipe Rolls Royce Merlin XX diajukan kepada Air Ministry (Kementrian Udara Kerajaan Inggris) pada tanggal 20 Februari 1940 untuk ditinjau dan didiskusikan. Awalnya proposal itu diabaikan karena mesin Merlin sangat dibutuhkan untuk dipasangkan pada pesawat tempur Hurricane dan Spitfire, tapi pada bulan Juli 1940, Air Ministry meminta Avro melanjutkan proyek ini dan menggunakan komponen Manchester sebanyak mungkin untuk pesawat pembom Lancaster ini.

Pesawat Pembom Berat
Avro Lancaster
militerbanget.blogspot.com

Body pesawat Manchester BT 308 digunakan untuk proyek No. 683, lalu dipasang empat mesin Rolls Royce Merlin X pada sayap yang dimensinya telah dipanjangkan (supaya dapat dipasangkan dengan mesin yang lebih banyak, juga untuk menambah kapasitas bahan bakar). Purwarupa pesawat ini terbang perdana pada tanggal 9 Januari 1941 dengan triple tail fin milik Manchester tetapi tanpa turet di atas bagian belakang dan dibawah perut.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun - MINNEBEA PM-9)

Pesawat Pembom Berat
Avro Lancaster
militerbanget.blogspot.com

Uji pengendalian tahap awal dianggap sukses, lalu diadakan perubahan pada konfigurasi ekor dengan memasang dua sirip vertikal besar di setiap ujung stabilizer, sirip tengah vertikal dihilangkan. Uji coba terbang terus dilakukan dan pesawat pembom berat yang diberi nama Lancaster ini ternyata menunjukkan performa yang sangat memuaskan, baik itu dari segi menuver, maupun daya angkutnya.model produksi pertama, purwarupa DG595 terbang pada tanggal 13 Mei 1941, kemudian diterbangkan ke Boscombe Down untuk diuji lebih lanjut.

Pesawat Pembom Berat
Avro Lancaster
militerbanget.blogspot.com

Pada tanggal 6 Juni 1941, Avro mendapatkan kontrak membangun 454 unit Lancaster Mk I bermesin empat tipe Merlin XX. Ditambah dua purwarupa Lancaster Mk II bermesin empat tipe Bristol Hercules VI.

Pesawat Pembom Berat
Avro Lancaster
militerbanget.blogspot.com

Pada malam Natal tahun 1941, No. 44 Squadron (Rhodesia), RAF (Royal Air Force - Angkatan Udara Inggris) Waddington di Lincolnshire menerima tiga dari produksi pertama Lancaster Mk I. Operasi pertama Lancaster dilakukan pada tanggal 3 Maret 1942 saat empat unit milik No. 44 menebarkan ranjau di Heligoland Blight. Pesawat pembom ini lepas landas dari Waddington pukul 18.15 dan kembali dengan selamat lima jam kemudian.

Pesawat Pembom Berat
Avro Lancaster
militerbanget.blogspot.com

Produksi awal Lancaster memiliki bobot kotor maksimum saat lepas landas seberat 28,6 ton dan membawa banyak bom dengan berat total 6,4 ton. Jenis dan kuantitas bom yang dibawa tergantung pada target yang hendak dihancurkan. Contohnya untuk menghancurkan area pabrik dengan ledakan dan api, maka bom yang digunakan adalah “Cookie Plumduff”, yang terdiri dari satu bom 1,8 ton, tiga bom 454 kg, ditambah enam kontainer bom berisi bom bakar berdimensi kecil (@ 1,8 kg atau 13,62 kg). Kemudian bom lebih berat yang dapat dibawa oleh pesawat ini adalah “Cookie” yang beratnya 3,6 ton, Tallboy (beratnya 5,4 ton) dan terakhir adalah Gran Slam (beratnya mendekati 10 ton). Bom-bom tersebut tentunya amat sangat mematikan apabila tepat sasaran.

Pesawat Pembom Berat
Avro Lancaster
militerbanget.blogspot.com

Untuk perlindungan diri, pesawat ini diperlengkapi dengan persenjataan yang cukup banyak (walaupun kalibernya ternyata kurang “mematikan” alias terlalu kecil) meliputi turet hidung bersenjata dan turet yang berlokasi di tengah atas, dengan masing-masing sepasang senapan mesin, serta empat senapan mesin di ekor.

Pesawat Pembom Berat
Avro Lancaster
militerbanget.blogspot.com

Pada bulan Februari tahun 1942, Air Chief Marshal, Sir Arthur Harris menjadi pimpinan Bomber Command dan memprioritaskan produksi pesawat pembom bermesin empat ini untuk memperkuat kesatuannya. Kapasitas produksi di pabrikan Avro terus dipacu dan produksinya terus naik secara signifikan. Laju produksi yang semakin meningkat ini merisaukan pabrikan Rolls Royce, yang khawatir kalau pihaknya tidak mampu memenuhi permintaan ketersediaan mesin Merlin yang cukup. 

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Berat / Heavy Tank JS-1)

Pesawat Pembom Berat
Avro Lancaster
militerbanget.blogspot.com

Situasi ini telah diantisipasi dengan membuat alternatif Lancaster dengan dapur pacu mesin yang lain. Salah satu contohnya, Lancaster Mk II yang dapur pacunya adalah mesin Bristol Hercules, telah siap diproduksi sebanyak 300 unit oleh pabrikan Amstrong Whitworth. Solusi kedua adalah, memproduksi mesin Merlin di Packard Motor Corporation, Amerika Serikat.

Pesawat Pembom Berat
Avro Lancaster
militerbanget.blogspot.com

Lancaster Mk III yang memiliki mesin Packard Merlin 28 diproduksi pertama kali oleh pabrikan Avro pada bulan Agustus tahun 1942. Walaupun Lancaster bermesin Packard Merlin ini memiliki performa identik dengan Mk I tapi tetap diberi registrasi baru, karena berbeda penanganannya. Packard juga memberikan mesin Merlin ke Kanada untuk memproduksi 430 unit Lancaster Mk X Victory Aicraft Company.

Pesawat Pembom Berat
Avro Lancaster
militerbanget.blogspot.com

Jika seluruh varian Lancaster diikutsertakan, maka total jumlah produksi pesawat pembom berat Lancaster adalah 7.377 unit, yang diproduksi dalam kurun waktu Oktober 1941 sampai dengan Oktober 1945, yang ditempatkan di 57 skuadron dalam RAF Bomber Command Squadron, sampai Perang Dunia ke II berakhir.

Pesawat Pembom Berat
Avro Lancaster
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber Avro Lancaster


Asal Negara: Inggris
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom 4 Mesin
Terbang Perdana: 9 Januari 1941  
Kru: 7 Orang (pilot, kopilot, juru bom, navigator, operator radio, juru mesin, sisanya adalah penembak)
Bobot: 16.344 kg (Kosong), MTOW : 30.872 kg

Dimensi 

Panjang Pesawat: 21,1 m 
Bentangan sayap: 31,1 m
Tinggi: 5.97 m
Wing Area: 120.45m2

Pesawat Pembom Berat
Avro Lancaster
militerbanget.blogspot.com

Persenjataan 

2 X senapan mesin Browning kaliber 7,7mm di turet hidung.
2 X senapan mesin Browning kaliber 7,7mm bagian atas-tengah badan.
4 X senapan mesin Browning kaliber 7,7mm di turet ekor.
Muatan bom sampai dengan 6.356 kg.

Pesawat Pembom Berat
Avro Lancaster
militerbanget.blogspot.com

Mesin: 

4 X Rolls Royce atau Packard 1460hp Merlin XX. 20 atau 22s

Performa  

Kecepatan maksimum: 426 km/jam
Ketinggian maksimum: 5.795 m
Kecepatan menanjak: - m/menit
Radius maksimum: 2.623 km

Pesawat Pembom Berat
Avro Lancaster
militerbanget.blogspot.com

Sumber Wikipedia


Karakteristik umum

Awak: 7 orang terdiri dari pilot, juru mesin, navigator, juru bom, operator radio, penembak tengah atas dan belakang
Panjang: 69 kaki 4 inci (21,13 m)
Rentang Sayap: 102 kaki 0 inci (31,09 m)
Tinggi: 20 kaki 6 inci (6,25 m)
Luas sayap: 1.297 kaki persegi (120.5 m2)
Airfoil: root: NACA 23018; tip: NACA 23012
Berat kosong: 36.900 lb (16.738 kg)
Berat kotor: 55.000 lb (24.948 kg)
Berat lepas landas maksimum: 68.000 lb (30.844 kg)
Mesin: 4 × Rolls-Royce Merlin XX V-12 mesin piston berpendingin cairan, masing-masing 1.280 hp (950 kW)
Baling-baling: 3-bilah

Pesawat Pembom Berat
Avro Lancaster
militerbanget.blogspot.com

Performa

Kecepatan maksimum: 282 mph (454 km/jam, 245 kn) pada ketinggian 63.000 lb (28.576 kg) dan ketinggian 13.000 kaki (3.962 m)
Kecepatan jelajah: 200 mph (320 km/jam, 170 kn)
Jarak jelajah maksimum: 2.530 mil (4.070 km, 2.200 nmi)
Elevasi operasional: 21.400 kaki (6.500 m) pada 63.000 lb (29.000 kg)
Kecepatan menanjak: 720 kaki/menit (3,7 m/s) pada ketinggian 63.000 lb (29.000 kg) dan 9.200 kaki (2.800 m)

Persenjataan

Senjata: Dua senapan mesin Browning Mark II 0,303 inci (7,7 mm) di turret hidung, dua senapan mesin Browning Mark II 0,303 inci di turret atas, dan empat senapan mesin Browning Mark II 0,303 inci di turret belakang. (Pesawat awal memiliki dua Browning di turret perut yang dikendalikan dari dalam pesawat melalui periskop.)
Bom: Beban bom normal maksimum 14.000 lb (6.400 kg) bom

Avionik

Radar H2S dalam varian selanjutnya
Radio T1154 dan R1155
Gee
Monica
various other nav-aids and countermeasures

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber Avro Lancaster, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)
Wikipedia
Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron