![]() |
Pesawat Tempur Jet/Fighter Jet Yakovlev Yak-17 "Feather" militerbanget.blogspot.com |
Kemayoran, Jakarta, Rabu, 12 September 2018
Satu lagi artikel tentang pesawat jet "jadoel" karya Uni Soviet, dirancang berdasarkan pada rancangan pesawat sebelumnya, Yak-15, Yak-17 banyak mengambil pelajaran berharga dari versi sebelumnya.
Dari studi singkat, didapat kesimpulan, bahwa perubahan yang relatif kecil dalam pesawat tipe berstruktur campuran ini akan memberikan keuntungan yang besar. Hasil penelitian tersebut adalah Yak-17, yang tampak jelas berbeda adalah tricycle landing gear untuk mengatasi beban tambahan di hidung.
(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pesawat Tempur Jet / Jet Fighter - Yakovlev Yak-15 “Feather”)
Pada Yak-15, konfigurasi roda pendaratnya masih mengikuti “style” lama, dengan kendali pada roda pendarat di ekor, untuk Yak-17, kendali berada pada roda pendarat di hidung (nose weell). Konfigurasi seperti ini sebenarnya sudah diterapkan pada Me-262, jadi bukanlah sesuatu hal yang murni hasil kerja para perancang Uni Soviet.
![]() |
Pesawat Tempur Jet/Fighter Jet Yakovlev Yak-17 "Feather" militerbanget.blogspot.com |
Perubahan lain dari Yak-17 adalah ekor all-metal vertical yang lebih tinggi. Modifikasi lain meliputi mesin yang sudah diperbaiki dengan inlet duct yang lebih besar, penguatan pada struktur, terutama struktur sayap serta dudukan mesin, dan juga tambahan tangki lepas (drop tank) pada ujung sayap. Penambahan tangki lepas ini turut menambah performa pesawat, jarak jelajah maksimumnya terdongkrak dua kali lipat.
(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pesawat Tempur / Figter Aircraft JET-MESSERCHMITT ME-262 (Bagian 1))
![]() |
Pesawat Latih Jet Yakovlev Yak-17 UTI "Feather" militerbanget.blogspot.com |
Purwarupa pesawat Yak-17 terbang perdana pada awal 1947, dan lewat berbagai pengujian, baik statis maupun uji terbang, terbukti bahwa Yak-17 memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan "kakaknya" Yak-15. Hasil ini mengakibatkan order pembuatan Yak-15 segera dialihkan untuk tipe baru ini. Total dibuat 480 unit Yak-17 yang diproduksi sejak terbang perdana sampai dengan akhir tahun 1948.
Untuk versi latihnya, pabrikan Yakovlev juga memproduksi versi pesawat latihnya, dan diberi kode Yak-17UTI dengan konfigurasi tempat duduk ganda (tandem). Keberadaan pesawat latih ini, sangat membantu meyakinkan pilot akan kharakteristik pesawat mesin turbojet.
(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pesawat Tempur / Figter Aircraft JET-MESSERCHMITT ME-262 (Bagian 2))
Sebelumnya, banyak pilot yang skeptic mengenai mesin turbojet, dan merasa, keberadaan mesin turbojet tak akan mampu mengalahkan mesin piston. Satu anggapan yang kemudian terbukti salah.

Pesawat Tempur Jet/Fighter Jet
Yakovlev Yak-17 "Feather"
militerbanget.blogspot.com
Catatan Operasional

Yakovlev Yak-17 "Feather"
militerbanget.blogspot.com
Yak-17 pertama kali “unjuk gigi” di depan umum pada Hari Penerbangan Uni Soviet tahun 1949, di Lapangan Terbang Tushino.
Dalam pengoperasiannya, Yak-17 masih mewarisi sebagian besar kekurangan yang sama seperti pendahulunya (Yakovlev Yak-15), termasuk kecepatan dan jarak jangkau yang relatif rendah, dan mesin yang tidak dapat diandalkan (mesinnya masih berdasarkan pada mesin Junkers Jumo 004 milik Me-262 Jerman) dengan prosedur start yang rumit. Di sisi lain, penanganannya sangat sederhana, dan mirip dengan pesawat tempur baling-baling populer seperti Yak-3 dan Yak-9. Ini membuatnya menjadi mesin transisi yang sangat baik untuk jet tempur. Akibatnya, versi pelatih Yak-17UTI menyumbang sebagian besar produksi, dan hampir semua Yak-17 yang dibuat seri adalah versi pelatih dua kontrol tandem ini, yang yang pada saat itu menjadi salah satu tulang punggung alutsista Uni Soviet.
(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pesawat Tempur / Figter Aircraft JET-MESSERCHMITT ME-262 (Bagian 3))
![]() |
Pesawat Latih Jet Yakovlev Yak-17 UTI "Feather" militerbanget.blogspot.com |
Pesawat Yak-17 yang masih dalam kondisi utuh dapat dilihat di Museum Angkatan Udara Pusat di Monino, di luar Moskow dan Museum Penerbangan Praha di Bandara Kbely, dekat Praha, Republik Ceko. Yak-17UTI yang masih operasional termasuk salah satu contoh di Museum Penerbangan Polandia di Kraków dan Museum Penerbangan Cina, dekat Beijing.
(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pesawat Tempur / Figter Aircraft JET-MESSERCHMITT ME-262 (Bagian 4))
Spesifikasi Pesawat Tempur Jet / Fighter Jet - Yakovlev Yak-17 “Feather”
Tipe Pesawat: Pesawat Tempur kursi tunggal (single seat fighter)
Terbang Perdana: Sekitar 1947
Kru: 1 Orang
Bobot: - kg (Kosong), MTOW: 3.323 kg
Dimensi
Panjang Pesawat: 8,78 m
Bentangan sayap: 9,20 m
Tinggi : - m
Persenjataan
Kanon 2 x 23mm
Mesin: 1 X RD- daya dorong 10.900 kg
Performa
Kecepatan maksimum: 750 km/jam
Ketinggian maksimum: 8.150 m
Ketahanan terbang: 1 jam
Jarak jelajah maksimum: 750 km
Sumber:
Teknologi Strategi Militer No. 63
Versi Wikipedia
Karakteristik umum
Kru: 1
Panjang: 8,78 m (28 kaki 10 inci)
Rentang Sayap: 9,2 m (30 kaki 2 inci)
Luas sayap: 14,85 m 2 (159,8 kaki persegi)
Berat kosong: 2.081 kg (4.588 lb)
Berat kotor: 3.323 kg (7.326 lb)
Kapasitas bahan bakar: 553 kg (1.219 lb) (internal), 884 kg (1.949 lb) (dengan drop tank)
Dapur pacu: 1 × Klimov RD-10A turbojet aliran aksial, daya dorong 9,8 kN (2,200 lbf)
Performa
Kecepatan maksimum: 744 km/jam (462 mph, 402 kn) pada 4.250 m (13.940 kaki)
Jarak jelajah: 395 km (245 mil, 213 nmi)
Jarak jelajah maksimum: 710 km (440 mi, 380 nmi) dengan tangki bahan bakar eksternal di ketinggian 8.000 m (26.000 kaki)
Elevasi operasional maksimum: 11.900 m (39.000 kaki)
Kecepatan menanjak: 17,6 m/s (3.460 kaki/mnt) di permukaan laut
Waktu ke ketinggian: 5.000 m (16.000 kaki) dalam 6,5 menit
Beban sayap: 189 kg/m 2 (39 lb/sq ft)
Rasio daya dorong / berat: 0.31
Persenjataan
Senjata: 2 × 23 mm (0.91 in) Nudelman-Suranov NS-23 K autocannon dengan 105 peluru per gun
Tag:
#Rusia
#Pesawat
#Pesawat_Tempur_Jet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar