![]() |
Pesawat Jet Tempur/Jet Fighter De Havilland Vampire militerbanget.blogspot.com |
Kediri, Tabanan, Bali, Sabtu, 14 Juni 2025
Sambungan dari Bagian 3
Varian ekspor
F.30
Pesawat pembom tempur berkursi tunggal dengan dapur pacu mesin Nene untuk Angkatan Udara Kerajaan Australia, 57 unit dibuat di Australia oleh De Havilland Australia (DHA).
FB.31
Merupakan varian dari F.30 dengan dapur pacu mesin Nene yang dimodernisasi, 28 unit F.30 dikonversi dan 23 unit baru diproduksi oleh De Havilland Australia.
F.32
Merupakan varian F.30 yang kokpitnya dilengkapi dengan pendingin udara (AC). Satu dikonversi di Australia oleh De Havilland Australia.
FB.50
Varia ekspor ke Swedia dan dikenal sebagai J 28B. Menurut catatan, diproduksi sebanyak 310 unit dimana 12 unit diantaranya kemudian dimodifikasi menjadi pesawat latih T.55.
FB.51
Merupakan varian ekspor ke Prancis. Diproduksi sebanyak 67 unit dari kit knockdown yang dipasok oleh pabrikan DH, 20 unit diproduksi di Prancis oleh pabrikan Sud-Est.
FB.52
Versi ekspor dari varian FB.6. Diproduksi sebanyak 546 unit dimana 247 unit diantaranya diproduksi oleh Hindustan Aircraft Limited
(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: "Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja Amfibi / Amphibious Armored Personnel Carrier - BT-3F")
FB.52A
Varian ekspor FB.6 untuk Aeronautica Militare Italiana, 51 unit diimpor langsung dari Inggris dan 150 unit dibuat di Italia oleh Macchi dan Fiat.
FB.53
Varian contoh untuk pesawat tempur pembom berkursi tunggal sebagai pola untuk Armee de l'Air yang akan diproduksi oleh SNCASE
![]() |
Pesawat Jet Tempur/Jet Fighter De Havilland Vampire militerbanget.blogspot.com |
DH.113 Vampir Night Fighter
#10
Versi pesawat tempur malam dua kursi bertenaga Goblin untuk RAF; 81 unit dibangun termasuk 3 prototipe.
#54
Varian ekspor NF.10. Angkatan Udara Italia membeli 14, dan India membeli 30 NF.10 yang diperbaharui.
Pesawat latih Vampir DH.115
Varian pesawat latih navigasi berdasarkan NF.10; 36 dikonversi
T.11
Merupakan varian dengan mesin Goblin 35 dengan konfigurasi pesawat latih dua tempat duduk, 526 diproduksi oleh de Havilland dan Fairey termasuk satu purwarupa. Beberapa unit diantaranya dilengkapi dengan kursi lontar.
T.22
Pesawat latih T.11 untuk Angkatan Laut Kerajaan, diproduksi sebanyak 73 unit.
T.33
Varian pesawat latih dua kursi berdasarkan spesifikasi awal T.11. Dapur pacu menggunakan mesin turbojet Goblin; 36 unit diproduksi di Australia oleh de Havilland Australia.
T.33A
Merupakan varian modernisasi (peningkatan) varian T.33 ke varian T.11 akhir.
T.34
pesawat latih T.22 dua kursi yang dilengkapi dengan instrument navigasi modern untuk Angkatan Laut Kerajaan Australia, lima unit diproduksi di Australia oleh De Havilland Australia. Unit ke enam dikirim sebagai T.34A
T.34A
Merupakan varian T.34 yang dilengkapi dengan kursi lontar.
T.35
Pesawat latih dua tempat duduk spesifikasi T.11 akhir; 68 dibuat di Australia oleh De Havilland Australia.
T.35A
T.35 ditingkatkan dari T.33.
T.55
Varian pesawat latih untuk ekspor, diproduksi sebanyak 322 unit termasuk 30 di Swiss, 60 di India oleh HAL dan enam dikonversi dari T.11.
PR.55
Merupakan varian untuk pesawat intai, 5 unit T.55 dimodifikasi di India untuk pengintaian foto.

Pesawat Jet Tempur/Jet Fighter
De Havilland Vampire
militerbanget.blogspot.com
Vampire untuk Angkatan Laut

De Havilland Vampire
militerbanget.blogspot.com
F.1
Varian purwarupa untuk uji coba di landasan kapal induk, satu konversi dari Vampire F.1.
F.20
FB.5 yang dimodifikasi untuk dapat lepas landas dan mendarat di landasan kapal induk, 18 unit dikonversi oleh English Electric.
F.21
F.3 dengan struktur bawah yang diperkuat dan kait penahan untuk uji pendaratan tanpa roda pendarat di dek fleksibel. Diproduksi sebanyak dua unit dan (kemungkinan) ada enam unit lain yang merupakan konversi dari varian lain.
T.22
Varian pesawat latih konfigurasi dua kursi untuk Royal Navy; 73 diproduksi oleh de Havilland.
SNCASE (Timur Selatan) Mistral
SE.530 Mistral
Purwarupa dengan mesin Hispano-Nene yang rancangannya berdasarkan FB.53 untuk produksi Prancis, diproduksi sebanyak 4 unit
SE.532 Mistral
versi produksi, diproduksi sebanyak 93 unit.
SE.535 Mistral
Pengembangan SE 532; 150 dibangun.
Jaring uap terbang
J 28A
F.1 Swedia dengan sayap yang kemudian dipotong mirip dengan F.5; 70 diimpor.
J 28B
FB.6 Swedia, diproduksi sebanyak 310 unit.
J 28C-1
spesifikasi awal T.55 Vampire Trainer, 30 dibeli pada tahun 1952. Awalnya digunakan dalam peran tempur.
J 28C-2
spesifikasi akhir T.55, 15 unit dibeli pada tahun 1955.
J 28C-3
Bekas pesawat tempur satu tempat duduk J 28B diubah menjadi pesawat latih dua tempat duduk T.55A oleh de Havilland pada tahun 1956, 12 unit dikonversi menjadi varian ini.
(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: "Helikopter Serang / Attack Helicopter - Kamov Ka-52 “Alligator”")

Pesawat Jet Tempur/Jet Fighter
De Havilland Vampire
militerbanget.blogspot.com
Spesifikasi Pesawat Tempur Jet De Havilland Vampire (Vampire FB.6)

De Havilland Vampire
militerbanget.blogspot.com
Karakteristik umum
Awak: 1 orang
Panjang (hingga tail boom): 30 kaki 9 inci (9,37 m)
Rentang sayap: 38 kaki 0 inci (11,58 m)
Tinggi: 8 kaki 10 inci (2,69 m)
Luas sayap: 262 kaki persegi (24,3 m2)
Airfoil
Root (akar atau pangkal sayap): EC1240/0640 (14%)
Edge (ujung sayap): EC1240/0640 (9%)
Berat kosong: 7.283 lb (3.304 kg)
Berat lepas landas maksimum: 12.390 lb (5.620 kg)
Dapur pacu: 1 × mesin turbojet aliran sentrifugal de Havilland Goblin 3, daya dorong 3.350 lbf (14,9 kN)
Performa
Kecepatan maksimum: 548 mph (882 km/jam, 476 knot)
Jarak jelajah maksimum: 1.220 mil (1.960 km, 1.060 mil laut)
Elevasi operasional maksimum: 42.800 kaki (13.000 m)
Laju mendaki: 4.800 kaki/menit (24 m/s)
Beban sayap: 39,4 lb/kaki persegi (192 kg/m2)
Persenjataan
Senjata: 4 × meriam Hispano Mk.V 20 mm (0,79 inci) dengan total 600 butir peluru (150 butir peluru per senjata).
Roket: 8 × roket 3 inci "60 lb"
Bom: 2 × 500 lb (225 kg) bom atau dua tangki bahan bakar eksternal (drop tank)
Catatan tambahan:
Tim aerobatik udara adalah sekelompok pesawat (biasanya terdiri dari paling sedikit tiga pesawat) yang menampilkan manuver terbang yang sangat berbahaya, sangat rumit sekaligus menarik secara bersama-sama, biasanya dalam formasi atau dengan menggunakan efek visual seperti asap untuk memperkuat aksi mereka. Mereka dikenal dengan ketepatan, kecepatan, dan akurasi dalam menjalankan berbagai aksi aerobatik, dan biasanya tampil di acara publik seperti pertunjukan udara atau perayaan nasional. Ada banyak tim aerobatik yang terkenal di dunia diantaranya adalah Red Arrows (tim aerobatic Angkatan Udara Kerajaan Inggris), Jupiter Aerobatic Team (tim aerobatic TNI Angkatan Udara), dan Thunderbirds (Angkatan Udara AS).
Terkadang tim aerobatic ini digunakan sebagai sarana promosi untuk pesawat tempur, sehingga banyak tim aerobatic di dunia yang menggunakan pesawat tempur utama negara mereka (walaupun dengan sejumlah modifikasi).
Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu
Sumber:
1. World Fighter Jet
2. Quora
3. Beberapa sumber lain
Tag:
#Alutsista
#Inggris
#Pesawat
#Pesawat_Tempur
#Pesawat_Tempur_Jet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar