Jumat, 10 Januari 2020

Kendaraan Angkut Personel Lapis Baja / Armored Personnel Carrier - BDX


Kendaraan Angkut Personel Lapis Baja
Armored Personnel Carrier - BDX
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at, 10 Januari 2020

Kendaraan angkut personel lapis baja BDX adalah hasil kerjasama antara pabrikan Beherman Demoen dari Belgia dan perusahaan Irlandia Technology Investments Limited untuk memproduksi APC beroda Timoney 4 x 4 di Belgia. Hasilnya, BDX, pertama kali diproduksi pada tahun 1977, kendaraan ini didasarkan pada rancangan Irlandia, yang telah diproduksi di Irlandia dalam jumlah terbatas untuk Angkatan Darat Irlandia

Kendaraan Angkut Personel Lapis Baja
Armored Personnel Carrier - BDX
militerbanget.blogspot.com

BDX Belgia telah diproduksi untuk Angkatan Udara Belgia (63 unit) dan Negara Gendarmerie (80 unit), sementara lima unit lagi telah dipasok ke Argentina (menurut beberapa sumber, APC ini juga ditawarkan kepada Malaysia dan Indonesia, namun tidak ada kabar tentang pembeliannya).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: “Siulan Kematian Si Sayap Bengkok”, Pesawat Tempur Vought F4U Corsair (Bagian Ketiga))

Secara umum, APC BDX pada dasarnya mirip dengan Timoney, beberapa perubahan diperkenalkan untuk memenuhi persyaratan yang diajukan oleh Belgia. BDX APC versi dasar tidak memiliki turret, konfigurasi lambung baja lapis baja dengan pintu akses di samping dan belakang. Kompartemen pasukan dapat menampung hingga 10 pasukan dengan perlengkapan penuh, semuanya dilengkapi dengan tempat duduk individu. perlindungan kolektif atau sistem pendingin udara NBC dapat ditambahkan (opsional).

Kendaraan Angkut Personel Lapis Baja
Armored Personnel Carrier - BDX
militerbanget.blogspot.com

Beberapa kendaraan memiliki bilah dozer kecil di bagian depan untuk menyingkirkan rintangan. Salah satu fitur yang tidak biasa dari BDX adalah bahwa, meskipun bentuknya tidak “streamline” alias mulus, kendaraan ini memiliki kemampuan amfibi, daya dorong ketika di dalam air menggunakan roda meskipun unit water jet dapat dipasang untuk meningkatkan kinerja. Sebanyak 13 kendaraan Belgia Gendarmerie dilengkapi dengan mortir kaliber 81mm yang ditembakkan ke belakang melalui atap. 

Kendaraan Angkut Personel Lapis Baja
Armored Personnel Carrier - BDX
militerbanget.blogspot.com

Kendaraan ini dapat juga dimodifikasi  untuk memasang turret kecil di atap lambung depan untuk dilengkapi dengan satu atau dua pucuk senapan mesin kaliber 7,62mm. Senjata lain yang sifatnya opsional adalah meriam, termasuk meriam kaliber 20mm, atau mortir kaliber 81mm atau meriam rifle kaliber 90mm.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: “Siulan Kematian Si Sayap Bengkok”, Pesawat Tempur Vought F4U Corsair (Bagian Kedua))

Kendaraan Angkut Personel Lapis Baja
Armored Personnel Carrier - BDX
militerbanget.blogspot.com

Berbagai varian lain telah diusulkan, termasuk pembawa rudal anti-tank (untuk varian ini, turret dilepas untuk mengakomodir system pembawa rudal), ambulans, dan sistem roket peluncuran multi kaliber 51mm. Mesin diesel telah diuji sebagai opsi yang mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan sebagai pengganti dapur pacu berbahan bakar bensin yang digunakan saat ini.

Sejak BDX mulai memasuki masa operasional, berbagai modifikasi dan perbaikan telah dilakukan pada APC ini, seperti suspensi yang ditingkatkan untuk dapat membawa bobot yang lebih besar dan lambung depan yang ditingkatkan untuk menyediakan ruang lebih luas bagi pengemudi, telah dimasukkan ke dalam model yang ditingkatkan yang dikenal sebagai Valkyr. Varian ini telah diproduksi dalam jumlah kecil di Inggris oleh Vickers Defense Systems.

Kendaraan Angkut Personel Lapis Baja
Armored Personnel Carrier - BDX
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Kendaraan Angkut Personel Lapis Baja / Armored Personnel Carrier - BDX


Negara Asal: Belgia
Operasional aktif: 1978
Awak: 2 orang
Kapasitas angkut personel: 10 orang

Dimensi dan berat

Berat: 10,7 ton
Panjang: 5,0 m
Lebar: 2,5 m
Tinggi: 2,06 m

Mobilitas

Mesin: Bensin Chrysler V-8
Daya mesin: 180 hp
Kecepatan maksimum (jalan aspal): 100 km/jam
Jarak jelajah maksimum: 900 km

Kemampuan manuver

Tanjakan: 60 derajat
Kemiringan samping: 40 derajat
Halangan vertikal: 0,4 m
Halangan parit: 0,5 m
Kemampuan amfibi: penuh

Demikianlah artikel dengan judul “Kendaraan Angkut Personel Lapis Baja / Armored Personnel Carrier - BDX", semoga dapat bermanfaat dan menghibur kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga artikel yang sangat menarik tentang berbagai kisah misteri di: portal-kisah.blogspot.com

Dan kalau sobat ingin membaca artikel pendek tentang khasiat dan manfaat dari tanaman, ada baiknya sobat mampir di laman: portal-lambe-receh.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
Wikipedia
Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar