Rabu, 15 Agustus 2018

Tank Perusak / Tank Destroyer IKV-91


Tank Destroyek/Tank Perusak IKV-91
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 15 Agustus 2018

Artikel kali ini mengulas tentang tank destroyer atau mesin penghancur tank, atau kita akan lebih menyebutnya sebagai tank perusak dari Swedia.

Tank Destroyer IKV-91 adalah pengembangan design pada tahun 1960-an untuk menggantikan tank tempur medium Strv 74 dan beroperasi di Angkatan Darat Swedia pada tahun 1975. Tank Destroyer ini tidak lagi menerapkan konsep profil tanpa turet atau turretless fixed gun seperti konsep umum Tank Destroyer pada masa Perang Dunia ke II, seperti SdKfz 173 JAGDPANTHER, ataupun tank destroyer pasca Perang Dunia ke II seperti Strv 103 S.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Tank Perusak / Tank Destroyer - SdKfz 173 JAGDPANTHER)

Tank Destroyek/Tank Perusak IKV-91
militerbanget.blogspot.com

IKV-91 masih menyertakan turret, tetapi profil alutsista ini sangat rendah karena dirancang  dengan sangat cerdik, yaitu dengan profil mengecil di bagian depan, sehingga mampu mengeliminir dampak benturan proyektil dari tembakan lawan.

Tank Destroyek/Tank Perusak IKV-91
militerbanget.blogspot.com

Persenjataan 

Persenjataan utama tank perusak ini terdiri dari meriam Bofors KV90S73 kaliber 90mm L/54 meriam dengan laju proyektil rendah (low velocity), yang mampu menembakkan proyektil tipe HEAT dan HE. Turret yang mempunyai kemiringan ekstrem memberikan perlindungan terhadap tembakan proyektil hingga kaliber  25mm.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - Strv 103 S (Bagian 1)) 

Senjata utama memiliki sudut penembakan hingga ketinggian 15° dan depresi −10°. Laras dilengkapi dengan extractor asap. Persenjataan sekunder 91 Ikv termasuk dua pucuk senapan mesin Browning kaliber 7,62mm; satu di Mount coaxial, dan yang kedua di pintle yang melekat pada kubah komandan. Dua unit pelontar suar kaliber 71mm "Lyran" yang dipasang pada turret bersama dengan seperangkat smoke dischargers atau pelontar granat asap (biasanya 12 buah pelontar pada konfigurasi standar). 

Tank Destroyek/Tank Perusak IKV-91
militerbanget.blogspot.com

Mesin perang ini juga dilengkapi dengan laser rangefinder, nightvision dan sistem pengendalian penembakan yang sudah terkomputerisasi untuk peningkatan kecepatan penembakan. Ikv 91 mampu menembakkan 8 proyektil per menit dan kemampuan penyimpanan amunisi internalnya mampu mengakomodir 59 proyektil kaliber 90mm. 

Yang lebih menakjubkan lagi, tank ini juga mampu menembak selagi “berenang” di air. Dengan trek lebar dan power-to-weight ratio yang tinggi, Ikv 91 memiliki kemampuan mobilitas untuk medan off-road yang sangat baik. Tekanan rendah tanah diaktifkan 91 Ikv beroperasi melalui taiga musim panas dan salju musim dingin.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - Strv 103 S (Bagian 2)

Tank Destroyek/Tank Perusak IKV-91
militerbanget.blogspot.com

Kendaraan ini dapat dirubah menjadi kendaraan amfibi dengan sedikit persiapan oleh kru. Layar akan didirikan untuk menghentikan air memasuki mesin dan kompartemen kabin dengan baling-baling untuk melindungi dari gelombang. Kendaraan memiliki bobot tempur atau bobot operasional sekitar 16.3 ton. 

Ikv 91 purna tugas dari Angkatan Darat Swedia pada akhir 1990-an – awal 2000-an dan digantikan sebagian oleh kendaraan tempur Strf 90 dan Tank Leopard 2. Saat masih aktif, Ikv 91 ditugaskan kepada  Brigade Infantri Swedia, yang mempunyai satu kompi yang terdiri dari 12 kendaraan. Brigade mekanik 10 memiliki dua kompi  pada tahun 1980. Di akhir tahun 1980-an dan awal 1990-an, Brigade Mekanik ke 10 memiliki  91 unit Ikv yang kemudian diganti dengan Tank Centurion dan pada tahun 2000, Semua Brigade Infantri Swedia dibubarkan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Tank Tempur Medium / Medium Tank Strv 74

Tank Destroyek/Tank Perusak IKV-91
militerbanget.blogspot.com

Rencana peningkatan dibuat untuk menggantikan meriam kaliber  90mm dengan kaliber 105mm yang lebih mematikan atau bahkan sebuah peluncur rudal belakangnya. Tetapi, ternyata hanya satu purwarupa dengan meriam kaliber 105mm yang bisa diwujudkan pada tahun 1983 (Ikv 105), sayangnya, varian ini tidak pernah masuk ke lini produksi.

Tank perusak Ikv 105 dipasarkan untuk ekspor dan telah diuji oleh India dan Amerika Serikat untuk kelayakan. Dengan Bobot 18 ton dan kecepatan jelajah di air hingga 12 km/jam.

Memiliki dapur pacu, mesin diesel turbocharged 6 silinder volvo-Penta, yang mampu menghela tank ini sampai kecepatan maksimal 65 km/jam, dan jarak tempuh maksimal 550 km, serta memiliki persenjataan utama, meriam kaliber 90mm. Ruang amunisi tank ini mampu menampung amunisi hingga 60 poyektil dengan spesifikasi amunisi dari berbagai tipe.

Tank perusak ini menganut konfigurasi standar, diawaki oleh empat orang kru, dengan konfigurasi tiga kru (komandan, penembak, dan juru meriam) diposisikan di turret, sedangkan pengemudi di sisi kiri badan tank bagian depan.

IKV-91 ini juga memiliki kemampuan amfibi, dapat melaju di air dengan  penggerak roda tracknya. Ada pula tank versi uji bersenjata meriam super low recoil (meriam dengan tolak balik sangat kecil) Rh 105-11 buatan Rheinmetall. Versi ini diuji oleh Swedia dan India, serta terbukti efektif untuk menembak dengan sudut 90 derajat di sebelah kiri dan kanan. IKV-91 dioperasikan oleh Angkatan Darat Swedia, tetapi mesin perang ini  tidak pernah diekspor.  

Tank Destroyek/Tank Perusak IKV-91
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Perusak / Tank Destroyer IKV-91


Asal Negara: Swedia
Mulai bertugas: 1975
Kru: 4 Orang
Bobot: 16,3 ton

Dimensi  

Panjang: 6,41 m / 21ft 0.5in 
Tinggi: (over turret hutch) 2,32 m / 7ft 7.5in
Lebar: 3,0 m/ 9ft 10in

Persenjataan  

Senjata utama: Meriam kaliber 90mm gun
Senjata sekunder: 
2 x 7.62 mm /0.30 in machine gun
Armor: unspecified

Mesin: 

Volvo-Penta-6 cylinder diesel, developing 268.4 kW/360hp

Performa 

Kecepatan maksimum: 65 km/jam (40.4 mph), 
Jarak maksimum: 550 km (341.5 miles)

Demikianlah artikel tentang Tank Perusak / Tank Destroyer IKV-91, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 
ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com


Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Kemarin (Seventeen), #Lily (Alan Walker,K-391 & Emelie Hollow), #Celengan Rindu (Fiersa Besari), #Senorita (Shawn Mendes, Camila Cabello), #Hanya Rindu (Andmesh), #Solo (Jennie), #On My Way (Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko), #I Love You 3000 (Stephanie Putri), #A Whole New World (ZAYN, Zhavia Ward), #Didi Kempot, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

2 komentar:

  1. Artikel yang keren dan sangat informatif!

    BalasHapus
  2. Bagus! Sangat menarik dan juga sangat informatif....
    Ditunggu artikel selanjutnya ya mas bro!

    BalasHapus